Bolu Gulung

Versi I 

sumber: dapurbunda

Bahan:
10 kuning telur
50 gram tepung terigu
100 gram gula kastor (echa: 75 gram)
125 gr mentega

Cara membuat:
1. Cairkan mentega, sisihkan
2. Kocok kuning telur dan gula hingga kental.
3. Masukkan terigu. Aduk rata.
4. Masukkan mentega sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata betul.
5. Tuang adonan ke dalam loyang.
6. Panggang dalam oven hingga matang.
7. Balikkan bolu di atas kertas roti yang ditaburi gula halus (yang tipiis dan rata)
8. Beri selai.
9. Gulung

Tips bolu gulung:
sumber: Ine DW

- Bolu untuk bolu gulung, jangan terlalu tebal, maksimal 2 cm saat matang. semakin tebal, semakin sulit menggulung, kalau dipaksa, dia bakal melawan :-) dan…pecah!
– Bolu untuk bolu gulung, teksturnya lembut, banyak telur sedikit tepung.
– Memanggang bolu gulung jangan terlalu lama, karena akan semakin kering, salah satu penyebab bolu pecah juga. Karena bolu ini tipis, kira kira 10-12 menit cukuplah.
– Ada yang ngajari langsung di gulung ketika panas, ada yang bilang harus nungu dingin. Sah sah saja mau pake cara apa. dua duanya pernah ku coba, dan dua duanya gak ada pengaruhnya menurutku. Cuma…kalau mau nunggu dingin, jangan kelamaan menggelar bolunya, ntar malah garing.
– gunakan kertas roti yang di tabur gula bubuk atau serbet bersih untuk mengalasi bolu yang akan di gulung. (aku lebih rekomend serbet, karena berpori, di jamin bolu gak lengket ke serbet)
– Yang bertugas menggulung bolu adalah kertas atau serbet tatakannya. Bukan tangan kita yang pegang bolunya langsung.
– saat proses mulai menggulung, sisi bolu yang jauh dari badan kita, di tahan dengan suatu benda, misalkan loyang atau tembok:-), sehingga saat kita menggulung sisi yang dekat dengan kita, dan mendorongnya, bolu stabil di tempatnya, gulunganpun rapi jali.

*****

Versi II

sumber: debby

Bahan :
6 btr telur
1 sdt SP
1 sdm susu bubuk
100 gr terigu [cakra]
100 gr mentega Blueband dicairkan
100 gr gula pasir

Cara Membuat :
– Telur + gula + SP dimixer sampai kembang.
– Masukkan susu + tepung aduk rata dg. sendok
– Masukkan mentega cair.
– Panggang

Setelah kue masak, pindahkan kue ke kertas roti olesi dg. selai trus gulung ue dg. bantuan kertas roti, stlh berbentuk gulungan lapis dg. kertas roti spy gulungan kue tetap padat. Oya bisa juga pake plastik transparan. Baru dipotong2.

Oya kalo mau pake vla/cream, bolu hrs dlm keadaan dingin, krn kalo panas2
dioles cream akan cair -)
Oya kalo mau bolu-nya warna coklat tinggal kurangi tepung sedikit ya [mis.
90 gr terigu 10 gr bubuk coklat]

SELAI NENAS
Bahan:
3 bh nenas diparut/blender halus
300 gr gula pasir di karamel
1 sdt bubuk kayu manis

Cara :
Begitu gula mencair semua masukkan nenas + bubuk kayu manis, aduk sampai irnya tinggal sedikit, jgn. kering betul ya, jd. msh agak basah2 gitu… -)

CREAM/VLA
400 gr Mentega putih [bisa diganti Crisco]
100 gr Blueband
500 gr gula pasir
1/2 kaleng susu kental manis [bisa dikurangi kalo kurang suka]
250 cc air
1 sdt garam halus
1 sdt Rhum kalo suka

Cara :
– Gula + garam + air direbus sampai cair. Dinginkan
– Mentega putih dimixer sampai lunak jg. sampai keras lho
– Masukkan gula yg. sdh dingin, mixer lagi
– Masukkan susu kental, Rhum.

oya Vla ini bisa disesuaikan kebutuhan, biasanya adonan ini bisa utk 3 bolu
gulung, kalo kebanyakan bisa dikurangi takarannya.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 101 other followers

%d bloggers like this: