TELUR GABUS

Telur Gabus Keju Manise

Bahan:
250 gram tepung tapioka
150 gram keju parut (jenis hard cheese)
3 butir telur ukuran sedang
1/2 sdt garam atau sesuai selera
kaldu bubuk bila suka

Bahan coating:
gula merah
gula pasir
air

Cara Membuat:
– Aduk semua bahan hingga menjadi adonan yang bisa dipulung.
– Cubit adonan, lalu buat bentuk telur gabus. Masukkan ke dalam minyak dingin, lalu goreng hingga kecoklatan.
– Angkat dan tiriskan.
– Cairkan gula pasir dan gula merah dengan sedikit air (1/2 sdm) dalam wajan.
– Masukkan telur gabus yang sudah digoreng, lalu aduk cepat hingga rata.
– Dinginkan, lalu aduk hingga telur gabus tak lengket satu sama lain

*****

WIDARAN KEJU / TELUR GABUS

Sumber: budiboga

Bahan:
250 g tepung kanji/sagu tani
2 butir telur, kocok sebentar menggunakan garpu
50 ml air/ santan cair/susu tawar cair
100 g keju cheddar/edam, parut halus (asli 40 gram)
1/4 sdt garam halus
minyak untuk menggoreng.

Cara Membuat:
1. Campur tepung kanji, keju parut dan garam. Aduk rata.
2. Masukan telur dan air sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga terbentuk adonan yang bisa dipulung.
3. Ambil sejumput adonan, bentuk menggunakan kedua telapak tangan hingga berbentuk bulat panjang. Tampung hasilnya di dalam wajan berisi minyak dingin.
4. Panaskan minyak berisi adonan yang sudah dibentuk. Goreng hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan. Simpan dalam stoples/wadah kedap udara.

Untuk 300 gram

TIPS :
Jangan pernah menggoreng kue ini langsung ke dalam minyak panas. Kue akan meletus dan bentuknya menjadi tidak bagus. Goreng dalam minyak dingin. Untuk variasi rasa, kue widaran keju bisa di besta/dilapisi dengan gula pasir yang di panaskan hingga mengentak/semrambut .

*****

Telur Gabus

Sumber: dapurbunda

Bahan-Bahan:
1/2 kg Tepung kanji
4 butir telur ayam
1/4 gula pasir
minyak goreng

Cara Membuat:

Sisihkan sedikit tepung kanji dengan ditambahkan air untuk adonan.
Kocok telur sampai putih
Buat adonan tepung kanji dengan air campuran tepung kanji hingga lembek dan bisa dipulung adonannya.
Masukkan adonan kue yang sudah dibuat kedalam minyak goreng sebelum minyak panas.
Setelah agak banyak diwajan yang berisiskan adonan lalu goreng hingga adonan menjadi mengembang.

Keterangan:
Usahakan menggorengnya selagi dalam keadaan dingin minyaknya sehingga tidak meletup-letup minyaknya. kalau bisa dua wajan satu persatu.

About these ads

11 Responses so far »

  1. 1

    mila said,

    Maksudnya di pulung itu apa ?

  2. 2

    ejatmiko said,

    dipulung itu maksudnya dijumput/dicubit lalu dibentuk. Adonan yang bisa dipulung, nggak akan bubar jadinya pas dibentuk

  3. 3

    jalaludin said,

    telor gabus bisa di buat berapa rasa?

  4. 4

    t.fadhil said,

    apa kah bisa untuk usaha rumahan tangga…. gimana cara menyiasati biaya produksi nya supaya tidak terlalu mahal… “dengan modal sedikit keuntungan yang lumayan” prinip ekonomi. trima kasih ya bu…

  5. 5

    Azis muslim said,

    mau bertanya…
    bahan apa yang di pake untuk supaya kue telur gabus lebih mengembang…

  6. 6

    lilis suriyani said,

    saya suka buat kue jenis apa aja..termasuk lah kue gabus enak buat cemilan sambil nonton tv..

  7. 7

    rita said,

    Kue ini rasanya sangat enak dan gurih

  8. 8

    Niti said,

    Thanks resepnya…bsk mau coba…

  9. 9

    wasma said,

    kalau menggunakan tepung ketan putih bisa gak bos? saya mau coba usaha kecil2an u/ makanan cemilan dititip diwarung.kira2 prospeknya gimana ya?

  10. 10

    Anggie said,

    Maksudx kalo mau goreng telur gabus pake minyak pertama (rendaman telur gabus d minyak dingin) atau minyak yg baru lg???

  11. 11

    tia bachtiar said,

    Koq saya jadi lengket satu sama lain yah? Saya taruh di minyak dingin, trus saya panasin, ehh…malah lengket :-( trus agak keras gitu ga lembut..tolong solusi nya donggg…habis ini cemilan fave keluarga ;-)


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 101 other followers

%d bloggers like this: