bakmi jawa

sumber: ???

bahan:
200 gram mi basah
50 gram kol, diiris halus
2 batang daun bawang, dipotong 1 cm
1 ekor ayam, dipotong 4 bagian
5 sendok makan bawang goreng
1 buah tomat, dipotong-potong
2 buah kentang kukus, dipotong-potong
2.500 ml air
2 batang serai, dimemarkan
2 lembar daun salam
1 sendok makan kecap manis
2 sendok makan minyak goreng

bumbu halus:
6 buah cabai merah
15 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 1/2 sendok teh merica
2 sendok makan garam

cara membuat:
1. Tumis setengah bumbu halus, serai, dan daun salam sampai harum. Masukkan ayam sambil diaduk hingga berubah warna.
2. Tambahkan air lalu didihkan. Tambahkan kecap manis, setelah bumbu meresap, angkat ayam lalu suwir-suwir.
3. Tumis sisa bumbu halus sampai matang, masukkan kol dan daun bawang. Aduk hingga layu. Tuang kaldu lalu didihkan.
4. Tambahkan mi, tomat, kentang, dan ayam suwir. Sajikan dengan bawang goreng.

untuk 6 porsi

About these ads

17 Responses so far »

  1. 1

    mahmudin said,

    bagus banget resepnya tapi ada satu rahasia resep asli bakmi jawa gunung kidul yag tidak disebutkan

  2. 2

    bina said,

    seharusnya pake kemiri sangrai yang dihaluskan ya pak ?

  3. 3

    [...] Oya, untuk yang pengen nyoba masak sendiri bakmi jawa, phio kasi resep nya nich…  http://bankresep.wordpress.com/2007/03/07/bakmi-jawa/ [...]

  4. 4

    Antony said,

    setelah saya tidak pakai merica saya suka sekali

  5. 5

    M Andisyah said,

    gak pake telur bebek?

  6. 6

    Purnama said,

    Beltm pernah buat bakmi. Coba ahh…

  7. 7

    Abdul said,

    Wah… Kayak nya uenak nich, coba ah

  8. 8

    ebllexs said,

    Kalau ada yang udah jadi biar tinggal lep. Kenyang

  9. 9

    SYNTH said,

    wah. . enak itu pasti mienya, ,

    tapi coba deh resepnya mie jawa asli dari mbah nen.

    jl.menukan. yasika ke timur sedikit. utara jalan

  10. 10

    fitra nugraha said,

    Kok gak pake ayam kampung? Gak pake ebi juga???

  11. 11

    rere said,

    bakmi jawa…..favorit keluarga aq lho…..ortu,sodara,suami,anak2….smua suka.
    paling sring aq masak klo lg kumpul2
    coba deh

  12. 12

    paman dick said,

    insya Allah mau dicoba, hmmm… sptnya uenak!

  13. 13

    bamb said,

    kalau pakai daging sapi gimana bro?!!

  14. 15

    POpo said,

    Aslinya gampang, preparenya aja yang rada lama.

  15. 16

    Juna said,

    Kalau masaknya 5-8 menitan, yang lama prepare kaldu, dllnya

  16. 17

    Fipi said,

    Intinya kaldunya harus ayam kampung sih, kalaubs malah yg Jago


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 95 other followers

%d bloggers like this: