Rempeyek Kacang

Versi I

Sumber: Sedap Sekejap

Bahan :
200 ml tepung beras
110 gram tepung kanji
550 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1 butir telur, dikocok lepas
10 lembar daun jeruk, diiris tipis
75 gram teri medan
Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
1/2 sendok teh ketumbar
3 cm kunyit
1/4 sendok teh jintan
1 1/2 sendok teh garam

CARA MEMBUAT :
1. Aduk bumbu halus telur, dan santan.
2. Tuang sedikit demi seidkit ke dalam tepung beras dan tepung kanji sambil diaduk rata.
3. Tambahkan daun jeruk, aduk rata.
4. Ambil satu sendok sayur. Tambahkan 1 sendok teh teri medan.
5. Tuang ke tepi wajan yang panas sambil disiram-siram hingga lepas dari wajan.
6. Goreng sampai renyah.

*****

Versi II

Sumber: Tabloid Nova

Bahan:
250 gr tepung beras
100 gr tepung sagu
1 btr telur
150 gr kacang tanah, belah 2
400 ml santan kental
5 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya, iris halus
minyak goreng

Haluskan:
2 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
2 btr kemiri
2 cm kencur
1 sdt garam

Cara membuat:
1. Haluskan bawang putih, ketumbar, kemiri, kencur, dan garam, sisihkan.
2. Campur tepung beras, tepung sagu, dan bumbu halus, aduk rata. Masukkan telur, aduk-aduk sambil dituangi santan sedikit-sedikit sampai rata, masukkan irisan daun jeruk, aduk rata, sisihkan.
3. Panaskan minyak dalam wajan, ambil sesendok adonan tepung, taburi irisan kacang tanah, tuang dengan cara mengalirkan di sisi wajan di atas permukaan minyak goreng.
4. Setiap kali menggoreng paling banyak 4 – 5 sendok adonan. Siram-siram rempeyek sampai agak kering dan terlepas, goreng hingga kering kekuningan. Angkat dan tiriskan.

*****

Versi III

Sumber: detikfood.com

Bahan:
250 g tepung beras yang baru
50 g tepung kanji
125 ml santan
1 kuning telur ayam, kocok
5 lembar daun jeruk purut, iris halus
1 sendok teh air kapur sirih
250 g kacang tanah, potong kasar
minyak goreng

Haluskan:
4 butir kemiri
1 sdt ketumbar
1 cm kunyit
1 cm kencur
1 sdt garam

Cara membuat:
# Campur tepung beras, tepung kanji, santan, bumbu halus, dan semua bahan lain kecuali minyak goreng.
# Aduk hingga rata.
# Panaskan minyak banyak di atas api sedang. Goreng adonan rempeyek sesendok demi sesendok, alirkan di pinggir wajan hingga kuning dan kering.
# Angkat dan tiriskan.
# Setelah dingin simpan dalam wadah bertutup.

Untuk 500 gram

*****

Versi IV

Sumber: dapurbunda

Bahan:
1 gls tepung beras
1 gls tepung kanji
± 1 gls santan kental
1 btr telur
½ ltr kacang tanah, iris halus
½ ltr minyak goreng

Bumbu Halus:
5 btr kemiri
1 sdt ketumbar
1 ptg kencur
3 siung bawang putih
1 cm kunyit, digoreng
10 lbr daun jeruk, buang tulang tengahnya
Garam secukupnya

Cara membuat:
Tepung beras dan tepung kanji dicampur rata.
Campuran tepung ditambahi santan kental sedikit demi sedikit sampai adonan agak kental.
Tambahkan dalam adonan, bumbu yang sudah dihaluskan, daun jeruk yang diiris halus, aduk rata.
Panaskan minyak, dan goreng rempeyek dengan api sedang.

Tips: Setiap satu sendok sayur adonan rempeyek ditaburi dulu dengan kacang yang sudah diiris halus. Baru dituang di minyak panas.

About these ads

20 Responses so far »

  1. 1

    asrita said,

    Hi Echa..
    Aku lagi nyari resep rempeyek..eh ketemu ini :)
    tx alot ya..

  2. 2

    suntiakayla said,

    tolong dong bagi tipsnya …biar rempeyeknya gak banyak minyak kl udah selesai di goreng….terimakasih….

  3. 3

    en_me said,

    teringat me rempeyek wak tunot yg me niaga tewwww.. mancongkam beb.. ekeke

  4. 4

    Vania said,

    lagi pengen rempeyek…………
    banyak jg ya versinya ya…….thanks!

  5. 5

    bu as said,

    salam kenal bu jatmiko semoga ilmu anda menjadikan amal yang diterima Allah

  6. 6

    bu as said,

    maaf mau nanya yang tahu , berapa takaran maximum untuk baking powder ? 4 sendok teh untuk 1 kg daging apa diperbolehkan unt kesehatan? terima kasih

  7. 7

    rina said,

    siang bu jatmiko, kemarin bikin rempeyek tapi tengahnya masih mentah (kuning) pinggirnya dah coklat, eh ternyata pas liat resep ada bahan yang kurang, gak ada santan en tepung kanji, besok mau bikin lagi, mudah2an jadi, makasih ya bu …

  8. 9

    alexandra said,

    Hai mbak,aku mau nanya nih. Aku sih tadinya gak doyan peyek kacang, tapi semenjak dikasih peyek kacang sama pembantuku dari kampung (Wonosobo) aku jadi ter-gila2 sama peyek kacang (tapi hanya punya dia, yg lain aku tetep gak ngefans)

    Peyeknya itu warnanya putih (bener2 putih, kayak susu), rasanya ueennaak bgt, gurih, agak kemlothak (jadi gak renyah lho), tapi gak mblengerin, gak bisa berhenti makannya. Kalo blm abis setoples gede blm brenti.
    Nah yg aku mo tanya pake apa kok bisa putih gitu. Segala cara sdh takcoba, mulai dari nanya ke mboknya PRT-ku, sampe pake air kapur sirih (injet) tetep peyekku gak bisa putih. Waktu masih adonan memang putih, tp begitu digoreng ntar coklat lg.
    Rasanya jg gak bisa mirip. Peyek bikinanku kayak kebanyakan orang jual.
    Mbak punya kiatnya barangkali. Thanx before!!

  9. 10

    HIDAJAT ATAN said,

    IBU JATMIKO SAYA TIDAK BISA MENGATAKAN LEBIH BANYAK SELAIN HANYA INGIN MENGUCAPKAN RIBUAN TERIMA KASIH ATAS KESUDIAN DAN KERELAAN IBU MEMBERI KAMI RESEP – RESEP YANG CUKUP ENAKKKKKKKKKKKKKKK TERIMA KASIH IBU

  10. 11

    Denny said,

    Resep yang menarik, ada byk versi jadi pengen nyoba perbedaan masing2. Thx ya.

  11. 12

    maya said,

    Terima kasih atas ilmunya. Saya kebetulan sedang butuh sekali resep rempeyek untuk pelengkap nasi tumpeng saya.

  12. 13

    omkirman said,

    mau lebaran,sy jg ingin coba buat!!!!!

  13. 14

    cipluk said,

    Thanks alot resepnya,,, tp bingung nih mau nyoba yg versi mana,,hehe

  14. 15

    wah…makasih ya resepna..^_^

  15. 16

    patty said,

    mo nanya nh resep versi 3,utk santanx 125ml dr 1/4 bh klapa y ato 1/2 bh klapa?klo pke santan instan itunganx gmana y?mhon infox tx b4…mhon dmklumi y bu,saya msih pemula nih…

  16. 17

    darmanelly said,

    rempeyek yang putih itu, adalah rempeyek yang sudah tidak garing lagi bahasa pontianaknya “lemau” lalu digoreng lagi.. yang tadinya warna kecoklatan jadi putih deh…

  17. 18

    darmanelly said,

    saya juga hobi makan rempeyek, tapi kalau mbuatnya kurang berhasil… tdk seperti yang dibeli.. uenak.. coba lagi deh…semoga berhasil..

  18. 19

    Johan said,

    Terima Kasih atas resepnya kami yg tinggal di US bisa menikmati !

  19. 20

    Dian hasri said,

    Terimakasiilmunya yang sangat bermanfaat.
    semoga berguna bwat saudara kita yang kritis ekonomi bewat awal usaha mereka dan semoga mereka bisa makmur.


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 96 other followers

%d bloggers like this: