SATE BANJAR

Sumber: Sedap Sekejap

BAHAN:
Sate:
2 daging dada ayam tanpa tulang, potong menurut selera
3 sdm kecap manis
1 sdt air jeruk nipis
1 sdm margarin, lelehkan

Haluskan:
3 siung bawang putih
1 sdt garam
1 sdt ketumbar, sangrai
1 sdt jahe, parut

Saus/bumbu sate:
150 gr cabai merah besar
4 buah tomat
100 ml air
5 sdm saus tomat
2 sdt kecap manis
1 sdm margarin
2 sdm petis udang
1 sdt garam dan 1/2 sdt merica bubuk

CARA MEMBUAT:
1. Buat sate: cuci bersih daging ayam, tiriskan. Potong menurut selera.
2. Campur kecap manis dengan air jeruk nipis, margarin leleh, dan bumbu halus, aduk rata. Lumuri ayam dengan bumbu, diamkan selama 30 menit.
3. Ambil tusukan sate, tusuk 4 – 5 potong daging ayam, sisihkan.
4. Saus/bumbu sate: haluskan cabai merah dan tomat. Masak cabai halus, tambahkan air, saus tomat, kecap manis, margarin, petis udang, garam, dan merica bubuk. Masak sampai saus mengental, angkat.
5. Siapkan bara api, panggang sate sambil sekali-kali celupkan ke dalam bumbu. Panggang hingga matang, angkat.
6. Sajikan dengan lontong.

Untuk: 20 tusuk

8 Responses so far »

  1. 1

    Dian said,

    Hi,
    Saya sedang jauh sekolah di Norway dan rindu masakan Indonesia, dan menemukan website ini. Terima kasih banyak buat ide-idenya…..

  2. 2

    Ari said,

    Wah, asyik banget nih makan Sate Banjar, apalagi kalo lengkap sama Soto Banjar juga, wuih… kagak nahaaan! :D Terima Kasih ya, resepnya!

  3. 3

    gntr said,

    Resepnya enak lho ini saya lagi belajar

  4. 4

    cindy said,

    aduuh kangeeen makanan indonesia, setahun aku di belanda belum ketemu masakan yg seenak di kampung halaman. yang lain gak kangen, makanan yang kangen, apalagi duduk nongkrong di pinggir jalan (pake abu):P

  5. 5

    cindy said,

    he he, sampe lupa bilang makasih untuk websitenya, keren banget

  6. 6

    Bodronoyo said,

    Biar lambat asal ketemu, ini resep yg aku cari2. Besok libur kerja aku beli ayam 1kg, aku sate sendiri, aku makan sendiri…puaaaaas ! Thanks.

  7. 7

    Eko said,

    Saya kenal pertama kali sate banjar di Tanjung, Kalsel. tempat istirahat penumpang bus dari Balikpapan ke Banjarmasin. Sejak itu saya ketagihan. terimakasih banyak resepnya ya.

  8. 8

    saya kenal pertama kali sate banjar di kal-sel . tempat istirahat .sejak itu saya ketagihan . terimakasih bayank resepnya .nya .


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 101 other followers

