Bakpia /Phia Isi Kacang Hijau

Versi I

Sumber: Bagoes Supomo (Tabloid Nyata)

Bahan Kulit:
500 terigu
100 g gula halus
220 ml air
100 g mentega
1 sdt garam
250 g terigu
120 g minyak goreng
1 butir kuning telur untuk olesan

Bahan Isi:
150 kacang hijau kupas
100 g gula halus
1/2 sdt vanili
1/2 sdt garam

Cara Membuat:
1. Kukus kacang hijau hingga matang.
2. Masukkan gula halus, garam dan vanili. Haluskan, bentuk bulat sebesar kelereng dan sisihkan.
3. Campur 500 g terigu, gula halus, air, mentega, dan garam hingga membentuk adonan yang dapat dipulung.
4. Pulung adonan sebesar bola bekel dan sisihkan.
5. Campur 250 g terigu dan minyak goreng hingga rata.
6. Gilas adonan yang telah dipulung. Tuang beberapa sendok campuran tepung dan minyak. Gulung, gilas hingga setebal 105 cm.
7. Isi dengan kacang hijau dan bentuk bulat dengan lipatan bagian bawah.
8. Atur dalam loyang, olesi bagian atas dengan kuning telur. Panggang dalam oven hingga matang.
9. Angkat dan sajikan.

Untuk: 20 buah

*****

Versi II

Sumber : http://www.WacanaMitra.com

Bahan-Bahan : Bahan A:
250 gram terigu
75 cc minyak sayur
150 cc air
1/2 sdt garam

Bahan B:
250 gr terigu Kunci Biru / Roda Biru
150 cc minyak

Bahan Isi:
500 gr kacang hijau, kupas kulitnya
500 gr gula
100 cc minyak
Coklat, keju, vanili secukupnya

Cara Mengolah :

Cara Membuat Isi :
1. 100 cc minyak dijerangkan di atas api.
2. Masukkan kacang hijau setelah panas.
3. Masukkan gula, vanili.
4. Sebagian diberi coklat dan vanili.
5. Untuk yang keju, tanpa gula diberi keju.

Cara Membuat Bakpia :
1. Aduk seluruh bahan A sehingga merata.
2. Aduk seluruh bahan B sehingga merata.
3. Tipiskan/pipihkan adonan A.
4. Tipiskan atau pipihkan setengah dari adonan B. Taruh diatas adonan A yang sudah dipipihkan.
5. Lipat.
6. Tipiskan/pipihkan sisa adonan B.
7. Letakkan adonan B diatas adonan yang telah dilipat.
8. Gulung dan dibagi dua.
9. Potong-potong tiap bagian melintang 1 cm.
10. Tipiskan tiap potongan adonan, isi dengan adonan isi.
11. Bulatkan hingga rapi.
12. Taruh di atas loyang, semir dengan kuning telur.
13. Panggang dalam oven panas selama 30 menit hingga kuning keemasan. Angkat dan dinginkan.

*****

Versi III

Sumber: Bogasarifluor

Bahan A, campur rata, bulatkan, dan diamkan:
150 gr terigu segitiga biru
100 gr minyak goreng

Bahan B, campur rata jadi satu, bulatkan, dan diamkan 20 menit :
300 gr terigu segitiga biru
100 gr air
100 gr minyak goreng
1 sdt garam
2 sdm gula pasir
1 sdt vanilli

Cara Membuat (mirip membuat puff pastry):
– Rol adonan B jadi 20 X 30 cm
– Pipihkan adonan A ukuran 20 X 20 cm. Taruh A di atas B
– Lipat tiga mulai dari yang tidak ada adonan A.
– Putar 90 derajat, giling dan lipat 3 lagi seperti tadi. Istirahatkan 15 menit. Lakukan 3 x lagi. Diamkan 15 menit.
– Rol adonan dengan tebal 3 mm. Potong adonan dengan cetakan bulat.
– Isi dengan adonan isi dan buat bulatan. atasnya olesi dengan kuning telur. Bakar dalam oven 180 derajat selama 30 menit.

Isi Bakpia

Bahan:
250 gr kacang hijau kupas
200 gr gula pasir
1 sdt vanilli
1 sdt garam
2 sdm minyak goreng

Cara Membuat:

rebus kacang hijau dengan 200 cc air sampai empuk. angkat,tiriskan. Haluskan kacang hijau dengan cara ditumbuk. Masukkan kacang hijau serta bahan lain dalam wajan, masak dengan api kecil sampai adonan kental dan bisa dipulung. Siap digunakan.

About these ads

32 Responses so far »

  1. 1

    arti said,

    kesulitan buat bakpia tu apa sih

  2. 2

    din said,

    hix….apa sih beda bakpia ama pia? kmrn coba resep bakpia ternyata ga sama ama pia deh,… aku pengennya buat pia spt pia getol itu :((

  3. 4

    Halasan said,

    terimakasih bantuannya !

  4. 5

    Ifah said,

    Kmaren pernah cb resep bakpia tp knapa ya kulitny keras bgt. Pdhl pgn bikin cb2 utk ush..

  5. 6

    Mashasni said,

    Mbak, nanya dong. Kenapa ya bakpia kacang hijau yg saya buat mudah bau ? Semalam aja besoknya langsung berbau tidak sedap dan ada lendir di dalamnya. Apakah ada rahasianya membuat isi bakpia agar tahan lama ? Thx ya mbak …

  6. 7

    muji said,

    assalamu.alaikum, salam kenal. Makasih banget saya bisa dapat artikel cara membuat
    bakpia…Soalnya saya coba bikin, hasilnya kulit gak lembut dan isi kacang hijaunya cepat
    basi..thanks ya infonya…

  7. 8

    dewi said,

    thank u for resepnya….!!!

  8. 9

    sasmito said,

    salam
    saya sudah praktekkan semua resep diatas, dan saya mencoba menambahkan pegawet, yang jadi ,masalah ternyata setelah beberapa hari isi pia menjadi keras dan kulit pia menjadi lembek…saya minta info bagaimana untuk menjaga isi pia tetap lembut…..
    terima kasih
    salam

  9. 10

    dilla said,

    Dah lama nyari resepnya, ketemu juga. Makasih ya.., izin copas

  10. 11

    Sissy said,

    Makasih resepnya ya…..

  11. 12

    dodik said,

    assalamualaikum… salam kenal..
    saya minta info apa ja siih alat2nya membuat bakpia dan berapa rincian biayanya?
    trima kasih…

  12. 13

    yana said,

    sayaminta tolong dng sangat apa rahasianya biar pia/bakpia yang dibuat bisa tahan sampai kurang lebih 2 minggu tetap lembut & enak.karena saya ingin usaha jualan kue bakpia/pia.

  13. 14

    yana said,

    untuk menunjang produksi kue pia, alat -alat apa yang kitaperlukan.mohon rincian + biaya yang diperlukan. Atas jawabannya sayaucapkan terimakasih.

  14. 15

    RUDY said,

    ASKUM.
    PAK MAU TANYA,KALAU RESEP DI ATAS KOK GAK PAKE SEJENIS MAURIPAN,BENZOAT, ATAU KALSIUM,DAN BAGAIMANA CARA MEMBUAT PIA KACANG HIJAU BASAH,BERSERTA RESEP ASLIYA,TERIMA KASIH ATAS INFORMASIYA,SAYA TUNGGU RESEP YA

  15. 16

    aneka said,

    makasih resep nya

  16. 17

    oiblitar said,

    oke terimakasih atas panduannya..

    sungguh membantu. tp mau copy lupa bawa flasdisk..

    bisa tlg kirim ke email aq ngk…?

  17. 18

    luna said,

    masak kacangnya sampe bener2 matang biar tahan lama n ga cepat basi,..

  18. 19

    Antung said,

    Ak seneng bngt dpt resep ini,soalx ak suka mkn kue ia aplgi yg isi keju,thanks resepx….

  19. 20

    arumnet said,

    lho pak sya 5u tx gi5na bpk k’ bisa tau resaep kue pia i2 pak????????????????
    dari 5na ??????????????????????

  20. 21

    Saman said,

    Makasih bnget resep mak/mas. Menurt sy temen tu ngolah kacng hijaunya tdk benar2 matang dan tanek. Wajar saja br 2 hari sudh basi.

  21. 23

    Agus Najib said,

    Ass, bagaimana agar kue pia kulitnya tetap lembut dalam waktu yang lama,
    mohon resepnya. trimakasih bang jatmiko mau berbagi ilmu. semoga Tuhan membalasnya. amin

  22. 24

    Serlina Iriyanti Murip said,

    ada resep kue susu gak?
    untuk resep phia nya thank’s ya,,,

  23. 25

    wawan said,

    tenxz ea…
    itu resep sudah komplit atau cuman resep dasarnya saja bos?

  24. 26

    zainul said,

    Mau tanya pak/mbak.
    Bahan kulit supaya renyah,gk keras, tahan lama bahanya ditmbah apa ya.? Trima kasih ya pak/ mbak..

  25. 27

    dino said,

    makasih…. uda nambah ilmu….

  26. 28

    DWILESTARY said,

    TRIMAKASIH ILMUNYA

  27. 29

    bunda syam said,

    wah pengen coba nich.

  28. 30

    Tuti endah watia said,

    Bahan apa dipake supaya piax thn lama sy mau buat usaha tlng bantuanx

  29. 31

    hendrik said,

    mau tanya gimana caranya membuat kulit bakpia tidak pecah.. apakah ada obat khusus untuk membuat kulit pia tidak terlepas setelah bakar ?

  30. 32

    titin said,

    q nyoba tp hasilny cepet basi.terus dkasih ap supaya awet


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 100 other followers

%d bloggers like this: