BUBUR KACANG HIJAU

Bubur Kacang Hijau 

Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan:
300 gr kacang hijau
3 ltr air
500 gr gula jawa/gula merah
1 sdt garam
2 lbr daun pandan
500 ml santan kental.

Cara membuatnya:
– cuci bersih kacang hijau, buang yang mengapung. Rebus bersama 2,5ltr air hingga merekah dan matang.
– Sementara itu rebus gula merah dan 500ml air hingga gula larut, saring, tuang kedalam rebusan kacang hijau. Masukkan daun pandan yang telah disebit-sebit dan garam. Biarkan mendidih.
– Tuang santan kental, didihkan sekali lagi sambil diaduk supaya santan tidak pecah. Angkat.

Note: – santan kental bisa dimasak terpisah dan dituang saat hendak disajikan dalam mangkuk-mangkuk.

*****

BUBUR KACANG HIJAU MERIAH

Sumber: ???

BAHAN:
200 gr kacang hijau
500 ml santan encer dari 1 butir kelapa
250 ml santan kental dari 1 butir kelapa
150 gr gula pasir
3 cm jahe, memarkan
2 batang serai, memarkan
2 iris roti tawar, potong dadu
200 gr nasi ketan putih
Susu kental manis secukupnya

CARA MEMBUAT:
1. Masak kacang hijau bersama santan encer, gula pasir, jahe, dan serai. Masak hingga kacang hijau lunak.
2. Masukkan santan kental, lalu masak kembali sampai mendidih, angkat.
3. Penyajian: siapkan mangkuk, taruh potongan roti dan nasi ketan secukupnya. Tuangkan kacang hijau dan tambahkan susu kental manis. Sajikan hangat.

Untuk: 6 orang

About these ads

48 Responses so far »

  1. 2

    dyan said,

    makasih resepnya, nanti aku coba deh pasti enak……………?

  2. 3

    Dezta Ramadhan said,

    1 Lagi resep bubur kacang hijau dr saya.
    Bahan :
    Sama seperti resep ala fatmah bahalwan, hanya saja gulanya pakai gula pasir, dan pakai garam kasar.
    Cara membuat :
    – Cuci kacang hijau, buang yang mengapung, rebus dengan 3ltr air hingga merekah sampai matang, masukan gula pasir, daun pandan, garam kasar, pandan pasta secukupnya, lalu masak kembali sampai mendidih. Angkat
    – Kemudian santan di masak terpisah, untuk santan dr kelapa, masukan garam kasar secukupnya, 1lmbr daun pandan, serta 1sachet vanilly halus, lalu masak hingga matang, sambil di aduk. Angkat.
    – Penyajian :
    Sama seperti di atas.

  3. 4

    rita said,

    mw tanya..sy tinggal d luar negri.tpi pingin bikin bubur kacang ijo..
    namun dsni tidak tersedia daun pandan..
    sy mw tanya untuk pengganti daun pandan enakny apa yah..
    makasih

  4. 7

    Maya said,

    Nyobain ah.. :)

  5. 8

    roni said,

    klo cuma buat berdua berapa ukurannya?

  6. 9

    [...] Sumber Categories: Resep Komentar (0) Lacak Balik (0) Tinggalkan komentar Lacak balik [...]

  7. 10

    Aini said,

    Salam kenal… saya habis coba bikin bubur kacang hijau pakai resep ini, ternyata rasanya benar2 mlekoh & enak, hehe :-D terimakasih yaa :-)

    Oia, saya juga tinggal di LN & disini nggak nemu daun pandan. Akhirnya daun pandan tersebut saya coba ganti pakai essence pandan. Aromanya mirip dengan kalau pakai daun pandan “beneran”… hanya saja cukup bubuhkan setetes essence pandan, dan dibubuhkannya setelah bubur kacang hijau matang (supaya aroma pandannya nggak hilang karena panas dari proses pemasakan) ;-)

  8. 11

    Yuliana Ali Taherani said,

    alhamdulillah…saya sdah mncoba nya…dan hasilnya,,enak bget..
    makasi ya buat resepnya…^^v

  9. 12

    kalo buat ber 3 aja ukurannya sabaraha?

  10. 13

    Arjun java said,

    Enak tuh,,,rasanya jdi !9!N coba,,,tpi sayang gak da daun pandannya,kalo pake perasa makanan,jadi gak ya,…

  11. 14

    unik said,

    thanks atas infonya.besok aku mo coba…anakku Aurel seneng banget ma bubur kacang ijo

  12. 15

    nHana said,

    wuiiwh jdiw pngind bwad nuy,,,,
    hikz_hikz

  13. 16

    Mom'daffa said,

    Boleh jg tuh resepnya,,,,mo nyoba ahhhhh thanks ya…pasti uwenak tenan

  14. 17

    alfian said,

    gw buat kok lama banget matengnya yah…ngikutin cara ini……ngak pake di rendem…..parah nie…

  15. 18

    Ev said,

    dikit saran buat yg mo buat bu2r kcng ijo ( brdasarkan pengalaman pribadi ) ^_^

    kacang ijo ny biar empuk hrs d rendam dulu 1-3 jam an..
    klw ngga ada dau pandan bs d ganti ama essence cocopandan atau aroma yg anda suka …( bnyk d toko2 ko All )
    hasil ny buktiin sendiri dech…Yummy ..dr pd bingung cri daun pandan ngga ada d luar negri..xixii
    Selamat Mencoba >,<

  16. 19

    Izur said,

    Kalau Saya punya kebun kacang hijau sendiri,jadi punya resep sendiri:
    – 400 gr kacang Hijau
    – 500 gr gula merah
    – 3 Ltr air
    – santan dari 1 butir kelapa
    – 50 gr jahe
    – 3 lembar daun pandan
    – 5 cm kayu manis
    – garam secukupnya
    Cara membuat:
    – Kacang hijau di rebus dengan air sampai merekah
    – Jahe di bakar sampai keluar aroma lalu di memarkan
    – masukan semua bahan kedalam rebusan kacang,kalau sudah mendidih lalu diaduk hingga agak mengental,tambahkan gula pasir sesuai selera

  17. 20

    dian glenitha said,

    waaa nyoba dulluuuu ahhhh..
    makasi yahh.. :)

  18. 21

    Rita said,

    Hmmmm… nyummi smuax bkin ngiler!!! Kagak jadi diet ceritanye nih….^_*

  19. 22

    sind3nmungil said,

    Iya nih… Saya coba tanpa direndam dulu sebelum direbus. Lama banget empuknya… :(

  20. 23

    dewi said,

    Kalo aku bikin burjo biar cepet empuk kcg ijonya abis dicuci trus dipresto.
    Untuk 300gr kcg ijo airnya pake 1 liter aja trus cukup dipresto selama 15menit (terhitung sejak panci presto berbunyi)m
    Kalo uda mateng & pancinya uda bs dbuka trus tinggal nambahin air+santen+gula+pandan ke kcg ijonya.
    Dijamin cepet mateng & enak :)

  21. 24

    Dian said,

    Dear All…aku pernah liat ada bubur kacang ijo yg kental bgt gmn cara buatnya ya? apa perlu dikasi tepung?

  22. 25

    Renny Rahmia said,

    Wuaah gara-gara baca resepnya jadi pengen cepat-cepat bikin bubur kacang ijo dan kepikiran buka cafe bubur kacang ijo yg gaul..

  23. 26

    yuni said,

    uhm yumy
    tp bubur kacang ijo meriah tu apa yaw ?

  24. 27

    dee said,

    maacih infonya..mau dicoba niy..mdh2an jd..hehehe

  25. 28

    alrya said,

    mau nyoba tapi ragu”
    cpa tau gk brhasil hiks…

  26. 29

    irfan said,

    waduh, ada kiriman kacang hijau dari kampung untuk saya di kampus, boleh ni, anak kost an buat bubur, sekalian untuk makanan berbuka puasa, hehe

  27. 30

    ella said,

    biqiiinn aahhh,,,,,,,,^^

  28. 31

    indah said,

    hemm enak,,,bbur fav suami

  29. 32

    Nonii said,

    Bisa cepet kok tanpa harus direndam…
    Aku ga sampe 1jam kacang ijo nya suda merekah & empuk bgt..

  30. 34

    fitri ace samosir said,

    kok pake sarai,,,
    emang mw di gule

  31. 35

    bapak algi said,

    kalo untuk konsumsi bisnis apa resepnya juga sama dan bagaimana ya menentukan takarannya, krn sangat berpengaruh terhadap harga jual , trims atas tanggapannya. horas

  32. 36

    Hendry said,

    nyam.nyam.nyam.. salam kenal :-)

  33. 37

    serba asyik said,

    seru dan enak kayaknya.thx

  34. 38

    Eti Handayani said,

    Hemmmmmmmmmm……
    Lazieeeeddd……
    perlu dicoba nie resepnya >__<

  35. 39

    jadi pengen nyobain resep ini :)

  36. 40

    carpet said,

    wooo nice yah :)

  37. 42

    Yulian M said,

    Terima kasih buat resepnya…. Waktu pertama kali mencoba, saya dan teman-teman mengalami kegagalan kacang ijonya gosong karena kurang air dan kelamaan merebus. Maklum, kami semua laki-laki bujangan yang awam tentang masak-memasak. :)

    Setelah mencoba berikutnya, rasanya benar-benar maknyus. Kebetulan kami tinggal di LN, jadi gak pakai daun pandan. Tapi tetap enak kok :) Salam kenal.

  38. 44

    saifudin said,

    coba saja ah, jadi penasaran rasanya. kira kira berapa lama ya membuatnya, apa 2 jam sudah matang ya?

  39. 45

    budi said,

    wah yummi nich, besok libur mo coba masak bubur kacang ijo ah…..

  40. 46

    fandesta said,

    wow.. kaya nya enak tuhh resep bubur kacang yg di atass ..
    mauu di coba aahhh .. !!!

  41. 47

    Irman umata said,

    Pengalaman pribadi,kalo kacang ijox belum merekah jangan masukin gula merah,ntar kacang ijox gak masak alias masih keras…

  42. 48

    Eva said,

    Saya jg pengen akh…,


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 101 other followers

%d bloggers like this: