Engkak Ketan

Versi I

Sumber: Almh Mertua Mbak Ruri

Bahan:
½ kg tepung ketan putih
½ kg gula pasir
10 btr telur ayam
3 gls santan dari 3 kelapa, dimasak
1 klg susu kental manis
4 sdm mentega utk melapis

Caranya :
· Gula dan telur dikocok sampai mengembang
· Masukkan tepung ketan
· Masukkan santan sedikit demi sedikit.
· Masukkan susu kental manis
· Loyang 20×20 dioles mentega lalu alasi dengan kertas, panggang kue dengan sistim seperti lapis legit, 3 lapis pertama pakai api bawah lalu pindah api atas, kalo adonan sudah selesai balik lagi pakai api bawah utk mematangkan semuanya.
· Oles setiap lapis dengan mentega.

*****

Versi II

Sumber: Mertua Mbak Henny

Bahan:
1 kg gula pasir
1 kg tepung ketan
2 kg kelapa parut (kira-kira 4 bh) peras jadi 1500cc santan masak dulu
1 kaleng susu kental manis
250 gr mentega (cairkan)
10 bh telur
vanili sdkt

Cara:
01. Tepung ketan & santan diaduk rata dulu, pisahkan
02. Kocok gula & telur sampai putih (dgn whisk), kalo dgn mixer sebentar saja
03. Lalu masukkan semua bahan lain, kocok rata (klo mau tambahkan daging duren jg boleh, lebih enak!)
04. Saring semuanya.
05. Siapkan loyang uk 22×22. Oles mentega, beri gandum sdkt, beri kertas roti.
06. Panggang selapis-selapis spt memanggang lapis legit. lapis pertama, panggang di api bwh dulu hampir matang pindahkan ke api atas, lalu lapis kedua, dst di api atas. Gak usah ditindih dgn mentega.

NB: Tiap lapis lebih tebal drpd lapis legit.

About these ads

5 Responses so far »

  1. 1

    fera said,

    apaan kgk enak deh !!

  2. 2

    ria.. said,

    wah…keren..dah lama sejak pindah dari palembang gk pernah makan kue ini lagi..
    mudah2an sukses nyobainnya..
    kuliner palembang emang oke2..
    makasih resepnya

  3. 3

    dian said,

    setau saya,yang pakem itu adalah santan kelapa dididihkan sampai memisah(minyaknya dan gelondo nya),tapi dipakai semuanya

  4. 4

    nunung said,

    Makan ‘masubah, engkak ketan ama kue lapan jam’ pertama kali pas lebaran pertamaku di Jambi. Legit banget dan membuatku jadi ketagihan ….. sayang sejak 9 tahun yang lalu aku pulkam ke jawa ndak pernah lagi aku makan kue ini. Kapan2 dech kita coba bikin dw.

  5. 5

    megah lin said,

    ada recep engkak ubi selo/jalar gak?
    kalau ada tolong kirim ke emailku ya,terimakasih!


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 100 other followers

%d bloggers like this: