Sosis Solo

by Ine DW

Sosis solo yang kukenal ada 3 versi :
1. Sosis goreng isinya daging sudah dimatangkan (mawur)
2. Sosis goreng ala Hisjman, isinya dari daging mentah (menggumpal)
3. Sosis kukus, kulitnya dari telor, isinya daging mentah

Yang populer itu yang nomor 1 dan 3.
Nomor 2 itu kukenal cuma di rumah makan Hisjman dulu di rukonya pasar Singosaren Solo. Rumah Makan Eropa dengan selera Indonesia. Rasanya cuma Hisjman yang bikin sosis solo goreng dengan daging mentah begitu.

Yang paling sering kubikin, yang nomor 1. Padahal favoritku yang nomor 2. Tapi ini mesti dikerjakan sendiri sampai kelar, kalau mbakku yang nggoreng, suka dagingnya belum matang bener, kulitnya dah coklat.

Di solo dulu ada gerobak jual nasi sop ngetop di daerah kratonan. Sop biasa aja, isinya wortel, kentang, buncis dan kol tanpa ayam.

Trus gorengan2 yang disediakan macam2, tahu, tempe dll. termasuk sosis kukus. Kalau order cuma bilang sop sip, di kasi nasi sop di kasi satu sosis kukus di potong2. Ternyata yang bikin Sip ya sosisnya itu.

Kulit A (ini sama dengan kulit risoles atau kulit sosis untuk timlo solo) :
Bahan:
250 gr terigu
1 btr telur
1 sdm minyak goreng
garam, baking powder
air secukupnya

Cara Membuat :
- Terigu+minyak goreng+garam+BP+telur, diaduk dengan sedikit air, sampai licin. (Biasanya pakai tangan, sambil di tepuk2, supaya rada liat/ulet, kalau liat, kulitnya bisa tipis tidak gampang robek)
- Tambahkan air sedikit2 sampai cukup kekentalannya untuk di dadar di teflon.

Kira kira ini jadi 20 lembar.

Kulit B (untuk sosis solo kukus) :
Bahan:
5 butir telur ayam
1 sendok makan terigu
1/2 sendok teh garam
50 cc santan

Cara Membuat :
- Aduk terigu dan garam dengan santan sedikit demi sedikit, jaga jangan sampai meringkil. masukkan telurnya, aduk sampai rata.
- Dadar dengan wajan teflon, jangan terlalu kering.

Isi C :
Bahan:
250 gr daging cincang
5 butir bawang merah, iris halus
merica, pala, garam, kecap, gula

Cara Membuat :
- Tumis bawang merah sampai kuning dan harum, masukkan daging cincang dan bumbu2 sambil di aduk2 agar daging tidak menggumpal. Masak sampai air daging mengering

Isi D :
Bahan:
250 gr daging cincang
1 butir telur ayam
5 sendok makan santan kental

Bumbu Halus :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
5 butir kemiri
garam
gula (gantinya penyedap)

Cara Membuat :
- Campurkan semua bahan jadi satu, aduk rata.

Penyelesaian :
1. Sosis Solo Goreng : Pakai kulit A, isi C
Taruh sesendok makan daging yang sudah matang di atas kulit, bungkus seperti lumpia (bulat ya…bukan gepeng kayak risoles) goreng sampai kulit berwarna kuning keemasan, dimakan dengan cabai rawit.

2. Sosis Solo Hisjman : Pakai kulit A, isi D
Taruh sesendok makan daging di atas kulit, rapikan bentuk daging agar bulat panjang, kira2 setebal kelingking. Bungkus seperti lumpia (bulat ya…bukan gepeng kayak risoles) goreng sampai kulit berwarna kuning keemasan (api jangan terlalu besar, agar seluruh daging bisa matang), dimakan dengan cabai rawit.

3. Sosis Solo Kukus : Pakai kulit B, isi D
Taruh sesendok makan daging di atas kulit, rapikan bentuk daging agar gepeng memanjang. bungkus seperti lumpia gepeng. (lebih kurus dari risoles). Kukus selama 20 menit. Dimakan dengan cabai rawit, atau di bersama sop, sebagai lauk

About these ads

5 Responses so far »

  1. 1

    nana said,

    saya juga baru aja punya blog,,, tapi baru sekali posting… saya boleh kan banyak belajar dan cari info dari sini?

  2. 2

    wara said,

    sosis solo memang favorit saya dari dulu… cuman biasanya sih seringnya beli… kalo lagi pas mampir di Solo… soalnya di Surabaya sini susah nyari yang jual he..he… dah pernah nyoba masak sendiri sih, rasanya lumayan tapi lupa lagi resepnya. Makanya iseng2 nyari resepnya disini… Makasih yah akhirnya saya bisa nikmatin sosis solo lagi tanpa harus pergi ke Solo….

  3. 3

    indri said,

    makasih banyak ya atas resepnya….pengen nyoba besok pagi….
    untuk sosis solo kukus, fungsi santan untuk apa ya? Seumpama bikin sosis solo hisjman tapi dikukus dulu boleh ga (maksudnya biar make sure isi dagingnya mateng)

  4. 4

    nia said,

    Makasih ya….akhirnya dapat jg resep sosis kuning kukus karna tiap nyari di googles yg ada
    seringkali yg digoreng.sekarang saya bs menikmati sosis kuning kukus khas kota solo tanpa harus ke solo kota kelahiran saya.
    Sekali lagi makasih ya……bt resepnya.

  5. 5

    Sri Muljani said,

    Thanks infonya. Sangat bermanfaat tk perempuan sejati. Kutunggu info selanjutnya ya. Sekali lagi thanks a lot


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 100 other followers

%d bloggers like this: