MIE TELOR ISTIMEWA BUATAN SENDIRI

Resep: Fatmah Bahalwan

Bahan:
1000 gr tepung terigu protein tinggi
450 gr telur (kuning + putih)
1 sdm garam

Cara membuat:
- aduk rata tepung dan garam, tuangi telur, aduk rata dan uleni hingga kalis. Lalu tipiskan dengan rolling pin, teruskan gilas dengan mesin pembuat mie hinga beberapa kali, sampai adonan halus.
- Beri taburan tepung sagu, lalu gilas dengan pemotong bentuk mie.
- Mie siap digunakan.

Tips:
- Penyimpanan: simpan rapat ukuran satu kali pakai dalam plastik, lalu masukkan ke dalam kulkas. Mie bisa tahansekitar 6 hari.
- Variasi: Untuk membuat mie oranye, ganti sebagian telur dengan jus wortel. Untuk mie hijau ganti sebagian telur dengan jus bayam atau sawi hijau. Untuk mie hitam, ganti sebagian telur dengan tinta cumi-cumi.

About these ads

17 Responses so far »

  1. 1

    arsyiah said,

    saya kurang percaya dengan mie yang ada di pasaran, padahal saya penggemar berat mie..makasih resepnya yah!

  2. 2

    nila said,

    Baru mau nanya bisa disimpan berapa hari, eh, udah lengkap disini.
    Makasih resepnya ya mbak!
    anak saya suka mie, tapi beneran, ga tega ngasi mie dipasaran.

  3. 3

    Yohana said,

    Terima kasih untuk resepnya tapi saya ada pertanyaan:
    Boleh tahu tepung protein tinggi itu yang mana? Misalnya: tepung Cakra/segitiga biru? Lalu telurnya di timbang dengan cangkangnya sebanyak 450gr atau hanya isinya saja? Untuk responnya saya ucapkan terima kasih.

    • 4

      ejatmiko said,

      Cakra Kembar (protein tinggi)
      Segitiga Biru (protein sedang)
      kunci biru (protein rendah)

      Telur ditimbang dengan cangkangnya.

  4. 5

    Dodik said,

    Beda tidak dengan cara pembuatan pasta? bisa kasih resep nya untuk bikin pasta??
    Makasih

  5. 6

    dwi said,

    yang dimaksud sampai kalis itu apaan sih bosss???????/

  6. 7

    jack said,

    terimakasih atas resepnya pasti saya coba

  7. 8

    jack said,

    hebat anda ditengah hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap mie justru membuat kejutan oke thank

  8. 9

    angel said,

    apalagi kalau kita pakai telur kampung rasanya beda lebih enak lho mienya maklum makanan hari2 biar tdk pakai beli

  9. 10

    cybertrez said,

    kalau pengen warna pelangi … coba sarankan dari apa warnanya mis: tumbuhan atau hewan

  10. 11

    Bang Thal said,

    la de cube..mamtap idang muat mie rebus ala ,mie laskar pelangi dari Belitong ,terima kaseh ye resepnye….

  11. 12

    Duh, mksh bget resepnya. Sya tinggal d kampung. Susah sekali mendapatkn mie telor. Ini sangat membntu sya, yg pny suami suka mkan mie.

  12. 13

    airin abdurachman said,

    aku penggemar berat mie … maksih resepnya, aku coba sekarang

  13. 14

    asri said,

    terima kasih,, ternyata saya kemarin salah pake tepungnya,, jadinya keras gitu,, ^^

  14. 15

    cintha said,

    saya penggemar berat mie,, terima kasih utk resep mie yg aman :)

  15. 16

    mega said,

    mie kesukaan anak keluarga saya, wuih mereka seneng banget

  16. 17

    trimamania said,

    pembutan mi telur ,masih perlukah ditambah air q


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 96 other followers

%d bloggers like this: