TAPE KETAN HIJAU

Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan:

500 gr  beras ketan
1 ltr      air
2 sdm   pandan pasta
400 ml  air
3 bh     ragi tape bulat
5 sdm   gula kastor

Cara membuat:

-         cuci beras ketan hingga bersih, rendam dalam campuran 1 ltr air dan pandan pasta semalaman. Tiriskan. Kukus hingga panas kepul-kepul.
-         Sementara itu didihkan 400 ml air, siram-siram kedalam ketan kukus yang masih panas, aduk rata. Kukus kembali 15 menit, angkat, dinginkan hingga betul-betul dingin.
-         Haluskan ragi tape.
-         Susun ketan hijau dalam wadah, taburi ragi tipis-tipis, taburi gula kastor, timpa lagi dengan ketan, taburi lagi dengan ragi dan gula. Tutup rata, biarkan selama 3 hari.

About these ads

21 Responses so far »

  1. 1

    karin said,

    beli tape ketannya dimana ya? DiBrunei ada nggak ya….? Kalau pakai ragi biasa boleh tidak?

  2. 2

    mardiyo said,

    Mau nyoba buat tape ketan semoga jadi

  3. 3

    pintar student said,

    menurutku Ragi itu ada dua macam yaitu ragi tempe dan ragi tape.aku ada tips jika tape sudah jadi langsung ditaruh kulkas.sebelum diberi ragi beri air gula terlebih dahulu

  4. 4

    Leea said,

    Mikroba yang paling berperan dlm pembuatan tape ketan ini ap?

  5. 5

    Dini said,

    Ini baru pertama kali..smoga jadi….saking kepinginnya bangeeettt

  6. 6

    Herawaty said,

    Ik mo coba nih, nanti sabtu mo ada bapak2 pejabat dari Indonesie yang lagi training di ERASMUS Rotterdam.
    Jadi ik bikin hari rabu malam ,pasti sabtu jadi ya, makannya pakai ijs enaaaaaakkk

    Ik udah beli raginya Ragi tape manis buatan RAPINDO dari toko RAME Amsterdam.
    mudah2an jadi deh .

    Met culinair groet

  7. 7

    alung said,

    tapeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

  8. 8

    dion said,

    apa yooo gula kastor ituuuu???????????

  9. 10

    sm_yani said,

    wah, buat praktek biologi nih, makasih resepnya.. membantu sekali^^

  10. 11

    Djazuli said,

    bisa nggak ya…….. tape ketan dibuat home industri yang menjanjikan.soal aku lagi mikir usaha mandiri

  11. 12

    sugiarti said,

    Yth,Tuan Jatmiko

    Setelah menjadi tape, bisa bertahan berapa lama kalau tdk disimpan didlm kulkas….?

  12. 13

    Windy said,

    Brapa lama bs tahan dlm kulkas?

  13. 14

    sigit said,

    wah tape ketan,mau nyoba bikin,kyknya susah2 gampang ya?

  14. 15

    sipti aulia said,

    akhir na dpt jga mksih ya tas resep’y

  15. 16

    Auri said,

    Wadahnya itu lgsung wadah kcil” ap wadah gede seh? Bingung aq, tp mksh resep’na, aq mw cb bkin… Smoga jadi!!

  16. 17

    apip said,

    makasih infonya, langsung buat yuukkk

  17. 18

    elok said,

    emang enak tape ketan heeeeem. nikmat…
    makaci yach

  18. 19

    Guntur said,

    Kok ga bsa di copas pke HP nokia C-3

  19. 20

    endang bunga olivia said,

    wah oom aku coba bikin tapi gak jadi..dah 3 hari cuma jamuran..kenapa ya..apa karena ragi di taburin sebelum ketannta betul2 dingin ya?? :)

  20. 21

    rahmawati said,

    hujan” makan tape enak jugaaaa ..


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 95 other followers

%d bloggers like this: