Bapau/Bakpao/Bakpau

Versi I

Sumber: Sahak Pribadi

Bahan Kulit:

250 gr tepung hongkong*)
250 gr tepung terigu segitiga*)
50 gr gula halus
11 gr (1 bks) ragi instant (fermipan, gist, dsb)
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
250 ml air es
50 gr mentega putih

Bahan Isi Daging :
2 siung bawang putih
1/2 siung bawang bombay
100 gr daging giling (sapi atau ayam)
1 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
lada, garam, gula secukupnya

Bahan Isi Kacang Hijau :

100 gr kacang hijau kupas direndam 1 jam
75 gr gula pasir
100 ml santan kental
1 lembar daun pandan dirobek-robek
1 sdt garam

Cara membuat kulit:

  • Campur semua bahan kering
  • Masukan air es sambil diuleni
  • Masukkan mentega putih dan uleni terus sampai kalis (tidak lengket ditangan)
  • Ambil sejumput adonan, pipihkan dan isi dengan isi sesuai selera
  • Bentuk adonan, taruh dikertas roti yang sudah dipotong-potong
  • Kukus selama 10 menit

Cara membuat isi daging

  • Tumis bawang uptih dan bawang bombay sampai harum
  • Masukan daging giling, aduk rata
  • Masukan kecap manis + asin, gula, garam, lada
  • Aduk rata sampai daging empuk…angkat dan dinginkan

Cara membuat isi kacang hijau

  • Campur semua bahan dalam wajan anti lengket
  • Taruh diatas api, aduk terus sampai kalis
  • Angkat dan dinginkan

Note:
*) Tepung Hongkong bisa diganti tepung tan mien atau ganti tepung hongkong dan tepung terigunya dengan 500 tepung protein tinggi yg biasa digunakan utk roti/donut.

About these ads

10 Responses so far »

  1. 1

    kay said,

    hi..nanya ya.. adonannya harus di bagi 2 ya? kalo di satuin kaya bikin donat bisa ga? soale, aku kalo bikin adonan biang ga pernah ngembang sempurna.. udah gitu keras pula..ada trik biar ngembang sempurna ga?
    tengkyu

  2. 2

    Hanafi said,

    Lagi pengen cobain biki bakpao nih

  3. 3

    Biar ngembang bgus cairin ragi sama gula dgn sdikit air. .

  4. 4

    ester said,

    enak enak

  5. 5

    Murti said,

    besok mau ah bikin bakpao…mau resepnya ya bu… mampir ya ke blog ku..TQ buangettt

  6. 6

    dini said,

    Aq dah pnah nyoba pake aer es tuh malah gk ngembang sempurna ya…jdinya gk ngembang bgt, sdikit bantat…tu gmna ya?? Kta tmn aq jgn pke aer es, raginya doesn’t work…pke aer anget gtu ktnya….hellooo…ada yg tau gk triknya nih?? Tq

  7. 7

    Hendra said,

    Makash tas resep nya…ntar aku coba

  8. 8

    yuni said,

    waah makasie tyaw atas infonya,,,, uhmm yumy :D

  9. 9

    mantap……………………

  10. 10

    santi Cyang Rokenclalu said,

    hemm praktis ug ya bkin bakpao x ..
    ad resep yg laen lagi gk


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 95 other followers

%d bloggers like this: