Aneka Kue Talam

TALAM EBI

Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan:
200 gr   tepung beras
50 gr     tepung sagu
700 ml  santan kental
½ sdt    garam
1 lbr      daun pandan

Topping:
100 gr   ebi (udang kering)
1 btg     seledri, iris halus
1 bh      cabe merah, potong serong
2 bh      bawang putih, iris tipis
1 sdt     gula pasir
100 ml  minyak goreng

Cara membuat:

  1. Larutkan tepung beras dan tepung sagu dengan sebagian santan, sisihkan.
  2. Masak sisa santan, gula dan daun pandan hingga mendidih, tuangi larutan tepung, aduk rata hingga matang. Angkat.
  3. Tuang kedalam mangkuk kecil/cucing hingga penuh. Kukus 20 menit hingga matang angkat.
  4. Buat Topping: rendam ebi hingga mekar, tiriskan, cincang. Panaskan minyak goreng, tumis cabe merah, bawang putih hingga wangi, masukkan ebi tumis terus hingga matang, masuk irisan seledri, aduk sebentar angkat.
  5. Beri taburan ebi diatas kue talam putih. Sajikan.

*****

TALAM PANDAN

Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan Lapisan pandan:
200 gr   tepung beras
50 gr     tepung sagu
100 gr   gula pasir
400 ml  santan
100 ml  air pandan suji
1 sdt     air kapur sirih
½ sdt    garam

Bahan Lapisan Putih:
50 gr     tepung beras
25 gr     tepung sagu
400 ml  santan kental
½ sdt    garam

Cara membuat:

  1. Lapisan Pandan: taruh dalam wadah, tepung beras, tepung sagu, gula pasir, aduk rata, tuangi santan, air daun suji, garam dan air kapur sedikit demi sedikit sambil diremas-remas hingga menjadi adonan halus. Sisihkan.
  2. Lapisan putih: campur semua bahan menjadi satu, aduk rata dan licin. sisihkan.
  3. Siapkan cetakan cucing/mangkuk kecil, polesi minyak sayur, isi dengan adonan setinggi 2/3 mangkuk, kukus 10 menit. Lalau tuangi adonan putih hingga penuh, kukus lagi 10 menit. Angkat.

*****

TALAM UBI

Sumber: Inong Haris

Bahan Bawah:
500 gram ubi jalar (1/2 Kg)
150 cc air mendidih
150 gram tepung beras
100 gram sagu
350 cc santan cair (2 gelas)
1/2 sdm garam
250 gram gula pasir
Sepuhan kuning secukupnya

Bahan Atas:
350 cc santan kental (2 gelas), dimasak
60 gram tepung beras
30 gram tepung kanji
1 sdm peres garam halus

Cara membuat:
– Kukus ubi jalar sampai masak, kupas dan haluskan.
– Tepung beras dicampur dengan air panas sambil diaduk rata, masukan ubi jalar, tepung sagu, santan encer dan gula pasir aduk sampai rata, kemudian saring.
– Ambil cetakan kue (mangkok kecil) poles dengan minyak goreng.
– Tuang adonan tersebut ke cetakan (3/4 isi), lalu kukus sampai matang.
– Tuang santan kental yang sudah dicampur sagu + garam.
– Taruh diatas adonan tadi. Kemudian kukus lagi sampai matang.

*****

TALAM KETAN LAPIS PANDAN
Sumber. ???

BAHAN 1:
250 gr beras ketan
150 cc santan kental
1/4 sdt garam

BAHAN 2:
1 lembar daun pandan
3 lembar daun suji
3 butir telur, kocok lepas
200 cc santan kental
175 gr gula pasir
4 sdt tepung maizena
3 sdm tepung terigu

CARA MEMBUAT:
1. Kukus beras ketan selama 20 menit sampai setengah matang, angkat.
2. Masak santan dan garam sampai mendidih, aduk rata, angkat.
3. Taruh ketan setengah matang dalam wadah, tuangkan santan matang, lalu aduk sampai tercampur rata.
4. Kukus lagi ketan selama 20 menit sampai matang, angkat.
5. Siapkan cetakan. Tuangkan 1/2 bagian ketan dalam mangkuk talam, sisihkan. Lakukan pada semua ketan.
6. Adonan 2: tumbuk daun suji dan daun pandan lalu peras, ambil airnya.
7. Campur tepung maizena, tepung terigu, dan gula pasir. Tambahkan sedikit demi sedikit santan dan telur, aduk sampai tercampur rata. Tambahkan dengan air daun pandan, aduk rata.
8. Tuangkan adonan 2 di atas ketan, dan kukus sampai matang, angkat.

Untuk: 10 buah

*****

TALAM TAPE

Sumber: ???

BAHAN 1:
75 gr tepung beras
50 gr tepung sagu
200 gr tape singkong, haluskan
300 cc santan kental
pewarna kuning secukupnya

BAHAN 2:
75 gr tepung beras
50 gr tepung sagu
400 cc santan kental
1/2 sdt garam
1/4 sdt vanili
5 mata nangka, potong dadu kecil

CARA MEMBUAT:
1. Adonan 1: campur tepung beras dan tepung sagu, tambahkan dengan santan kental, aduk rata sampai kalis.
2. Campur adonan tepung dengan tape singkong, aduk sampai rata. Tambahkan dengan pewarna kuning sesuai selera, aduk sampai rata.
3. Siapkan cetakan kue talam, tuangkan 3/4 adonan 1. Kukus selama 20 menit sampai matang.
4. Campur semua bahan 2 kecuali nangka, aduk sampai kalis lalu saring.
5. Tuangkan adonan 2 di atas adonan 1. Kukus lagi selama 10 menit sampai lapisan atas matang, angkat.
6. Taburi dengan nangka, sajikan.

Untuk: 12 buah

*****

TALAM PISANG RAJA

Sumber: ???

BAHAN:
300 gr pisang raja
75 gr gula pasir
30 gr tepung sagu
20 gr tepung beras
200 cc santan kental
2 lembar daun pandan
1/2 sdt garam
daun pandan bentuk takir secukupnya
1 buah pisang raja, potong 1/2 cm untuk hiasan

CARA MEMBUAT:
1. Masak santan dengan daun pandan, garam, dan vanili, aduk sampai rata, angkat.
2. Campur tepung beras dan tepung sagu, tuangkan santan hangat, lalu aduk sampai rata, sisihkan.
3. Blender pisang raja sampai hancur, campur dengan gula pasir, dan campuran tepung santan, aduk sampai kalis.
4. Siapkan takir, olesi dengan minyak goreng. Tuangkan adonan pisang dalam cetakan. Kukus selama 20 menit sampai matang, lalu buka panci pengukus dan tambahkan dengan pisang raja untuk hiasan. Kukus sebentar selama 5 menit sampai pisang raja berubah warna, angkat.

Untuk: 8 buah

*****

TALAM KENTANG KEJU
Sumber: ???

BAHAN 1:
500 gr kentang, kukus, haluskan
125 gr gula pasir
2 sdm susu kental manis
100 gr tepung sagu
75 gr tepung beras
300 cc santan kental, rebus
1 sdt garam

BAHAN 2:
75 gr tepung beras, seduh dengan 150 cc air mendidih
75 gr tepung sagu
500 cc santan kental matang
garam secukupnya
25 gr keju parut untuk campuran
50 gr keju parut untuk taburan

CARA MEMBUAT:
1. Adonan 1: campur kentang dengan gula pasir, susu kental manis, dan tepung sagu, aduk rata. Masukkan santan sedikit demi sedikit lalu aduk sampai rata.
2. Tuangkan dalam cetakan hingga 3/4 cetakan, kukus selama 15 menit sampai matang.
3. Adonan 2: siapkan tepung beras yang telah diseduh, campur dengan santan, garam, lalu saring. Tambahkan keju, aduk rata.
4. Tuangkan adonan 2 di atas adonan 1, kukus lagi selama 10 menit sampai matang.

Untuk: 8 buah

*****

TALAM DURIAN

BAHAN 1:
4 buah roti tawar, sisihkan kulitnya
150 gr daging durian
120 gr gula merah sisir
1/4 sdt garam
2 sdm tepung sagu
2 sdm tepung beras
200 cc santan kental

BAHAN 2:
75 gr tepung beras
50 gr tepung sagu
400 cc santan kental
1/2 sdt garam
1/4 sdt vanili

CARA MEMBUAT:
1. Adonan 1: campur roti tawar dengan santan dan daging durian, lalu haluskan.
2. Tambahkan gula merah, garam, tepung sagu, dan tepung beras, aduk sampai rata.
3. Siapkan cetakan talam, tuangkan adonan 1 sampai 3/4 cetakan. Kukus selama 20 menit sampai matang.
4. Adonan 2: campur semua bahan 2, aduk sampai rata, lalu saring.
5. Tuangkan adonan 2 di atas adonan 1 sampai penuh, kukus lagi selama 10 menit sampai lapisan atas matang, angkat, dinginkan.

Untuk: 10 buah

*****

TALAM DAGING EBI

BAHAN 1:
250 gr tepung beras
300 cc air mendidih
75 gr tepung sagu
50 gr gula pasir
400 cc santan kental matang
1 sdt garam

BAHAN 2:
75 gr tepung beras yang sudah diseduh (yang diambil dari tepung beras adonan I)
75 gr sagu
300 cc santan kental, yang telah direbus
garam secukupnya

TABURAN:
3 butir bawang merah, iris halus, goreng
2 siung bawang putih, iris halus, goreng
100 gr daging cincang
2 sdm ebi, cuci bersih, haluskan, sangrai.
garam secukupnya
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm minyak goreng

CARA MEMBUAT:
1. Adonan 1: campur tepung beras dengan air mendidih, aduk rata sampai kalis. Ambil 75 gr untuk adonan 2, sisihkan.
2. Campur tepung beras yang telah diseduh air panas dengan tepung sagu, santan kental, merica bubuk, dan garam, aduk rata sampai kalis, saring.
3. Siapkan cetakan oval diameter 8 cm. Tuangkan adonan 3/4 cetakan, kukus selama 20 menit sampai matang, angkat, dinginkan.
5. Adonan 2: campur 75 gr tepung beras yang telah diseduh dengan tepung sagu, santan kental, dan garam, aduk rata, saring. Tuangkan di atas adonan 1, kukus lagi selama 10 menit, angkat.
6. Panaskan 1 sdm minyak goreng, masak daging, merica bubuk, garam, dan bawang goreng sampai kering. Tambahkan dengan ebi sangrai, aduk rata, angkat.

Untuk: 8 buah

*****

TALAM NANGKA

Sumber: Mama Gaby

Bahan :
Tepung beras 150 gram
Gula pasir 50 gram
Santan 300 ml dari 1/2 butir kelapa
Garam 1/2 sendok teh
Air suji 50 ml dari 5 lembar pandan
Daun suji 10 lembar, tumbuk, peras

Bahan Lapisan Santan :
Santan 300 ml dari 1/2 butir kelapa
Tepung beras 20 gram
Garam 1/2 sendok teh
Buah Nangka matang 50 gram, potong-potong

Cara Membuat :
1. Siapkan cetakan, oles dengan minyak sayur, masukkan dalam kukusan. Jerang di api sedang, biarkan hingga mendidih.
2. Campur tepung beras, gula, santan, garam dan air suji, aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang, kukus hingga matang ± 20 menit.
3. Lapisan Santan : Sambil menunggu, kecuali nangka, campur semua bahan untuk lapisan santan. Aduk dan masak di atas api kecil hingga mengental, angkat. Tuang ke atas lapisan hijau, taburkan potongan nangka. Kukus kembali hingga matang seluruhnya ± 45 menit. Angkat, dinginkan.

Untuk 20 Potong

*****

Tips Kue Talam

About these ads

29 Responses so far »

  1. 1

    liza said,

    halo.. salam kenal ya.. mau nyontek resep talam pandannya ya.. trims..

  2. 2

    yuyun said,

    i must try this recipes
    Thank u
    Mak Nyuuuuuuuusssssssss

  3. 3

    imas said,

    thanks yaa resep talam ebinya entar mau di cobain …..

  4. 4

    kusnul said,

    wa………….hhhhhhhh aku sudah coba lho makasih resepnya

  5. 5

    anisa said,

    makasih resepnya ikutan nyontek ya

  6. 6

    tyas said,

    salam kenal…
    resepnya ta’coba ya… thanks

  7. 7

    inonk tanjung said,

    halo, salam kenal ya,,,,
    minggu ini rencana pengin nyoba nih kue talam ketannya kyknya uenak tuh,,,
    boleh nyoba resepnya khan…..trims yach -:)

  8. 8

    Nieke said,

    Saya udah coba yg talam ubi. Ya ampun.. itu ukuran garam utk lapisan atasnya salah kali ya.. Saya ikutin resep (1 sendok makan), asinnya gak kira2!! Menurut saya lapisan ubinya jg kurang manis. Mungkin ini soal selera aja kali ya.. tapi overall, texture dan penampilan sudah bagus.

  9. 9

    indri said,

    resep talam singkong koq ga ada???

  10. 10

    aris said,

    HHhhemmmmmmmmmmmmmm merci pour recep kue talam nya.

  11. 11

    danik said,

    mksh ya resep kue talam ny,…gw pngen nyoba yg talam pandan mantap x ya?….

  12. 12

    nani desyani said,

    trims….resep2nya bagus2 d sangat bermanfaat bt kita2 yg suka masak kue

  13. 13

    chaN2 said,

    minta resepnya ya, untuk tugas kewirausahaan..^^

  14. 14

    lyn said,

    mo coba nich resep talamnya,boleh kan.

  15. 15

    sri emiati said,

    mau coba resepnya boleh kan??

  16. 16

    Eti said,

    Kasi resep talam singkongnya dong.

  17. 17

    nora said,

    salam kenal…kmrn saya cba resepnya nie…tp kenapa yah saya coba buat talam pandan tapi kok hasilnya bantat yah…salahnya dmn yah…thx…

  18. 18

    Rei Cristian said,

    Minta resepnxa kacang telur yg enak donk…?

  19. 19

    umaz said,

    ijin copas,,jazakillah khair

  20. 20

    lidya said,

    kue talam ebinya mana???

  21. 21

    saroh said,

    bismillah

    saya copy resep anda ,kalau g boleh kasih tahu ya!.nanti saya hapus lagi aja kalau g boleh

  22. 22

    usub said,

    Saya dulu waktu masih kecil sring di buatkan kue “Koci Masin” sama ibu di Palembang. Kira2 sama nggak dengan kue Talam ebi ini ya….
    please info…

  23. 23

    tecrimakasih ya..resepnya sangat membantu…

  24. 24

    wiji said,

    kalo resep talam ketan lapis pandan, adonan lapis pandannya di ganti tepung hungkue bisa ngga?kalo bisa gimana resepnya?

  25. 26

    herlina said,

    nyam…..nyam…… enaknya…..
    tuk bekal sekolah juga lumayan……………….

  26. 27

    resniagustini said,

    hmm enak loh saya sdh coba talam hijaunya lembut sekali

  27. 28

    postingan yang bagus bisa memberikan referensi,
    jika sempat mampir dulu ke blog saya
    http://merdeka.blog.stisitelkom.ac.id/

    terimakasih

  28. 29

    adel said,

    trims atas resep nya..


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 100 other followers

%d bloggers like this: