Sambal Kacang Siomay/Batagor

Versi I

Sumber: Ema Isti

Bahan :
½ kg kacang tanah goreng, haluskan
1 ons cabe, haluskan
1 buah kentang atau ubi
4 bh bawang putih
¼ kg gula merah
100 ml saus tomat
garam secukupnya
cuka secukupnya
1500 ml air

Cara Membuat :
1. Campur kacang tanah, cabe dan bw putih yg telah dihaluskan, masak dengan air hingga mendidih, kecilkan api.
2. Tambahkan gula merah dan ubi rebus yang telah dihaluskan, tambahkan garam dan saus tomat.
3. Masak terus hingga kental dan keluar minyaknya.
4. Tambahkan cuka, atau garam jika kurang.
5. Angkat, saus kacang siap digunakan.


*****

Versi II

Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan:
500 gr kacang tanah, goreng, giling halus.
200 gr cabe merah
3 bh bawang putih
2 sdm cuka
2 sdm garam
8 sdm gula pasir
minyak sayur secukupnya.
500 gr ubi merah, matang
1,5 ltr air matang

Cara membuatnya:
– blender ubi merah dan air hingga halus, sisihkan.
– Haluskan cabe merah dan bawang putih.
– Panaskan minyak sayur, tumis cabe dan bawang putih halus, biarkan hingga wangi, masukkan kacang tanah halus dan ubi halus, aduk rata. Biarkan hingga mendidih.
– Matikan api, tambahkan garam, cuka dan gula. Lakukan tes cicip, bila sudah pas. Siap disajikan.

*****

Versi III

Sumber: Inong Haris
Bahan:
250 gr Kacang tanah digoreng
3 siung Bawang putih digoreng
4 buah Cabe merah dibuang bijinya digoreng
1 sdm Gula pasir
1/2 sdt Garam
400 ml Air matang
Kecap manis dan jeruk limo secukupnya.

Cara Membuat:
Haluskan semua bahan dengan diulek atau dibleder hingga halus kecuali kecap manis dan jeruk limo.

*****

Versi IV

Sumber: Sedap Sekejap

Bahan:
300 gram kacang tanah, gorenghingga kuning kecokelatan
1 sdt air jeruk limau
3 buah cabai merah
2 sdm saus tomat
1/2 sdm kecap manis
350 cc air
2 sdm gula merah
2 sdt garam

Cara Membuat:
Haluskan cabai merah, kacang tanah, sisihkan. Campur dengan air jeruk, saus tomat, kecap manis, gula merah, garam, dan air, masak hingga air berkurang dan sedikit berminyak.

*****

Versi V

Sumber: Primarasa

Bahan:
100 gr kacang tanah, sangria, kupas, haluskan
1 sdt garam
2 sdm gula pasir
2 – 3 sdm air
2 sdm saus cabai
2 sdm nanas parut
½ sdt cuka (bila perlu)

Cara Membuat:

Campur kacang halus, garam dan gula pasir. Tambahkan airs, saus cabai dan nanas parut, aduk rata. Bila perlu tambahkan cuka.

*****

Versi VI

Sumber: Tabloid Nova

Bahan:
250 gr kacang tanah, haluskan
6 buah cabai merah, haluskan
1/2 sdt garam
2 sdm gula pasir
3 sdm air jeruk limau
450 ml air

Cara Membuat:
Satukan kacang tanah, cabai merah, garam, gula pasir, air jeruk limau, cairkan dengan air, masak sambil diaduk hingga matang. Angkat.

*****

Versi VII

Sumber: Agnes Tri Harjaningrum

100 gr cabe rawit/merah + 1,5 sdt garam + 1/2 atau 1
sdt vetcin/bumbu masak + gula 4 sdm.

Semua diuleg lemes/blender lalu digoreng sampai
matang, baru masukan kacang suuk 250 gr yang telah
digoreng ditumbuk. Kkemudian beri air 450 cc, setelah
agak asat angkat. Bila mau dimakan tambahkan kecap dan
jeruk limo…

About these ads

45 Responses so far »

  1. 1

    [...] penyajian: – Sambal siomay – Jeruk limau – Kecap manis – Saos [...]

  2. 2

    robby said,

    sambal ubinya dong ……. !

  3. 3

    ardianpurnama28 said,

    good ressep

  4. 4

    dian said,

    Baru tahu kalo bikin saus kacang ada macam-macam versi. salut buat yang ngumpulin heheheh … :)

  5. 5

    Sulan said,

    Kl g pk ubi enk g y?ngmg2 thn brp lm sh?

  6. 6

    [...] Sambal kacang, kecap manis, saus cabai, jeruk [...]

  7. 7

    Ini dia resep dari berbagai versi. Salut. Bisa untuk referensi.

  8. 8

    jupri said,

    banyak amat..
    tapi thenks ya..
    supaya bisa bikin formulasi baru juga..

  9. 9

    abi salma said,

    aku bikin bakso sapi tapi gagal tidak sekenyal yang aku inginkan, rasanya sih enak soalnya campuran 1 kg daging has + 3 ons sagu jadinya benyek, aku kecewa buanget, akhirnya aku cari resep bumbu siomay, tambahin pare, kentang, kol dkk … makasih ya resep bumbu siomaynya……

  10. 10

    kisman said,

    kalo dicampur pepaya bisa juga gak, untuk dijual

  11. 11

    Ninik said,

    Makasih banget resepnya, ad banyak versi jd bisa disesuaikan sama isi kulkas, hehe….

  12. 12

    widya said,

    Dari sekian resep ini yg paling enak yg mana ya pak?? :D

  13. 13

    [...] mau gaya lokal, siomay di sajikan dengan bumbu kacang. kalau mau gaya chinese, pakai sambal [...]

  14. 14

    [...] mau gaya lokal, siomay di sajikan dengan bumbu kacang. kalau mau gaya chinese, pakai sambal [...]

  15. 15

    putri said,

    banyak banget versinya. ada rekomendasi yg enak n gampang dibuat yang mana yah?

  16. 16

    [...] keluarkan sedikit isinya. – Isikan adonan siomay, goreng hingga matang. Pelengkap penyajian: – Sambal siomay – Jeruk limau – Kecap manis – Saos [...]

  17. 18

    ari_raharjoe said,

    Saya mau tanya, bagaimana caranya supaya daun jeruk bisa keluar kuat arma jeruknya nya pada sambal kacang siomay. Saya pernah coba bikin dengan cara ditumis dulu atau direbus dulu pada proses pembuatan sambalnya. Tetapi aroma jeruk yang keluar, kurang kuat…thaks bgt ya. Ku tunggu jawabannya.e-mailku ari_raharjoe@yahoo.com.

  18. 20

    reitta said,

    ressep,naa krenn abizzzzzzz

  19. 21

    riastut said,

    kalau masakan yg pakai vetsin / bumbu penyedap ga banget, malah jd gak sehat kebanyakan zat kimia…

  20. 24

    issan said,

    thks y… mau cb peuntngn jual somai, jd cri2 bhn sxli lg mkhsi bgt wt info_y……..
    :-)

  21. 25

    ade wiji said,

    asik neh versinya macem2:)

  22. 26

    bali said,

    Mesti pake ebi ya?

  23. 28

    fenie said,

    kalau mau pakai daun itu diblender jadi satu sama bumbu atau bumbunya dulu baru masukin daun jeruk ya ….. mohon infonya ?????

  24. 29

    Eka Soraya said,

    tks banyak,
    smangad !!!
    insya Allah suatu saat akan kami gunakan resep2
    kuah kacangnya.
    salam.

  25. 30

    Desi said,

    Resep”y kreatif indo bgt lah sipp

  26. 31

    yudikuncoro said,

    Ngebet banget mo bikin siomay tapi bingung bikin bumbunya, akhirnya ketemu juga ijin untuk dishare ya

  27. 32

    Shofi said,

    Maaf mau tanya ,sambal somay itu bisa tahan brp hari mas?Trim

  28. 34

    dedy_dmi said,

    ternyta bnyk versi ya…. bisa dicoba…

  29. 35

    pulau tidung said,

    banyak versinya yak…. yang paling enak yang mana yak

  30. 36

    tidung said,

    keren resepnya oke punya

  31. 37

    Sambal kacang hmmmmm yummyy apa lagi pake somay bandung..

  32. 38

    widia said,

    Langsung di praktek’in :)

  33. 39

    Wah mbak ne kalo kebetulan main wisata ke pulau tidung disana ada juga sambal kacang tapi pake ikan bakar tambah mantep lhooo

    • 40

      ejatmiko said,

      yaaah telaaat. Baru agustus lalu kita ke tidung. tapi nggak tau ada sambal kacang pakai ikan bakar:( Terima kasih infonya ya, anyway

  34. 41

    Nie new etatea akh said,

    inspirasi buat buka usaha dirumah>>thanx

  35. 43

    Ira said,

    Oke jg bt dcoba bsk

  36. 45

    sam from holland said,

    mmm yang mana dulu ya resepnya??buat saos lontong n cilok enak juga nih


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 101 other followers

%d bloggers like this: