Serundeng Kelapa

Versi I 

Sumber: ???

Serundeng kelapa untuk taburan nasi ulam.

Bahan:
100 gr kelapa parut kering
3 lbr daun jeruk, iris2

Bumbu halus:
1-2 bh cabe merah
3 bawang putih
1 sdt ketumbar
1 sdt garam
2 sdt gula pasir
1 sdm ebi, sangrai

Cara mebuat:
Campur kelapa kering dengan bumbu halus dan daun jeruk.
Kemudian sangrai sampai matang dan cukup kering.
Taburkan di atas nasi.

*****

Versi II

Sumber: ???

BAHAN:
kelapa parut kering kira-kira 250 gr/ kalau basah 500 gram an, tapi berarti nggak perlu santan lagi
santan encer dua gelas (kalau pake santan bubuk 2 sdm kali)

BUMBU:
garam
gula jawa
asam jawa sedikit
lengkuas parut
salam
serai
ketumbar 1/2 sdm
bawang merah putih
cabe bubuk (kalau mau agak pedas)

CARA MEMBUAT:
bawang merah putih dihaluskan bersama ketumbar, tumis sampai harum
masukkan santan, garam, gula, asem, salam,serai, lengkuas, tunggu sampai mendidih
masukkan kelapa parut
aduk terus sampai kering

tips: aduk pas hampir kering aja, biar nggak pegel, tapi pas mendekati kering harus bener-bener ngaduknya biar nggak gosong, kalau cape mending matiin aja dulu apinya.pilih kelapa parutnya yang kecil-kecil.

variasi: dendeng bisa ditemenin ama kerang, enak lho, sebelum masukin kelapanya masukin dulu kerang, setelah matang baru kelapanya.bisa juga ditambah daging sapi, jadi dendeng ragi deh. kalau aku sih bikin biasanya misah dendeng duluan, jika masih bertenaga baru bikin serundengnya

About these ads

16 Responses so far »

  1. 1

    hippy said,

    Resepnya TOP ! makasih banget aku buat hasilnya enak sekaliiiiii
    Makasih ya .

  2. 2

    Wenny said,

    hiks..hiks…gatot…gosong kelapanya….!!!

  3. 3

    amell said,

    makasih yaa resepnyaa :D
    jadi tugas sekolah aku selesei (TPM)
    smoga hasilnyaa engga gagal . hehe

  4. 4

    RATNA said,

    wah yang enak versi 1 ato 2 ni?

  5. 5

    ci eneng indry said,

    perlu dicoba…… ;D

  6. 6

    Ida Musliah said,

    let me try….., hehehe,

  7. 7

    yaya said,

    kebetulan ada pesenan serundeng nich.. aku coba resep versi ke 2 tapi aku tambahin ebi waaaah enaaaak euy.. uda cape ngaduknya? kalau uda rada2 kering coba aja msukin di oven pake loyang utk kue kering tapi harus sering di lihat dan di aduk tiap 5 menit pasti warnanya cantik dan garing.. makasih resepnya

  8. 9

    Purwandari said,

    EnAk tenan

  9. 10

    kusuma Anakori Zubir said,

    coba ah…… bisa juga untuk usaha di campur nasi timbel…….

  10. 11

    arthiah said,

    my hubby suka bget ni<..coba ah……

  11. 12

    putri said,

    Makasih yaaaaa, enyaaakkkkkk. N gampang banget bikinnya. ^_^

  12. 13

    naori said,

    kira2 resep 1 tahan berapa hari yak?? mau dkirim overseas nih. thanks^_^

  13. 14

    rynoo said,

    mantap coy..
    gw udh coba campur sma ikan asin teri+kacang..
    lebih berrrrasssaaa lg..
    gk percaya???
    cobain !!

  14. 15

    Iooji said,

    Maaf blh nanya engage,,,,,apa sih ebi?


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 99 other followers

%d bloggers like this: