Siomay

Versi I

Sumber:
Fatmah Bahalwan

Bahan:
500 gr daging ikan tengiri, haluskan
2 sdm bawang merah halus
1 sdm bawang putih halus
2 sdt lada halus
1 sdt chicken powder
3 sdm gula pasir
3 sdt garam
1 sdm minyak wijen
3 btr telur
400 gr labu siam, parut kasar, tiriskan
450 gr sagu tani

Cara membuatnya :
- aduk daging ikan halus dengan bumbu-bumbu halus, tuang telur, aduk rata.
- Tambahkan labu siam, aduk rata, lalu tuangkan tepung sagu, aduk rata lagi, sisihkan.
- Ambil satu lembar kulit siomay, isi dengan adonan ikan, lipat ketas, rapikan bentuk wiron. Taruh diatas loyang yg sudah dipoles minyak, kukus 20 menit.
- Rebus kentang ½ matang, kupas kulitnya, belah dua. Kerat-kerat bagian yg rata, beri adonan ikan. Kukus
- Potong pare, buang bijinya, isi dengan adonan ikan. Kukus 30 menit.
- Potong kotak tahu, goreng sebentar, kerat-kerat dengan gapru salah satu sisinya, tempelkan adonan ikan. Kukus 30 menit.
- Telur rebus belas dua, tempeli dengan adonan ikan. Kukus.

Pelengkap penyajian:
- Sambal siomay
- Jeruk limau
- Kecap manis
- Saos tomat.

*****

Versi II

Sumber: Inong Haris

Bahan:
500 gr Daging ikan tengiri dihaluskan
100 gr Tepung sagu
1 sdt Air jahe
1/2 sdt Lada bubuk
1/2 sdt Gula halus
1 sdt Minyak wijen jika suka
1 sdm Ebi direndam (agar mudah lunak)
Garam secukupnya.

Cara Membuat:
Campur semua bahan, aduk hingga rata dan kalis, balutkan pada tahu dan telur rebus sisanya bulatkan sesuai selera.
Kukus siomay di dalam kukusan hingga matang, jika suka tambahkan kol yang digulung dan pare(dapat diisi dengan siomay)

Cara menghidangkan:
Ambil siomai yang telah matang dari dalam kukusan (kondisi masih panas), potong sesui selera.
Siram siomai dengan sambal kacang, beri kecap manis dan air jeruk limo (kulit jeruk dapat dimasukkan ke dalam siomay, agar aroma lebih harum).
Siomay pun siap dihidangkan.

*****

Versi III

Sumber:
Sedap Sekejap

Bahan :
10 lembar kulit pangsit
350 gram ikan tenggiri cincang
30 gram tepung kanji
1 butir putih telur
100 gram udang cincang
1 buah tahu cina, potong segitiga menjadi empat bagian
3 buah pare, potong bulat, buang isinya.
6 lembar kol, kukus hingga matang
1 batang daun seledri, rajang halus
6 buah kentang ukuran sedang, kupas, kukus hingga matang dan bagi 4 bagian.

Bumbu halus :

5 siung bawang putih
1 1/2 sdt merica
1/2 sdt gula pasir
2 1/2 sdt garam

Cara membuat :
1.Buat adonan siomay : campur ikan tenggiri, udang, tepung kanji, putih telur, bumbu halus, aduk hingga rata. ambil 1 lembar kulit pangsit isi dengan 1/2 sdm adonan siomay masukkan dalam cetakan kue mangkuk, biarkan bagian atasnya terbuka, sisihkan.
2.Siapkan pare, isi dengan adonan, sisihkan. Ambil 1 buah tahu, lubangi tengahnya lalu isi dengan adonan.
3.Siapkan panci pengukus, kukus semua siomay, tahu, pare hingga matang
4.Ambil 1 lembar kol, lipat kemudian gulung, sisihkan.
5. Hidangkan siomay dengan saus kacang.

*****

Versi IV

Sumber: Agnes Tri Harjaningrum

Bahan:
2 ons daging ayam dicincang
1 ons udang dicincang
2 ons ikan tuna/tenggiri dihaluskan
1 ons tepung tapioka/aci
2 sendok makan ebi digoreng dan diuleg lemes.

Bumbu halus :
4 bawang putih
4 bawang merah
1 sdt merica
1/2 sampai 1 sdtbumbu masak/vetsin/royco
1 sdt gula
1 sdt garam
5 sdm kecap ikan

Cara Membuat:
- Semua daging dan bumbu diuleg/blender/mixer, lalu diulet pake tangan.
- Tambahkan air biasa 150 cc boleh ditambah lagi max 50 cc, disesuaikan, pokoknya tidak terlalu cair, juga tidak terlalu keras.
- Setelah semua tercampur, harus langsung dibentuk.
- Kalo pake tahu jangan lupa tahunya rendam pake air garam dulu
- Setelah itu, kukuslah kurang lebih setengah jam…
- Hidangkan dengan sambalnya

*****

Versi V

SIOMAY plus SABU

Original Recipe : Ine <inedw@…>

Ini siomay hasil adaptasi dari sana sini, udah di coba saat liburan kemarin, hasilnya enak. Jangan dipikir karena di ganjal SaBu (SAwi putih dan laBU) maka akan mengurangi cita rasa, hohoho…ini justru membuat siomay tidak terlalu kenyal, malah bertektur unik dan lebih bergizi. Buat lauk di sajikan bersama lauk lain, oke juga. buat di makan gitu saja laksana dim sum, ya gak dilarang:-)

Kalau mau gaya lokal, siomay di sajikan dengan bumbu kacang. kalau mau gaya chinese, pakai sambal botolan.

Bahan :
200 gr daging ayam giling
50 gr udang kupas, haluskan
50 gr daging tengiri, haluskan
30 gr sagu tani (lebih kurang ya, tergantung suasana bahan :-)) masukkan yang terakhir saja, kalau berasa terlalu lembek, tambahkan sedikit sedikit lagi.
30 cc telur putih
3 lembar sawi putih, iris halus
1/4 buah labu siam, potong dadu halus 2X2 mm – kalau suka, bisa di ganti rebung – eh… ntar bukan sabu lagi namanya, tapi SARE :-)
2 sdm minyak wijen
1 sdm kecap asin
1 sdm kecap ikan
1 sdm angciu (optional)
2 sdm air jahe (dari 2 cm jahe di haluskan, tambah 1 sdm air, lalu di saring/peras)
1/4 sdt merica
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 buah wortel serut halus dengan parutan keju (kalau ada telur kepiting sih….enakan telur kepiting ya!)
lebih kurang 30 lembar kulit pangsit

Cara Membuat :
1.. Campur semua bahan, kecuali wortel serut dan kulit pangsit, aduk rata, isikan pada kulit pangsit, bentuk menjadi siomay. Atasnya di kasi sedikit wortel serut/telur kepiting. Tata di kukusan, beri jarak sekedarnya agar tidak saling lengket.
2.. Semprot dengan air sampai kulit siomay basah kuyup. Trick ini agar siomay lembab dan kulit nggak kuning kusam. jangan takut2 membasahi kulit siomay ya, hasilnya siomay akan cantik putih kayak pakai sabun Dove :-))
3.. Kukus selama 30 menit. Sajikan hangat.

*****

Versi VI

Siomay ikan wortel

Sumber : Koran Kompas

Bahan-Bahan :
200 gr daging ikan kakap
1 sdm tepung sagu
1/2 buah bawang bombay iris halus
75 gr wortel iris halus
2 buah cabai merah besar, buang bijinya, iris halus
2 sdm minyak makan
daun bawang secukupnya
garam dan lada secukupnya
kulit pangsit sebagai bungkus

Cara Mengolah :
1. Blender daging ikan, campur dengan telur, tepung sagu, wortel, bumbu-bumbu, minyak, garam dan lada, aduk hingga tercampur rata.
2. Ambil cetakan mangkuk kecil, masukkan kulit pangsit, isi dengan adonan ikan.
3. Kukus hingga matang, angkat.
4. Hidangkan dengan saus tomat.

About these ads

50 Responses so far »

  1. 1

    [...] Fatmah Bahalwan Bahan: 1 resep adonan siomay bandung. 10 buah tahu putih besar, potong dua bentuk segitiga. Cara membuat: – kerat sisi tahu dengan [...]

  2. 3

    Tetty said,

    Utk setiap resep, sebaiknya dicantumkan jumlah porsinya dan, boleh juga, biaya membuatnya. Jadi saat membuatnya, sdh bisa di reken. Hindari memakai bahan2 yg susah dicari atau yg asing ditelinga.

  3. 4

    mega said,

    ah, ini juga sudah terima kasih banyak. menolong sekali resepnya. Anak-anak pasti suka.

  4. 5

    elly said,

    makasih banyak buat resep2nya. betul2 sangat berguna…

  5. 6

    Ma'ruf said,

    akan saya coba, saya coba mo jualan..

  6. 7

    Dyan Sulistyani said,

    siomay makanan favorit saya….boleh dicoba tuh..kalo bisa kirim resep ke email saya..tq’s

  7. 8

    LuShi said,

    Yummmmyyyyyyyyyyyyyyyyyyy???????
    Wow…aQ sKa bgt aMa siomay ikan
    UuPs…
    peNgen Buatnya Ne…
    Moga-moGa BerHasiL yaCh……
    Amin………..

  8. 9

    ku said,

    Waduh….. buanyak bgt resepnya. kira2 yang mana yang uenak ya? ;-). btw, kalau selain pakai ikan tenggiri bisa ga?

  9. 10

    Zakiah Mohammad said,

    Iya saya juga mau coba untuk jualan, makasih!!!

  10. 11

    Lavida said,

    hi there..

    saya dari Malaysia.. sering ke bdg utk makan siomay! enak bgt!! jadi mau dicoba masak di sini.. jadi, yg mana paling enak? atau persis seperti di bandung? hehe.. maaf bahasa indo ku jelek! :P saya mau coba VERSI II, tp ga tau apaan minyak wijen, sama air jahe.. sama ebi? bisa explain? ma kasih!

  11. 13

    Lavida said,

    Makasihhh! Appreciate a lot.. Kalo di bandung itu VERSI yg mana kok? Rasanya sedikit garing.. kalo ga salah, somay di stim aja kan.. jadi gimana bisa garing? Pengen coba nih! hehehe..

  12. 15

    rudy said,

    Terimakasih ya
    Bisa tolong kirim resepnya ke email saya
    selain siomay mau juga donk resep2 yang lainnya
    BRGD

  13. 16

    Widiantoro said,

    Cara buat sambel kacangnya gimana ya. apa sama ma sambel pecel.

  14. 17

    ejatmiko said,

    Halo Widiantoro,
    untuk sambalnya silahkan meluncur ke sini ya…: http://bankresep.wordpress.com/2007/06/05/sambal-kacang-siomay/

  15. 18

    Nishinari said,

    Aku lagi belajar masak, dan sekarang tinggal di Thailand. Buku masak yang aku punya berbahasa Indonesia semua. Aku ingin coba masakan berbahan ikan. Ada yang bisa bantu kasih istilah jenis-jenis ikan dalam bahasa inggris? Misalanya kakap, tenggiri dll… thanks!

  16. 19

    ABU FAIZ NANANG ISKANDAR said,

    TERIMA KASIH ATAS RESEP-RESEP YANG DIBERIKAN SEMOGA INI MENJADI LADANG AMAL

  17. 20

    finasantoso said,

    mbak… itu resep siomay kan banyak versi y … aku jg prnh lht versi2 yg lain. pernah coba bbrp resep tsb … tp hampir frustrasi nih… blm ketemu dimana salahnya, knapa siomay buatanku slalu cenderung lembek & agak sepa y …
    aku mimpi bisa bikin siomay yg kenyal, gak lembek, tapi juga ga keras.
    pokoknya yg enak spt yg dijual orang.
    kalo mnrt mbak sendiri, di antara bnyk versi resep itu, mana yg hasilnya paling ok mbak ? Knapa ya, ada resep yg bahannya ditambahin air ada yg ngga.
    ada yg pake telur ada yg ngga. ada yg sagunya banyak, ada yg sedikit.
    aku bingung perbedaan2 bahan tsb, akan kasih efek beda dimana ??
    Mohon petunjuk dong mbak., maklum masih awam banget nih, Tks

    • 21

      ejatmiko said,

      Hai Fina,
      resep2 di atas tidak ada yang pakai air. Cairannya ‘hanya’ tersumbang dari telur (putih doang maupun utuh) dan kecap2an.
      Prinsip resep memang adalah perbandingan yang pas antara bahan cair dan keringnya. Kalau terlalu banyak bahan cair jadi lembek, dan sebaliknya. Jadi kudu pas. Untuk tahap awal, baiknya Fina punya resep yang sudah terbukti enak. Misalnya, Fina pernah mencicipi di rumah teman, lalu minta resepnya. Lalu ikuti persis plek resep itu. Biasanya nanti dapat ‘feeling’nya, berapa perbandingan bahan cair dan keringnya.
      Aku sendiri nggak pernah pakai resep kalau bikin siomay. Biasanya gini: aku giling ikan (dan atau udang dan ayam) nya. Lalu kutambahkan telur atau putih telur dan kecap-kecapan kalau lagi mau. Kasih bumbu bawang putih, garam, gula, merica, dll sesuai resep. Campur jadi satu dulu. Baru masukkan tepung, sedikit demi sedikit. Uleni. Lalu lihat konsistensinya. Kalau kira-kira udah enak dipulung, ambil sedikit adonan, bulatkan, rebus. Setelah matang, angkat, cicip. Dari situ bisa ngira-ngira kurang apa nih? Kalau terlalu keras tambahin sedikit cairan (misal: air), kalau terlalu lembek, tambah tepung. Nambahnya sedikit2. Soal rasa lebih gampang karena nggak mempengaruhi konsistensi adonan. Jadi tinggal tambah garam, gula, dkk nya itu. Terus coba lagi rebus sedikit. begitu seterusnya. Awal2 bisa jadi harus melalukan langkah ini beberapa kali. Tapi biasanya di kesempatan berikutnya udah dapat ‘feelingnya’. Ya namanya belajar kan? Semoga nemu trik bikin siomay yang pas untuk Fina ya….:-)

  18. 22

    ovie said,

    cha, nu ngeunah nu mana?

  19. 23

    [...] Fatmah Bahalwan Bahan: 1 resep adonan siomay bandung. 10 buah tahu putih besar, potong dua bentuk segitiga. Cara membuat: – kerat sisi tahu dengan [...]

  20. 24

    hesti rahayu said,

    aq jg mo coba karan mo coba jualan batagor…mudah mudahan tidak gagalll…

  21. 25

    margaretha said,

    resep siomay sudah ku coba, enk jugaaaaaaaaa…………..

  22. 26

    jumix said,

    q pernah bkin siomay,sewaktu panas emang enak bgt,,
    Tp knp ketika sudah dingin jadi kurang terasa y??
    Trus siomaynya jd agak keras gitu,,
    Apakah siomay slalu harus d’panaskan agar selalu hangat??
    Tlg dijelskan y??
    Makasih

  23. 28

    Wah lengkap sampai ada beberapa versi, trims ya.. bisa dicoba nih…:)

  24. 29

    tri said,

    thx versinya banyak bgt…aku pernah coba yg pake labu siam aroma labunya terasa banget…tolonk donk bagaimana caranya agar aroma labu siam tdk tlalu terasa dan somay saya agak ngeres krn ikan tenggirinya padahal saya sudah hancurkan…mohon tipsnya sampai sekarang sya masih takut klo bikin lagi takut gagal ….

  25. 30

    sandy putra petir said,

    wahhhh saya harus kasih tau ini resep ke bapa saya,,,

    siapa tau jualan nya makin lancarrr,,,

  26. 31

    ichie said,

    wa…sangant membantu ni, saya mau arisan minggu depan. Semoga siomay saya berhasil. Thx y resepnya sist, bagi2 kalau ada resep lain y
    thx

  27. 32

    novie said,

    terimakasih resepnya. Mau aku coba….

  28. 33

    Briptu Jono said,

    gmn cara’a bikinj siomey gak pakai tengiri

  29. 35

    hendra said,

    terima kasih resepnya
    aku mau tanya knp waktu dikukus siomaynya jadi gepeng, padahal sebelumnya bulat dan keras
    tolong masukannya

  30. 36

    abitito said,

    waduh uenak buanget nich kayaknye?
    mau ah bikin

  31. 37

    emputong bajil said,

    trimakasih semua bibbingan nya semoga bermanfaat tuk semua orang,semoga u medapat blsn yg agung dari nya.

  32. 38

    hindayati indah said,

    siip mau coba ah yg pake tenggiri aja, mirip 2 adonan tek wan ya

  33. 39

    carpet said,

    kalo ga pakre bumbu kacang bisa ?

  34. 40

    bunda nita said,

    Salam kenal mba. Resepnya boleh aku coba ya mbak bwt anak-anak. Mudah2an berhasil. Tks.

  35. 41

    vierni said,

    mba aku ingin sekali jadi penjual shomay dimsum ,kalau utk kulitnya bagaimana caranya ya apa bisa beri saya resepnya

  36. 43

    shofishofi said,

    berguna banget nehh.. makasih infonya :)

  37. 44

    shofishofi said,

    thanks infonya

  38. 45

    dana said,

    ini nih yang sedang dicari2…… mkasih ilmunya bankresep,,,,,,,, maju terus…..

  39. 46

    trima kasih resepnya….apkah tepungnya harus tepung sagu atau kanji…klu pakai tepung terigu bisa gak,,???atau mungkin tepung terigu akan menghasilkan siomay yg gak kenyal….mohon sarannya,..maklum aku awam banget,,padahal aku pecinta siomay…makasih…

  40. 48

    Bandung said,

    Kalau cara membuat bumbu kacang yg lezat bagaimana..padahal itu pendukung pokok..?!

  41. 49

    Indra said,

    mengganti ikan dengan ikan marlin, enak loh

  42. 50

    […] Siomay | bank resep keluarga jatmiko […]


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 100 other followers

%d bloggers like this: