Mie Godog/Bakmi Godog/Mie Rebus/Bakmi Rebus (Jawa)

Versi I

Sumber: Primarasa

Bahan:
400 gr mie basah
200 gr kol
2 bh tomat
3 btg daun bawang
2 btg daun seledri
400 gr ayam goreng
4 sdm minyak goreng
1,5ltr kaldu ayam kampung (dari ayam rebus sebelum digoreng).
2 btr telur, kocok lepas
2 sdm kecap manis
2 sdm bawang goreng

Pelengkap:
acar mentah
emping goreng

Bumbu halus:
4 bh bawang putih
6 btr bawang merah
4 btr kemiri
1 sdt merica
3 sdt garam

Cara membuat:

  • siram mie dengan air hangat, tiriskan. Iris kol ukuran 1 cm. belah-belah tomat, iris-iris daun bawang 1 cm, iris halus seledri, suwir-suwir daging ayam buang tulangnya, sisihkan.
  • Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus sampai harum, tuangi kaldu. Setelah kaldu mendidh tuangi telur kocok sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan sampai telur matang dan bergumpal kecil-kecil, masukkan kecap manis dan ayam suwir, lalu didihkan kembali.
  • Masukkan kol, tomat dan daun bawang, masak sampai sayuran agak layu, tambahkan mie dan seledri, aduk sebentar, angkat.
  • Taruh mi rebus kedalam piring saji, taburi bawang goreng. Hidangkan selagi panas dengan pelengkap acar dan emping goreng.

*****

Versi II 

Sumber: ????

Bahan:
Mie basah siap pakai
1/2 ekor ayam
Kol, potong kasar
4 bh tomat, iris kasar
3 bh telur rebus, belah 2
3 btg daun bawang, iris halus
2 btg seledri iris halus
2 sdm kecap manis
1 1/2 ltr air

Bumbu halus:
5 bawang putih
5 kemiri, sangrai
1/2 sdt merica
garam

Pelengkap:
Bawang merah goreng
Sambal cabe rawit

Cara membuat:

  • Rendam ayam dalam air jeruk lemon sekitar 15 menit, kemudian cuci, tiriskan.
  • Rebus ayam dengan api kecil hingga cukup empuk. Angkat ayam, goreng hingga kecoklatan, kemudian suwir-suwir.
  • Tumis bumbu halus hingga harum, kemudian masukkan ke dalam kaldu.
  • Tambahkan kecap manis dan ayam suwir. Didihkan.
  • Masukkan tomat dan kol, masak hingga cukup layu.
  • Terakhir masukkan mie, daun bawang dan seledri.
  • Angkat. Sajikan segera bersama bahan pelengkap lainnya.
About these ads

34 Responses so far »

  1. 1

    bungawadas said,

    ternyata bknnya gampang ya maksih yaaa

  2. 2

    mustika said,

    ak penggemar berat mie,tapii…ak sama sekali gak tahu bikinnya :(..smoga bisa bikin deh pakek resepnya keluarga jatmiko..matur suwun..

  3. 3

    prasetyo said,

    rasanya mengguncang dunia gak nehhh???????????

  4. 4

    very said,

    nyam-nyam enak juga ya perlu dipraktekkan ni…sruppp, tnx info nya

  5. 5

    Joe said,

    Wah mw coba akh…
    Mie rebus…
    mudah2an wenak…

  6. 6

    nu2k said,

    Thanks berats resepnya…….sedap & mantap…

  7. 7

    atin said,

    thanks resepnya, saya penggemar mie…. patut dicoba nih yumiie deh…

  8. 8

    hermawan said,

    wah ini dia yg saya cari… kayaknya ma nyus.. thanks resepnya

  9. 9

    eko.riyanto said,

    mak yuss…

  10. 10

    hafidz khoironi said,

    penantian yang panjang tentang mi jawa terjawab sudah

  11. 11

    anex said,

    matur suwun tas info nya“`q gyi pingin mie rebuss jawa`pasti enak nich“`nyam`nyam

  12. 12

    arlin said,

    sedaaap kayaknya,, gampang lagi bikinny, coba ahK,,, thnks iia

  13. 13

    wira said,

    Terima kasih resepnya ….
    saya udah coba barusan … mantab, meskipun belum semantab abang abang yang lewat (kalah pengalaman) … tapi cukup bikin hangat di malam yg dingin ini … hayah …

    matur nuwun

  14. 14

    Kel Agus hadi said,

    Saya kalo udah 3 hari nga makan mie, kok yang lainnya nga mantap.
    jadi inilah resep mie jawa yang dicari cari. Moga aja masaknya bisa pake arang.
    Matur nuwun.

  15. 15

    neno said,

    thanks ya buat jatmiko’s family, aq penggemar bakmi godog ni n’ aq pingin bgt segera mencoba resep ini. doa’in berhasil yaaaaaaa

  16. 16

    Ricko EMO PUNK said,

    Tq. . . . .buatt resep’na…!!!!!~_~

  17. 17

    darwin alwi said,

    Makasih resepnya akan kami coba.

  18. 18

    bamb said,

    mie jawanya memang uenak tenan!!!

  19. 19

    Ria Victory said,

    Kayaknya enak nih, jadi pengen coba.. Agak mirip mie ayam ya..? Kalo ayamnya diganti daging, bisa nggak??

  20. 20

    yudieee said,

    dah dicoba resepnya sama istriku,uenak juga yo.he..

  21. 21

    Tks y buat resepnya, sy baru aja beli mie godok di bang Paul. Pikir-pikir pengen juga bisa masak mie godok sendiri. Besok insyaa Allah sy coba resepnya. ^_^

  22. 22

    Mbah MO - mbantul said,

    sebenarnya sih resepnya ada yg kurang…….

  23. 24

    lukito said,

    makasih resepnya………………….!!!!!!!!!!! ntar tak coba buat

  24. 25

    uu kusnadi said,

    mie godog jawa emang ajiiiiib, buruan bikin,biar ga nyesel,

  25. 26

    ibunda kiky said,

    mau coba ah…tapi cuma ada mie telor kering di rumah…semoga aja mak nyus,anak dan suami doyan..
    makasih..

  26. 27

    agung said,

    puasa-puasa bikin ngiler aja nih….

  27. 28

    khansa said,

    aku pengemar berat bakmi jawa apa lagi bakmi goreng ilike this :)

  28. 29

    nani nasrul said,

    Perlu dicoba masakannya pasti top markotop

  29. 30

    ApRiL said,

    oh. . . . .gtu ya cra bwt mie kuah,,,
    ntar aq cobain dech resep’a.
    thank you. . . .

  30. 31

    hadipran said,

    mantapz…nyoba ah….

  31. 32

    bagus said,

    biar mantap tambah jahe di iris2 gan potongan pala…

    daun bawang tambahkan stlh matang…

    ..

  32. 33

    makasih infonya gan,nie bisa jadi menu masakan yang tidak perlu dikhawatirkan

  33. 34

    Yuni Debyatman said,

    Enak bianget hasil nya, dah nyoba resep yg pertama


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 96 other followers

%d bloggers like this: