MIE YAMIN

Versi I

Sumber: Susan

Bahan-bahan:
100 gr jamur merang, dipotong menurut selera (mau dibelah 2, belah 4 atau diiris tipis)
250 gr fillet ayam dipotong menurut selera
Bawang putih dicincang
Jahe seruas jari digeprek
kecap ikan
1 sdm minyak wijen
Kecap asin
1 sdt merica
Minyak sayur untuk menumis
Kecap manis secukupnya
Air untuk merebus
Ceker ayam digeprek (biar kaldunya banyak keluar)
Daun bawang dirajang halus
Sawi / bokcoy
Mie
Baso sapi / ikan sesuai selera

Cara membuat:

  • Rebus ayam & ceker hingga empuk dan matang. Ambil dagingnya, sisihkan kuahnya.
  • Tumis bawang putih hingga harum, masukkan daging ayam dan minyak wijen tumis hingga berubah warna. Masukkan jamur, kecap ikan, kecap asin & kecap manis, garam dan merica. Tambahkan dua hingga tiga sendok makan kaldu ayam. Tutup panci dan masak hingga air habis. Angkat.
  • Panaskan kembali kuah ayam, tambahkan garam dan merica.Rebus bakso didalamnya hingga terapung, masukkan rajangan daun bawang. Masukkan sawi yang telah dipotong-potong selama 3 menit dan angkat sawinya.
  • Siapkan mie sesuai petunjuk memasaknya. Setelah masak tiriskan airnya dan tuang 1 sdm minyak wijen, minyak goreng , kecap asin dan kecap manis, aduk dengan sumpit supaya tidak lengket.
  • Taruh mie dalam mangkok, beri dua sendok ayam dan jamur ditengahnya, dua tiga lembar daun sawi /bokcoi.
  • Hidangkan bersama bakso dan kuahnya yang terpisah.

*****
Versi II

Sumber: ???

Bahan :
Bakso
pangsit goreng / rebus,
tahu bakso.
Paha ayam 4 potong.
Jamur merang 10 buah.( Bisa jamur apa aja kalo suka )
Mie telor / Mie basah
Cai sim ( sawi ).
Bawang putih.
Kecap ikan.
Kecap asin / Kikoman.
Kecap manis.
Daun bawang potong tipis2.
Minyak sayur.
Sambal botol

KUAH:
Rebus paha ayam sampe mateng, air nya jangan dibuang.
Sisihkan paha ayam.
Masukkan bakso, tahu bakso sampai air mendidih lalu kecilkan apinya.
Kalo mau pakai pangsit rebus, masukkan pangsitnya belakangan.
Tambahkan garam, merica sesuai selera.

TUMIS AYAM JAMUR.
Cabik2 / suwir2 daging ayam.
Iris bawang putih dan jamur tipis.
Tumis bawang putih sampai harum, masukkan jamur dan daging ayam.
Kasih air sampai terendam.
Kasih kecap ikan, masak sampe air habis.

Cara menghidangkan:
Sediakan 2 bh mangkok ( 1 kecil, 1 besar ), untuk kuah bakso dan mie nya.
Untuk Mie Yamin : Beri kecap manis dan campur sampai rata. Diatasnya beri tumis ayam jamur , irisan daun bawang dan caisim yg sudah di seduh pake air panas. Beri pangsit goreng.
Untuk mangkok kuah: Beri 1 sdm minyak sayur. Tuangkan bakso dan kuahnya. Kalo mau pangsit rebus, celupkan segera diair panas dan masukkan bersama bakso dan kuahnya ke dalam mangkok. Beri caisim yg sudah diseduh air panas, dan irisan daun bawang.

About these ads

9 Responses so far »

  1. 1

    hidayanti said,

    wohooo makasih makasih yaaa. nanti di coba soalnya aku penasaran banget ama mie yamin :D

  2. 2

    Ojay said,

    mantap… jadi ngiler deh

  3. 3

    dhana said,

    enaknya pk kecap apa ya. agar rasa lbh nyuamy tradisional bgt. tx

  4. 4

    Chito said,

    Wah kewren,thanx wad resep nya,kucobaduluya..

  5. 5

    Prita said,

    Mau tanya nih…
    Saya pernah makan mie Yamin di daerah Pondok Indah… saosnya dambalnya enak dan cocok sekali. Bagaimana ya cara membuat saos sambal itu ?

    • 6

      Hendri Go said,

      kalau mau pakai kecap bagusnya kecap manis namun agak sedikit dicampur juga dengan kecap asin. dan untuk minyak yag digunakan baiknya menggunakan minyak jagung.

  6. 7

    Joji said,

    Takarannya ga ada ya…

  7. 8

    maria said,

    Jahenya dikemanain?campur ma tumisannya? Ato dikaldunya?

  8. 9

    nanetkenasri said,

    Makasih infonya, kayanya mau nyoba resepnya nih….


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 101 other followers

%d bloggers like this: