BOLU KUKUS KETAN HITAM

Sumber: angky astari

Bahan:
350 gr tepung ketan hitam
5 butir telur
300 gr gula pasir
150 ml minyak goreng
200 ml KARA
1/2 st TBM

Cara:

  • telur, gula dan TBM dikocok sampe mengembang/putih
  • masukan ke adonan: tepung ketan, minyak goreng, dan Kara, kemudian kocok lagi sampai betul2 rata.
  • tuang ke loyang yang telah dioles minyak atau dicetak dgn cetakan kecil2 kue sakura, kukus.
15 Responses so far »

  1. 1

    fru millan said,

    Cari tepung ketan item dimana ya? di carrefour saya cari gak ada tuh. Kalo bikin sendiri, biji ketan item di blender trus diayak, gak bisa alus banget, masih agak kasar, pengaruh gak tuh ama kuenya. Misalnya jadi bantat? Makasih ya…..!!!

  2. 2

    nina said,

    Kelihatannya enak sekali kuenya, tapi dimana ya…..beli tepung ketan hitam & cetakan kue sakura berbentuk plastik atau kaleng, makasi ya….

  3. 3

    ejatmiko said,

    Biasanya di TBK-TBK, Mbak. (TBK=Toko Bahan Kue) seperti Titan, Ani, dst.

  4. 4

    tris said,

    Bu, mohon pencerahan agak banyak. Maklum saya gak begitu ngerti bikin kue, tapi saya penasaran sekali dengan bolkus ini. Kemaren udh coba, tapi bolunya gak mateng-mateng. Pertanyaannya:

    1. Apa karena saya pakai santan peras biasa dan bukan santan kental dalam kemasan ya? Waktu dikukus sekitar 10-15menit bagian atas adonannya encer berair. Karena kesal saya aduk deh adonannya, dan ternyata bagian dasarnya udah mulai padat. Jadi saya tetap mengkukus sampe kurleb 30-40 menit. Adonannya akhirnya jadi padat, tapi tidak mengembang dan lembek-lembek.

    2.Trus terasa grintil-grintil ketan hitam yang gak matang. Apakah tepung ketan hitam yang dibeli di TBK masih harus diayak atau ada perlakuan khusus lain supaya bisa matang, maaf ya bu kalo saya bego pertanyaannya, maklum tepung ketan hitam juga baru sekali ini liatnya.

    3. Saat telur sudah benar-benar mengembang, saya masukkan tepung ketan dulu kedalam kocokan telur dengan kecepatan mixer paling rendah, setelah terkocok rata baru saya masukkan santan dan minyak goreng bergantian, dan tetap dengan kecepatan paling rendah. Apa caranya yang salah ya bu?

    Maaf jadi teramat panjang pertanyaannya. Mohon pencerahan ya buuuu… Makasih sebelumnya…

  5. 5

    pola risma said,

    saya suka sekali dengan bolkus, terutama yang ini lain bahannya, tepung ketan hitam,
    tapi saya belum mencoba, suatu saat pasti saya coba
    mohon kasih tau ya, tingkat kegagalannya dan cara mengatasinya

  6. 6

    saras said,

    saya akan coba resep ini dan dibagi sm temen2 yang laen. tapi kalau tidak ada tepung ketan hitam boleh diganti tepung ketan putih gak……? ada pengaruh sm hasil akhir…..?

  7. 7

    eka aliyatin said,

    wah perlu di coba nih….penasaran.kalo makan kue dange (kue khas pangkep sulsel) sih sering tapi yg ini bahanx lbh mantaaaaaaaaaaapp……..!!!!!!!!!!

  8. 8

    hasmawaty said,

    akhirx ketemu resep bolu ketan hitam,kalo mo di oven resepx sama nggak?

  9. 9

    entin said,

    Saya mau tanya kalau beras ketannya dicuci/di rendam dulu sebelum di blender atau langsung. Terima kasih

  10. 10

    andy kah said,

    thnx ya buk,,
    resep yg ne tlh andy bt,,dn rasa na amat luar biasa!! O ea buk low ada resep tr baru cepat di trbit kn ya buk,,

  11. 11

    tyas Dwi Cahyani said,

    txs ya bu…saya ucapkan trma ksh atas resepibu yg sgat bgussss…

  12. 12

    taty said,

    ada kok tepung ktan hitam di carrefour…aq baru kmaren beli… :)

  13. 13

    norita anas said,

    mba mo tny, knp ya stiap sy bkn ketan hitam panggang, tengahnya kadang mulus kdg kulitnya mengelupas ya? pdhl loyangnya dah dioles mentega+ditaburi terigu loh..gmn hrsnya mba? mksh

  14. 14

    St, said,

    Hello, klw mau ketan hitam,, beli di pasar tradisional, trus giling ma tukang beras,,,, moga berguna

  15. 15

    yulyantiz said,

    akhirnya ketemu resepnya..sering makan di acara kawinan dan doyan baru kali ini mo coba bikin sendiri…sekedar tips mndapatkan tepung ketan hitam yang bagus : rendam beras hitam selama 5 jam tiriskan, angin2kan selama 30 menit lalu giling di penggilingan beras, banyak kok di pasar2 tradisional, hasilnya dijamin poll….


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 100 other followers

