PUTU MAYANG PANDAN

Sumber: fatmah Bahalwan

Bahan:
250 gr tepung beras putih
100 ml air biasa
300 ml air mendidih
100 Ml air daun pandan suji

Saus:
250 gr gula jawa
400 ml santan
3 sdm gula pasir
1 lbr daun pandan

Cara membuatnya:
- taruh tepung dalam loyang beralas serbet, perciki air 100 ml hingga tepung lembab, kukus sampai tepung terasa panas.
- Sementara itu tuangi air mendidih dengan air pandan suji, biarkan mendidih sekali lagi.
- Angkat tepung dari kukusan, taruh dalam wadah, tuangi campuran air mendidih, aduk rata. Biarkan adonan liat, diamkan hingga hangat kuku.
- Masukkan adonan dalam cetakan putu mayang, tekan hingga keluar bentuk seperti mie diatas selembar daun. Buat bulatan-bulatan.
- Kukus selama 10 s/d 15 menit. Angkat.
- Tips: saat mengukus, sekali-sekali buka tutup dandang agar putu mayang tidak terlalu lembek.
- SAUS SANTAN: masak semua bahan hingga mendidih dan gula larut, saring.

*****

Putu Mayang

Sumber: Sedap Sekejap

Bahan:
300 gr tepung beras
2 sdm gula pasir
1 sdt garam
100 gr tepung kanji
550 ml santan dari 1 btr kelapa
daun pisang utk alasnya

Saus:
200 gr gula jawa, disisir halus
25 gr gula pasir
500 ml santan dari 1 btr kelapa
1 lbr daun pandan
1/4 sdt garam

Cara membuat:
1. Masak tepung beras, gula, garam & santan. Sambil di aduk hingga menggumpal.
2. Tambahkan tepung kanji sambil diuleni
3. Masukkan adonan ke dalam cetakan kue putu mayang. Tekan sambil di tampung di daun pisang yg diolesi minyak goreng
4. Kukus selama 15 menit
5. Sajikan dengan saus

Untuk saus:

Semua bahan saus di masak sampai mendidih. Angkat saring.

About these ads

8 Responses so far »

  1. 1

    wita said,

    nyontek ya resepnya, mau coba bikin nih, susah banget nggak sih?

  2. 2

    fifien said,

    tahu kandungan gizi secara detail dari kue ini? Bagi dong infonya…aku butuh buat minggu besok. thaaaank’s

  3. 3

    aulia said,

    aku ud coba resepnya tapi ko susah ya pas buat cetakannya. gimana cara mudah untuk mencetaknya?

  4. 4

    ejatmiko said,

    to aulia:
    buat cetakan?
    adonannnya memang tidak cair. jadi perlu tenaga untuk menekannya hingga keluar membentuk mie.

  5. 5

    rurihuriah said,

    boleh dong gambar putu mayangnya di adain, thanks ya

  6. 6

    astria said,

    mau belajar ney…wat bulan puasa nanti…
    nyontek dkit gpp kan…^,^

    kue favorit tp ga bs bikinnya.(hik…hik…)
    mau nyoba buat semoga sempurna…
    makasih ya atas resepnya…

  7. 7

    tikno said,

    Wah….tolong Bantu in dong…aku lagi cari cetakan putu mayang…ada Cara lain nggak untuk cetakan putu mayang….beri tips dong..

  8. 8

    evrut said,

    pernah nyoba tapi resep ku blg pake tapioca…gimana dong…:(


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 95 other followers

%d bloggers like this: