Es Cendol / Dawet

Versi I

Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan cendol:
100 gr tepung beras/sagu tani (echa: 80 gr tepung beras/Speisestaerke; 20 gram Tapioka)
500 ml air/santan (echa: air)
1 sdm air kapur sirih
1 sdm pasta pandan (echa: 1/2 sdm)
2 ltr air matang
1 bongkah es batu
echa: simple syrup

cara membuat cendol:

- aduk semua bahan jadi satu, masak diatas api sedang hingga menjadi bubur kental.
- Taruh air dan es batu dalam baskom. Letakkan saringan cendol diatasnya.
- Tuang bubur hijau kedalam saringan, biarkan berjatuhan kedalam air es menjadi cendol
- echa: saring cendol. masukkan ke dalam wadah. tambahkan simple syrup. tambah sedikit air matang. beri es keprok yang banyak.
- sajikan cendol dengan santan dan kuah gula jawa.

Kuah gula jawa

Bahan:
250 gr gula jawa

(echa: 50 gr gula pasir)
250 ml air (echa: 125 ml cc)
1 lbr daun pandan

Cara Membuat:
Masak semua bahan hingga mendidih dan gula larut, saring.

*****

Es Cendol Tepung Beras

Sumber: Inong Haris

Bahan Cendol:
125 g tepung beras
50 g tepung sagu
75 ml air daun suji
450 ml air
2 sdm air kapur sirih

Pelengkap:
200 g gula merah, sisir
100 ml air
500 ml santan, rebus
6 mata nangka, buang bijinya, potong kecil

Cara membuat:

  1. Aduk tepung dengan sebagian air.
  2. Rebus sisa air bersama air kapir, air daun suji dan garam hingga mendidih.
  3. Tuangkan larutan tepung, aduk hingga kental. Angkat.
  4. Siapkan ayakan dawet, taruh di atas baskom berisi air es. Tuang adonan panas ke dalam cetakan, tekan-tekan hingga menjadi butiran-butiran panjang.
  5. Tiriskan.
  6. Rebus gula dan air hingga gula larut. Angkat, saring dan dinginkan.
  7. Penyajian: Taruh sirop gula dalam gelas-gelas saji, beri cendol, nangka, dan santan.
  8. Tambahkan es batu. Sajikan.

Untuk 10 gelas

*****

Versi III

Es Cendol Tepung Hunkwe

Sumber: ???

Bahan Cendol:
650 ml air
2 sdm air daun suji pandan
75 g tepung hunkwe
25 g tepung beras

Kuah:
1 liter santan dari
1 butir kelapa parut
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan, potong-potong

Sirop Gula Merah:
250 g gula merah
75 g gula pasir
150 ml air
5 mata nangka, buang bijinya, potong kecil

Cara membuat:

  1. Cendol: Campur tepung hunkue dan tepung beras dengan 200 ml air. Masak sisa air bersama air daun suji hingga mendidih. Masukkan larutan tepung hunkue sambil aduk cepat hingga bening dan matang. Angkat. Siapkan cetakan dawet, taruh di atas baskom berisi air es. Tuangkan adonan panas ke atas cetakan, gosok-gosok hingga butiran dawet jatuh ke baskom.Tiriskan, rendam dalam air matang dingin. Sisihkan.
  2. Kuah: Rebus santan bersama semua bahan hingga mendidih. Angkat, dinginkan. Sirop Gula Merah: Rebus gula merah, gula pasir, dan air hingga mendidih dan kental. Angkat, saring. Beri nangka, dinginkan.
  3. Penyajian: Taruh cendol di gelas-gelas saji. Beri sirop gula merah berikut nangka, tuangi santan dan beri es batu. Sajikan dingin.

Untuk 8 gelas

*****

Versi IV

Sumber: Tabloid Nova

Bahan:
100 gr tepung hunkwe
50 gr tepung beras
100 ml air daun pandan dan suji
600 ml air
1 sdt garam
5 bh daging buah nangka, potong-potong
100 gr tape ketan hitam
es batu, secukupnya

Saus gula merah (didihkan, saring):
500 gr gula merah
100 gr gula pasir
200 ml air
3 lbr daun pandan

Kuah santan (didihkan):
1500 ml santan
1 sdt garam
2 lbr daun pandan

Cara membuat:
1. Campur tepung hunkwe, tepung beras, air daun suji, air, dan garam, aduk rata lalu masak sambil diaduk sampai adonan matang dan meletup-letup.
2. Siapkan air matang dalam wadah, lalu taruh cetakan cendol di atasnya. Tuang adonan cendol secukupnya, tekan-tekan sampai adonan keluar. Lakukan sampai adonan habis.
3. Sajikan cendol dengan saus gula merah, saus santan, dan es batu.

Untuk 8 orang

About these ads

74 Responses so far »

  1. 1

    yusuf - tokyo said,

    wow … banyak juga resep cendolnya, ntar aq cobain satu satu mana yang paling yahud. ok trims berat resepnya pak jatmiko … jadi kangen kampung halaman …

  2. 2

    dewie said,

    apa ya bedanya saringan cendol & ayakan dawet. Soalnya kalo di pasar ada 2 bentuk cendol/dawet ada yg bentuknya gak beraturan. Trus satu lagi bentuknya cantik teratur.

    • 3

      ridwan said,

      Salam kenal untuk keluarga Jatmiko. Iya nih, kami lagi mo nyoba resep2 cendolnya. Tapi belum tahu ayakan/saringan cendol-nya seperti apa? terima kasih. Ada dijual di pasar-pasar ya? Kemudian air kapur sirih, apakah ada yang dijual jadi dipasar? Terima kasih banyak atas bantuannya. Salam, ridwan.

  3. 4

    diana said,

    halo keluarga jatmiko…salam kenal dr kami sekeluarga….mo numpang permisi nyontek resep es dawetnya…. trima kasi sebelumnya….wassalam

  4. 6

    lSilviana said,

    Halo keluarga jatmiko,
    Terimakasih banyak atas resep es cendolnya
    ada yang mau saya tanyain
    kenapa kalo saya bikin cendol, masih berasa kayak ada daun mentah
    gak bisa wangi seperti yg dijual dipasaran
    saya bikinnya pakai daun pandan + suji
    apa kegunaan air kapur?
    terimakasih sebelumnya .

  5. 7

    YANTI said,

    Assalamu’alaikum..
    saya minta izin nih mengkopi resep – resepnya. sekalian kalau nanti saya mau menggunakan resep – resep yang saya copy nanti untuk berjualan.
    saya senang skali mengunjungi blog penuh masakan anda sekeluarga…
    Alhamdulillah ini banyak memberikan banyak informasi dan inspirasi.. Terima kasih…. Wass

  6. 8

    margaretha heni said,

    tank you so much for the recipe, my mother so happy for this….. tank you!!

  7. 9

    ira said,

    Thanks berat, saya udah dapat contekannya, selama di Texas belum pernah buat es cendol, jadi saya bisa buat bukaan puasa

  8. 10

    hanny said,

    kegunaan air kapur harus-nya untuk lebih mengentalkan/mengeraskan, harus bisa di ganti ama tepung hunkwee, jika ragu ama air “gamping” .. :)

  9. 11

    udin said,

    makasih, resepnya, btw tanya dong. menurut anda cendol itu yang enak yang kenyal atau yang mudah hancur.

    • 12

      ejatmiko said,

      saya pribadi lebih suka cendol yang kenyal seperti cendol elisabeth di bandung:-)

      • 13

        neng elis said,

        ya..iya tuh cendol elisabeth ada dekat rumah yang jualan dan rasanya enak aku mau resepnya yang mana yah diantara resep2 diatas…thanksssss

  10. 14

    azizah the legand said,

    saya sudah lama mencari resepi cendol. Saya pernah cuba membuatnya tapi tak menjadi….cendolnya tak kental….apa boleh saya buat…? pusing ni…

  11. 15

    july said,

    makasih y atas inforrmasi cara buat es cendol.habia saya suka sih

  12. 16

    selamat pagi, nama saya Adi Septiawan tinggal di Sidoarjo Jatim, saya ingin menanyakan bagaimana caranya untuk membuat cendol/dawet biar hasil cetakan nya ujung-ujungnya bisa lancip tidak tumpul seperti yang biasa kita buat, apa ada cetakan khusus? thanx

  13. 17

    Ric said,

    Trimakasih atas resepnya

  14. 18

    aulyandra said,

    Wow… So mantap! Akhirnya saya temukan resep buat jadi sukses! Makasih Brother! All the best 4 U, Dude!

  15. 19

    aan said,

    makasih resepnya…..

  16. 20

    krisna said,

    Wah terima kasih ya resepnya,,,,,,,,mama aku gi mau nyoba buat cendol tapi gk pernah berhasil…..semoga setelah nyoba resep dari keluarga mas jatmiko bisa berhasil…amin

  17. 21

    Rizky said,

    Mudah2an bs buat cendol yg uenak neh.. Thy ya infonya

  18. 22

    bundadhia said,

    Pak Jatmiko, maturnuwun sanget ya resep cendolnya.
    Berguna banget nich…….. habis kalo cendol yg dipasar2 tu warnanya nakutin…….
    kalo bikin sendiri jadi tenang makannya. TQ ya…

  19. 23

    eNthie said,

    duh…………….
    ntar sya kan praktekin d rumah, maklum nh gk bsa masak jd coba2 resep yang lumayan gampang dlu. klo enak kan bsa wat usaha.
    he…..he…

  20. 24

    ceuceu said,

    Passss..dan banyak bgt resepnya,
    Kebetulan lg bingung disuruh Ibu Dubes bikin cendol utk 60 orang
    Mudah2an enak dan berkenan di lidah para undangan…
    Makasih yaa…

  21. 26

    dudul said,

    numpang sedot…
    makasih yaaaa

  22. 27

    uning said,

    hmmm..jd smangat untuk ke dapur lagi….biar tambah disayang suami…

  23. 28

    retha said,

    wow cendol , mo error en trial aaah , but its so pity , no nangka here , snik , snik

  24. 29

    MIERA said,

    wow…ma kasi sama resepi cendolnya. Sedap sangat! my hubby pun suka banget!
    Tq ya!!!

  25. 30

    lani said,

    makash ya keluarga jatmiko,soalnya es cendol tuh kegemaran suamiku..Doakan aku ya semoga habis nyoba resep ini suamiku makin cinta padaku..he..he..

  26. 31

    arhiyaL said,

    thanks…resep cendolx,,,
    ntar w coba buat dech…

  27. 32

    yulia18 said,

    permisi..izin copy ya…^_^
    terima kasih..boleh nih di coba di rumah..^_^”

  28. 33

    helda said,

    Mau tanya mbak Echa, klo es cendol itu pake saringan kayak apa masaknya?
    trus kapur sirih bisa dibeli dimana di jerman? makasih ya mbak sebelumnya..

  29. 35

    fiedha said,

    sudah dicoba..
    enak..enaakk..enaaakkk.. :)

  30. 36

    Ki Purbo said,

    wah, resepnya banyak. saya lagi kepingin buat es dawet cendol yang khas buat tambah penghasilan. trims pak jatmiko atas resepnya nanti q coba.

  31. 37

    dedi saputra said,

    assalammualaikum…, wr wb…
    mas saya mau tanya, gimana kalau cara membuat es potong (kado)
    dan bahannya apa-apa saja.
    wassalam dan terimasih….,
    by. Dedi-Prop Jambi

  32. 38

    ratna said,

    wuihhh..banyak banget resep cendolnya…mau praktek satu aja buat buka puasa hehe…thanks

  33. 39

    Hasan al ngaziz said,

    Makasih atas resepnya maz ….
    Q di pekan baru nich… Kan q coba

  34. 40

    agung said,

    AssalamualaikuM wbr
    Kenapa saya bikin cendol. Kadang lembek
    Kadang ga bisa di cetak dan ga.
    Turun ke bawah

  35. 41

    makasih yah mamah ku jadi bisa bikin es cendol

  36. 42

    H.Aceng Ghozhaly&Hj.Haeat Martyny said,

    Assalamualaikum wr wb Marhaban Ya Rhamadhan Qullu,Am Wa Anthum Bi Qhoir….
    ku ucapkan banyak-banyak terima kasih atas resepnya………………………………… wassalam,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,H.Aceng Ghozhali & Hj.Haeat Martyny sekeluarga…..dari Madinah Al Munawarah KSA

  37. 43

    putri said,

    nyonteeeek yaaaa makasiihh :)

  38. 44

    jonathan said,

    Sama gak sih pohon suji dengan bambu hoki?

  39. 45

    andri said,

    mksih??????????

  40. 46

    [...] Dikutip dari kumpulan resepnya Echa Jatmiko [...]

  41. 47

    makyan said,

    izin copast ya…
    makasih sebelumnya… ^_^

  42. 49

    idrizz said,

    lo aq bsa bkn es cndol psti aq dah jwalan

  43. 50

    pulzzahut said,

    thank resepnya. kyknya sy mau jualan es dawet lumayan hasilnya buat kumpulin modal

  44. 51

    ayha said,

    Nice info, cobain deh

  45. 52

    ilaiy said,

    iya coba nih kayaknya enak untk puasa ntar……

  46. 53

    suci said,

    ijin copy paste ..mas buat coba usaha gerobakan

  47. 54

    maryam husen said,

    mantuku Bule minta saya buatkan cendol,krn ketagihan wkt mncobanya di Bali,saya gak tau alamat toko di Sydney yg menjual kapur,cendolnya gagal,krn menyerap air es rendamannya. akhirnya saya ubah menjadi bubur sumsum.Untuk saringan saya pake saringan pasangan panci untuk merebus spaghetty

  48. 55

    mury said,

    ijin copi ya mas

  49. 56

    alfanadi said,

    daun suji itu nama lainnya daun apa? gimana kalo tanpa daun suji, beda nyata tidak ya rasanya?

  50. 59

    etika said,

    ‎​​┏̲M̶̲̥̅̊┓̲┏̲A̶̲̥̅̊┓̲┏̲K̶̲̥̅̊┓̲┏̲A̶̲̥̅̊┓̲ ┏̲S̶̲̥̅̊┓̲┏̲i̶̲̥̅̊┓̲┏̲H̶̲̥̅̊┓̲.. Ya
    Besok aku cobain…….

  51. 60

    mayaayur12 said,

    Aku mau tahu langkah-langkah membuat dawet ??????????????????

  52. 61

    Anggi said,

    Keluwrga jatmiko yg aq hormati, boleh kh? Saudara membagi resep es kadonya (es potong) karna aq sdah sering mempraktekan nya tapi selalu gagal alias tidak pernah jadi2. Sekian dan terima kasih

  53. 62

    likiwo said,

    Ternyata makanan cendol itu tetap lestari di indinesia makanan sederhana tapi bisa bisa menyegarkan badan yang habis kelelahan atau kehausan harga nyapun murah dan mmbuatnya pun tidak susah ,,,,.Trma k4s1h atas resp dri anda good!!.

  54. 63

    [...] Sumber: Echa Jatmiko Share this:FacebookEmailPrintShareDiggRedditStumbleUpon This entry was posted in Resep Minuman and tagged cendol, hunkwe, tepung by CK. Bookmark the permalink. [...]

  55. 64

    Afri"koeokoe"lianto said,

    Thanks for the information,it’s very useful for me.

  56. 65

    riana said,

    wah…banyak resep es cendol/dawetnya. ijin utk copas ya…terim kasih sebelumnya utk keluarga jatmiko ^-^

  57. 66

    G mi rin said,

    T kasih resepi nya, saya cuba tapi mudah hancur , apa kurangnya

  58. 67

    sandra said,

    Banyak nian eui..aku nyobanya yang simple2 aja…

  59. 68

    slamet said,

    ma af mohon ijinnya resep tersebut tuk dipakai jualan makasih

  60. 69

    sukri ghozali said,

    mengapa dawet yang saya buat mudah keluar jamur

  61. 70

    Cici said,

    Trims resep es cendolnya segeeer tenan.

  62. 71

    triw said,

    trims atas resepnya echa…
    ,saya buka es cendol tapi beli cendolnya paketan,jadi masih rugi terus..smoga nie bisa buat sendiri n jadi berlimpah rejekinya n berkah..

  63. 72

    Wah keren gan,,hehe

  64. 73

    muazis said,

    q pernah coba bikin cendol tp ko rasanya pahit itu masalahnya kebanyakan apaya klo boleh tau tolong bagi q saran dong biar rasanaya dapet…trimakasih….

  65. 74

    tania said,

    Terima kasih untuk resepnya.

    Saya jadi bisa bikin es Cendol bareng ibu buat buka puasa. :)


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 95 other followers

%d bloggers like this: