Bebek Goreng Madura

Sumber: Odilia Winneke – detikfood

Bahan:
1 ekor (900 g) bebek, potong-potong
2 sdm cuka/air jeruk nipis
500 ml air
4 lembar daun jeruk purut
2 batangs erai, potong 4 cm dari pangkal akar, memarkan

Bumbu,haluskan:
8 butir bawang merah
8 butir kemiri
5 siung bawang putih
2 sdt ketumbar sangrai
1/2 sdt merica butiran sangrai
2 cm jahe
3 cm kunyit
3 lembar daun jeruk purut
3 cm lengkuas muda
1 batang serai, ambil bagian yang putih, iris halus
2 sdt garam

Cara Membuat:
# Bersihkan bebek, potong-potong menjadi 8 atau 10 bagian. Lumuri dengan cuka/air jeruk nipis sambil remas-remas hingga rata.
# Taruh dalam wadah bertutup, taruh dalam lemari es selama 30 menit. Bilas air hingga bersih, tiriskan.
# Aduk bebek dengan Bumbu yang dihaluskan hingga rata. Diamkan selama minimal 1 jam.
# Taruh bebek berbumbu dalam panci, tuangi air, masak dengan api sedang hingga mendidih. Kecilkan api, masak hingga daging bebek empuk. Kalau perlu tambahkan air panas.
# Jika memakai panci presto, masak bebek selama 30 menit (dihitung sejak panci berdesis)
# Angkat bebek, dinginkan. Sisihkan bumbunya.
# Goreng bebek dalam minyak banyak dan panas hingga kering.
# Angkat, tiriskan.
# Sajikan dengan Sausnya dan Sambal.
# Saus: masak sisa saus dengan 2 sdm minyak sayur hingga mendidih dan kental. Angkat.

Untuk 6 orang

About these ads

17 Responses so far »

  1. 1

    dirman said,

    Nih resep oke punya….

  2. 2

    nanak bell said,

    udah lama nggak makan bebek goreng, aduh mak !, suami gua sampai nggak bisa bangun kekenyangan. Thanks.

  3. 3

    dhenani said,

    thank’s, lagi nyari resep bebek goreng kebetulan dapet. saya suka banget bebek goreng tapi belum pernah bikin sendiri

  4. 4

    adli said,

    resepnya boleh juga.. kebetulan saya sering sekali makan bebek goreng seperti ini… nanti akan saya coba

  5. 5

    H Candra said,

    Aduh,…kelihatannya enak sekali akan aku coba resepnya. trims

  6. 6

    phardix said,

    nyaman onggu…..
    enak tenaaan……
    maknyuuuuus……..

  7. 7

    dwi said,

    resepnya ok banget bisa dicoba.boleh minta kirim ke email.thanks

  8. 8

    neni said,

    waaaaaaaaaaaaaaaaahhh thx banget kebetulan lagi nyari resep bebek goreng buat jualan…

  9. 9

    Khori said,

    Wah kebetulan sy lg ngidam bebek goreng..mo lgsg tak praktekin nich resepnya..Tq ya..

  10. 10

    ibu'e acha said,

    enaaaakkk tenaaaannnn…aq da nyoba hhhmmm yummy

  11. 11

    Bebek goreng said,

    Resep penuh inspirasi…
    Salam silaturahmi dari kami Resto Bebek Goreng Abah Ndut

  12. 12

    [...] 1.     Bebek Goreng Madura « bank resep keluarga jatmiko [...]

  13. 14

    Sifana said,

    hmmm…pasti enak tuch ya.,
    secara q kn pnggemar bebek goreng.
    tr q coba dech resepny.

  14. 15

    Diapers Kain said,

    Di tempat saya banyak yang jualan nasi bebek madura.. ternyata begini to cara buatnya..

  15. 16

    resepnya mantab… maknyus tapi mungkin sisa bumbunya dikasih tambahan merica lagi, biar bumbu kuningnya tambah mantab

  16. 17

    robert said,

    Sis…sebenernya enakan mana sih bebek di presto dengan diungkep atau di rebus…?? Saya pernah makan bebek goreng di Semarang waktu mudik di Bebek Salto..Enaaaak Banget..! Kayaknya ndak pake di presto sih…? Trus kalo ndak di presto bumbunya sama juga yah..atau gimana..??


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 101 other followers

%d bloggers like this: