Cakwe/Cakue

Sumber: Tabloid Nova

Bahan I:
550 gr tepung terigu protein sedang
1000 ml minyak goreng

Bahan II:
150 ml air
1 1/2 sdt garam
1 1/2 sdt amoniak bubuk

Bahan III:
200 ml air
3 sdt baking powder
1 sdt soda kue

Bahan IV:
200 ml air
4 siung bawang putih
4 bh cabai merah
5 sdm gula pasir
1 sdt garam
2 sdm cuka

Cara Membuat:
1.Haluskan semua bahan IV dalam blender kemudian masak hingga mendidih. Angkat.
2.Campur bahan II, aduk rata, sisihkan sesaat.
3.Masukkan tepung dalam mangkuk kemudian tuangkan bahan II dan III berselang-seling, aduk hingga kalis, diamkan selama 30 menit.
4.Bagi adonan menjadi 2 bagian kemudian diamkan selama 5 jam sambil ditutup dengan kain lembap. Setelah 5 jam, pipihkan adonan setebal 1 cm dari kedua bahan adonannya.
5.Tumpuk adonan kemudian potong 2 cm dengan pisau. Tekan tengahnya dengan punggung pisau.
6.Panaskan minyak, goreng hingga kekuningan. Hidangkan dengan bahan IV.

Untuk 10 buah

About these ads

36 Responses so far »

  1. 1

    fitri said,

    ribet y jeng ternyata bikin cakue.

  2. 2

    ejatmiko said,

    hahahaha, makannya mah cepet yah:-)

  3. 3

    sari said,

    amonik bubuk bisa dibeli dimana ya? gunanya untuk apa?

  4. 4

    wawan said,

    amoniak kan bauna pesing?

  5. 5

    ice80 said,

    makasi resepnya …. sip2 lho. bisa bikin kenyang keluarga

  6. 6

    ursula said,

    makasih resepnya, bikinnya ternyata lama banget, terus amoniak bubuk belinya dmn? itu memang bahan utk buat kue dan sejenisnya ya….?

  7. 7

    FARA said,

    di mana atuh nyai amoniak teh….? sampe sekarang saya ga bisa nemu….!!!

  8. 8

    Shinta said,

    Amoniak bubuk bisa dibeli di toko bahan kimia biasanya disebut juga salmiak,jgn salah loh bahan kimia ini merupakan bahan kimia foodgrade (yang dapat digunakan untuk makanan)

  9. 9

    tHANKS BANGET. NANTI MAU DI COBA YAH. AND ENAK DIKUDAP- DENGAN BUBUR AYAM.

  10. 10

    rayya said,

    klo bkin cakue yg kya d jual m ma2ng2 cakue d gazibu tea gmn c???
    truz saus na jg, pngen banget ne,,,,g ngidam.

  11. 11

    encung said,

    perlu ada tambahan bumbu lagi kagak

  12. 12

    eka said,

    Wahhhh.. repot banget. Rencana mo bikin cakwe buat cemilan anak2. Tapi klo begini mending beli aja deh..

  13. 13

    di toko kimia bogor sekitarnya bubuk amonium kosong

  14. 14

    yudii said,

    enak sekali………………slurp…………………….

  15. 15

    fluorensia said,

    kykx bolah di coba tapi bahanx banyak amat!!!!!!!!!!!!

  16. 16

    ratmi said,

    tob markotob

  17. 17

    nisa said,

    amoniak bubuk itu buat apa si? beda ya fungsinya sama ragi?

  18. 18

    made said,

    beli lebih cepet n tinggal leup……

  19. 19

    Andri said,

    Mas kalo amoniak bubuk nyarinya susah, ada gantinya ga? Ato kalo ga pake itu gpapa? Trs kalo pake telor bisa ga?

  20. 20

    azizah said,

    pantesan… bikin cakwe gak pernah sukses, ternyata harus pake amoniak bubuk…tapi kok lama amat fermentasi adonannya keburu laper kali…hehehe.tapi patut dicoba!

  21. 21

    leily nurma said,

    dikirain bikin cakue tuh 9ampang tapi ternyata rumit amat.???

  22. 22

    gen said,

    kalau gitu mending di pangil ke rumah aja si mang nya biar ting leup……….enak

  23. 23

    cecep suganda said,

    di mana saya bisa beli dan mendapatkan amoniak bubuk

  24. 24

    goenardi said,

    amoniak dapat dibeli di toko chemical atau bahan kimia,tapi ada khusus amoniak kue namanya di bandung banyak,,,lg nyoba nih tp g kuat bau pesingnnya ya

  25. 25

    Chichi said,

    Amoniak bubuk bsa di gNtii am ferMipaN gHa ???

  26. 26

    Tika Ajaa said,

    kalo roti goreng yang ada wijennya itu resepnya gimana???

  27. 27

    edi said,

    cari amoniaknya susah. sudah coba nggak pakai amoniak tapai jadinya bantat. ngak mau ngembang alias kopong

  28. 28

    wajadgodeg said,

    bahan membuat gulabatu apa aja yah?

  29. 29

    murt said,

    mau coba resepnya nich om…..apa cakwe ga perlu sedikit ragi yach?

  30. 30

    muness said,

    apa bdanya amoniak sma baking powder..?

  31. 31

    winarsan said,

    memangnya apa ada amoniak untuk makanan,belinya di mana?

  32. 33

    ningsih said,

    apa bedamoniak dengan fermipan

  33. 34

    mei said,

    amoniak apa tuh n dimn nyarinya

  34. 35

    Nanang Bk said,

    Amoniak Bubuk beli di toko bahan kimia, kalau di bandung coba di toko seger di jl Ahmad Yani Kosambi. Kalau beli disana bilang mau beli amoniak kue, nama kimianya amonium karbonat.

  35. 36

    benny said,

    tidak pake yeast, fermentasinya dari mana ya…. ?


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 101 other followers

%d bloggers like this: