Putri Salju

Versi I

Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan:
250 gr mentega tawar, bekukan
100 gr gula kastor
200 gr kacang mete, panggang, haluskan
250 gr terigu
150 gr gula bubuk u/ taburan aduk dg 1/2 sdt Vanili

Caranya:
kocok mentega dan gula pasir hingga pucat, tambahkan kacang mete, dan terigu, aduk rata.
bulatkan adonan, simpan dalam lemari es 30 menit.
bentuk bulan sabit, atur diloyang, panggan kira-kira 20 menit (suhu 160’c)
gulingkan kedalam gula bubuk.

Tips:
– mentega dibekukan untuk mendapatkan kue yg ngeprul dan krenyes-krenyes, beda dengan mentega yg tidak dibekukan.
Dengan adonan yg dibekukan lebih dahulu, akan diperoleh kue kering yg garing dibagian luar dan “ngeprul” bagian dalamnya, tapi tetap renyah.Ada juga yg membekukannya setelah jadi adonan, shg lebih mudah dibentuk…..

- Yg benar adalah waktu panas2 ditaburin gula bubuk…simpan biar dingin…rahasia satu lagi adalah setelah dingin baru dicelupin ke gula donat, maka putri salju kamu akan cantik berselimut tebal…Gula donat itu gula khusus utk donat, rasanya juga khas…berasa dingin dilidah…dan gak mudah leleh….bisa kamu dapatkan di TBK…Tanya aja ya…

*****

Versi II

Sumber: Ita Kustina

Bahan:
750 gram Blue Band
50 gram gula halus
1000 gram Tepung Terigu
200 gram Kacang mete
Gula halus untuk taburan 500 gram

Cara Membuat

  1. Campur Mentega, gula dan tepung aduk dengan pisau sampi berbutir pasir
  2. bentuk sesuai cetakan
  3. Panggang dengan api kecil, sampai matang
  4. taburi Gula halus

*****

Versi III

Sumber: Sahak Pribadi

Bahan :
Butter 400 gram
Kuning telor 2 butir
Gula halus 170 gram
Tepung terigu 450 gram
Kacang mede cincang 250 gram
Susu bubuk 30 gram
Garam 1 sdt
Bahan taburan gula halus 250 gram
Susu bubuk 50 gram

Cara membuat :

  1. Kocok butter, kuning telor dan gula halus sampai mengkrem.
  2. Kemudian masukan tepunng terigu, susu bubuk , garam dan kacang mede lalu aduk sampai rata.
  3. Adonan siap dicetak atau dibentuk lalu dipanggang sampai matang kira-kira sampai dengan 35 menit dengan suhu 160 derajat.

*****

Versi IV

Sumber: Dyah

Bahan:

6 btr kuning telur rebus
300 gram butter cair
400 gram terigu
gula halus utk ditabur setelah matang

cara:
merah telur dicampur dg butter cair+terigu, lalu bentuk , bakar di oven

*****

Versi V

Sumber: ?????

Bahan:
250 g mentega
100 g gula pasir
1 sdt vanili bubuk
280 g tepung terigu
140 g almond, cincang halus
1/2 sdt garam

Taburan, aduk rata:
Gula bubuk
Kayu manis bubuk

Cara membuat:

# Kocok mentega dan gula hingga lembut.
# Tambahkan vanili, kocok rata.
# Tambahkan tepung terigu, almond dan garam. Aduk hingga rata.
# Bentuk tiap 1 sdm adonan menjadi bulat panjang dengan ujung runcing.
# Tekuk hingga berbentuk bulan sabit. Taruh di atas loyang datar.
# Panggang dalam oven panas 170 C selama 15 menit.
# Angkat dan dinginkan.
# Gulingkan dalam bahan Taburan. Simpan dalam wadah kedap udara.

*****

Versi VI

Sumber: Koran Feneberg

Bahan:
50 gr almond, panggang, haluskan
50 gr hazelnuts, panggang, haluskan
280 gr terigu, ayak
70 gr gula pasir
1 ujung sendok garam
200 gr Butter
2 kuning telur
5 bungkus Bourbonvanille/Vanillezucker mit Vanilleschote
1/2 cup gula halus

Cara Membuat:

  1. Campur tepung dan kacang dalam wadah, aduk rata.
  2. Tambahkan gula, garam, butter, dan kuning telur.
  3. Uleni cepat hingga tercampur rata.
  4. Tutup wadah, simpan dalam kulkas paling tidak sekitar 30 menit.
  5. Panaskan oven pada temperatur sekitar 190 derajat Celcius (bisa beda antar satu oven dengan lainnya)
  6. Bentuk adonan seperti bulan sabit, susun di loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti.
  7. Panggang kurang lebih 10 menit.
  8. Campur Vanillezucker dan Gula halus.
  9. Masukkan putri salju yang masih hangat ke dalamnya, balik-balik.
  10. Setelah dingin, susun dalam toples.
About these ads

19 Responses so far »

  1. 1

    bunda hera said,

    mampir ah…. makasih nih resep-resepnya jadi tambah lagi ilmu kulinernya…

  2. 2

    ira said,

    Halo mbak. Resep putri salju emang berbagai macam banyaknya ya sampe bingung. Lha kebetulan saya lagi cari resepnya Bu Fatmah untuk dibandingkan dengan resep yang terbaru saya temukan…tapi simpanan resepku hilang. Waktu saya cari di google, yang nongol pertama kali adalah Bank Resep ini. Tengkyuuuuu yaaa…
    Trus ini bukan pertama kali Bank Resep Keluarga Jatmiko nongol di urutan pertama sewaktu saya kebingungan cari2 resep tertentu. Udah berkali-kali lho.
    Kerajinan mbak bener2 membawa manfaat untuk orang lain. Tengkyu lagiiiii…. :-))

  3. 3

    emma said,

    waaaaaaaaaaaah…bener2 mengobati rasa penasaranku akan putri saljuuu
    thanks bgt..resep mbak fatmah emank Muantaps..mak nyuuus

  4. 4

    Nita said,

    Thx banget yak udah bagi2 resep. cuma aku bingung aja, knp ada yang pake dan gak pake telor ya?

    kegunaan telur – putih dan kuning nya itu unt putri salju unt apa ya? makin empuk gt? ato malah makin namba apa?

  5. 5

    Nieke said,

    Kalo gak salah, kl gak pake telor jd lbh crunchy, kl pake jd lbh empuk.

  6. 6

    sesha said,

    wah…mbak..aku udah bertahun2 cari resep putri salju yg mantep, mamaku sampe bosen nyoba2 resep, abis kalo aku beli buku2 di gramedia suka gak seenak gambarnya kalo dibuat sendiri…aku pengen bgt rasanya bisa kriuk2..trus gak kayak melempem gitu..dari banyak versi diatas…kira2 yang mana yah yg paling enak??makasiy..

  7. 7

    erna said,

    makasih resepnya, ampe bingung mana yang mau dicoba

  8. 8

    gadiz tegal said,

    makasih yach resepnya….. bantu aku banggeeetttt…..

  9. 9

    tia said,

    Mau nanya resep putri salju yang kalo dimakan hancur seperti kaastengels yang mana yah? Saya buat selalu crispy… thanks.

  10. 10

    Dinela said,

    thx ya resepnya..tp ko versinya byk bgt sih…jd enakan yang mana nich???

  11. 11

    indah said,

    hai all, yuk sharing resep di yukmakan.com
    kita juga bisa tanya ke chef2 terkenal lho…segera klik: yukmakan.com

  12. 12

    Laila Khanun Nufus said,

    wah banyak banget ya resepnya putri salju sampe bingung… Aku tertarik ama versi yng pertama tuh, tp kog nggak pake telur, maizena n susu ya…?

  13. 14

    eunike said,

    benar2 bermanfaat bank resep keluarga jatmiko ini,apalagi buat aku yg jauh sm mama,sblm kutemukan resep2 ini kl mau bikin kue dan teman2nya hrs telp mama dl…skrg ga perlu lg…d wktu aku bikin kue ini,bule ditempat kerjaku pada ketagihan lho mbak….thanks a lot ya…

  14. 15

    ida said,

    makasih yaa resepx…nda sabar mo nyobain….

  15. 16

    Ummilia said,

    Banyak pilihannya. Keren bgt nie….

  16. 17

    merry said,

    thanks ya…mo nyoba nihh

  17. 18

    ini resepnya kok ngaco2 ya? saya baru dengar ada putri salju yang berbahahan TELUR REBUS!!
    HORE

  18. 19

    erni said,

    terima kasih informasi dan tipsnyanya, insya Allah mo tak coba…, krn banyak resep perlu instink…


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 101 other followers

%d bloggers like this: