Macaroni Schotel / Makaroni Skutel / Makaroni Skotel

Versi I

Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan :
60 gr mentega/margarin
2 siung bawang putih, cincang
200 gr bawang bombay , iris tipis.
400 gr wortel, iris halus spt korek api
700 ml kaldu ayam
2 sdm pasta tomat
1 sdm minyak goreng
225 gr makaroni (persis satu pak merek Honig)
8 btr telur
2 sdt garam
2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
400 ml susu cair (kalau pakai krim lebih uenak tenan)
1 klg daging kornet (kaleng kecil 150 gr-lah)
150 gr jamur merang, belah empat.
150 gr smoked beef, iris tipis spt korek api.
200 gr keju cheddar parut
50 gr keju parut lagi buat taburan.

Cara membuat:

  1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bw putih sampai harum, masukkan wortel, tuangi kaldu, masak hingga wortel setengah empuk dan mengental, angkat dinginkan sebentar, blender hingga halus (kira-kira menjadi 700ml).
  2. tuang lagi kepanci, beri pasta tomat, aduk.
  3. Didihkan air dalam panci, beri 2 sdm minyak goreng, masukkan makaroni, masak hingga empuk, tiriskan.
  4. Kocok telur sampai tercampur, beri garam, merica dan pala, aduk, masukkan susu/krim, kornet, jamur dan smoked beef, aduk rata, masukkan makaroni, adonan wortel dan keju parut, aduk yg rata banget. Kalau suka boleh diberi penyedap Royco atau maggi blok, aduk rata.
  5. tuang dalam loyang tahan panas volume +/- 2 ltr, ratakan, taburi keju.
  6. panggang dalam oven, kira-kira satu jam hingga kecoklatan, angkat.
  7. dinginkan sebentar, siap disajikan.

*****

Versi II

Sumber: Mbak Ine

Bahan:
250 gr Macaroni elbow, rebus 3/4 matang
200 gr Keju, potong dadu 1/2X1/2 cm
3 buah sosis, belah 2, potong tipis 3 mm
100 gr daging giling special (sedikit lemak)
400 cc susu cair
5 butir telur
1 butir bawang bombay, potong kecil kecil
2 sendok makan margarine
garam, gula, pala, merica

Bahan Topping Saus Putih:
1 sdm margarine (1 sendok munjung)
2 sdm tepung terigu
250 cc susu cair
garam, merica
100 gr keju parut

Cara Membuat:

  1. Tumis bawang bombay dengan margarine sampai bawang layu, masukkan pala, daging giling. Tumis sampai daging matang.
  2. Campur semua bahan schotel termasuk tumisan daging, aduk rata, jangan lupa…cicipi.
  3. Tuang ke dalam pinggan tahan panas yang sudah di oles margarine.
  4. Kukus selama 30 menit. sisihkan.
  5. Topping: cairkan margarine, masukkan terigu, aduk2 sampai rata, tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil di aduk cepat agar tidak mringkil. Masukkan garam dan merica.
  6. Tuang topping ke atas schotel, ratakan, taburi dengan keju parut.
  7. Panggang dengan api atas selama 15 menit.

*****

Versi III

Sumber: ???

Bahan :
250 gr makaroni, rebus hingga lunak
5 btr telur ayam
200 gr daging asap, potong panjang
400 ml susu cair
1 sdt garam
1/2 sdt pala bubuk
150 gr bawang bombai cincang
1/2 sdt lada halus
100 cc krim kental
125 gr keju cheddar, parut
2 sdm margarin

Cara membuat :

  1. Panaskan margarin hingga leleh, tumis bawang bombai hingga harum, masukkan daging asap. Angkat.
  2. Campur makaroni, telur, daging asap, garam, lada, pala, 100 gram keju parut, susu dan krim kental. Aduk hingga rata.
  3. Siapkan pinggan tahan panas olesi dengan margarin.
  4. Tuang adonan makaroni ke dalam pinggan, taburi atasnya dengan sisa keju parut. Panggang dalam oven panas bersuhu 180oC selama 35 menit hingga permukaan makaroni kuning kecokelatan. Angkat. Potong-potong.

Untuk 4 porsi

About these ads

19 Responses so far »

  1. 1

    gasolku said,

    wah bingung mau nyoba yang mana????

  2. 2

    surgazka said,

    kayaknya semuanya harus dicoba tuh…..nyam-nyam…enak….mayan buat jdi cemilan pas dingin2…makasih yak

  3. 3

    novia said,

    duh coba yang versi mana dulu yah… ^o^, semua kliatanny yummy

  4. 4

    meli said,

    aku uda coba resep nya mbak ine mak nyoss…^^

  5. 5

    Felicia said,

    Ad yg gx dipanggang gx?

  6. 6

    Nani Suprihatin said,

    aku bingung kira2 mana yg paling enak ya?Bagi yg sdh nyoba semua tlg kasih tahu

  7. 7

    wita said,

    krim kental itu apa si? beli dimana, dan mereknya apa ya yang terkenal??

  8. 8

    lia said,

    Kami sekeluarga kurang begitu cocok dengan makanan kalengan, kalau daging kornet di ganti dengan dading sapi segar yang di cincang, boleh aja kan?
    Terima kasih :)

  9. 9

    dion said,

    wah.. kira2 yang dah nyoba enak versi yang mana yah..?

  10. 10

    siti said,

    mau coba nech buat ultah suami. nyam nyam nyam tambah sayang deh

  11. 11

    ummi zahra said,

    kalo resep schotel yg kira2 disukai anak 1 thn ada? tlg dong krm ke emailku..thanks.

  12. 12

    retno sri rahayu said,

    pengen nyobain yg mana aja deh..nyamm nyamm..

  13. 13

    bhetsy said,

    okay, mau cobaaaa aahhh….br dapet susu sapi segar….hihi…blanjaaaa dl…

  14. 14

    erna said,

    emmm enak bgt apalagi klo musim hujan

  15. 15

    anny said,

    ada gak sih makaroni schotel yg di kukus?soalnya gak punya oven..hick..hick..

  16. 16

    Yuummmyyyy deeehhh :p

  17. 17

    selain pake oven, bisa dipanaskan biasa diatas kompor ngga?

  18. 18

    RATNA said,

    MANTAP.. THNKS RESEPNYA


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 96 other followers

%d bloggers like this: