GUDEG YOGYA

Sumber: Lisa Basuki

Gudeg Nangka

Bahan :

1 kg nangka yg sedang tuanya (tidak terlalu muda dan tdk terlalu tua), potong-potong (echa: 3 kaleng)
12 btr telur rebus utuh (kupas kulitnya kalau ingin bumbunya lebih meresap)
1000 cc air kelapa (echa: nggak  pakai, tapi pakai air + 1 sdt cuka)
8 – 10 lbr daun salam
5 – 8 iris lengkuas ½ x 8cm yg diiris menurut panjangnya
200 gr gula merah, iris halus
2000 cc santan dari 1 butir kelapa (echa: 1 liter santan kotak)
(echa: air teh untuk warna coklatnya)

Haluskan :
12 btr bawang merah
12 siung bawang putih
1 sdt ketumbar (echa: 1 sdm)
2 sdm garam (echa: 3 sdt)

Cara Membuat :
Tahap I

  1. Karena memasaknya butuh waktu lama dan sampai cairannya mengering, maka gunakanlah panci beralas tebal.
  2. Tata daun salam menutupi dasar panci, tata juga diatasnya irisan lengkuas (selain sebagai penyedap, juga berfungsi sebagai alas masakan ini agar tidak hangus).
  3. Campur bumbu halus dengan 500 cc air kelapa, aduk rata.
  4. Masukkan berturut turut potongan nangka muda, telur rebus, gula merah, siram bumbu halus yang dicairkan dengan air kelapa.
  5. Tambahkan air kelapa secukupnya sebatas tinggi nangka + telur tadi agar terenda.
  6. Tutup panci rapat-rapat, masak diatas api sedang , tanpa dibuka tutupnya sekalipun selama kira-kira 2 jam.

Tahap II

  1. Setelah 2 jam lihat apakah airnya sudah tinggal sedikit, angkat dulu telurnya dan sisihkan sementara agar tidak hancur.
  2. Masukkan santan, aduk-aduk dengan sendok kayu sambil menghancurkan potongan nangka (jaga jangan sampai daun salam dan lengkuasnya terangkat . Pada tahap ini volume nangka menjadi kurleb separonya.
  3. Masukkan kembali telurnya sampai sedikit terkubur dalam nangka.
  4. Masak lagi dengan api kecil selama minimal 3 jam.
  5. Aduk sesekali sampai santan habis.
  6. Pada tahap II ini  biasanya memasak sampai 7 jam pake kompor listrik dengan pengaturan api 1/2nya atau 300w agar terjaga kestabilan apinya, karena kalau pakai kompor gas, apinya suka mati karena diatur kecil sekali.
  7. Hasilnya gudeg cantik berwarna coklat kemerahan dengan cairan yang sedikit dan kental.
  8. Siramkan areh/ kuah opor ayam kental diatas gudeg nangka ini secukupnya pada saat dihidangkan.

Cara Membuat versi  Echa (dengan panci tekan dan nangka kaleng):

  1. Rebus nangka kaleng yang sudah dipotong-potong dengan panci tekan sesuai petunjuk panci. Matikan, sisihkan nangka dan sisa air rebusannya.
  2. Susun  daun salam di panci tekan.
  3. Susun lengkuas.
  4. Masukkan nangka rebus.
  5. Tambahkan telur rebus yang sudah digurat-gurat dengan pisau.
  6. Masukkan gula merah iris
  7. Campur bumbu halus, garam, cuka, air sisa rebusan nangka, cuka, dan santan. Aduk rata, tuang ke dalam panci.
  8. Tutup panci dan jerang di atas kompor. Untuk kompor listrik yang biasa di pakai di Jerman, saya setel di nomor 1
  9. Masak kira-kira 1 jam. Matikan kompor. Dan tunggu sampai panci bisa dibuka. Aduk rata.
  10. Tutup panci, dan masak kembali dengan api kecil selama kurang lebih 1 jam.

Pelengkap Gudeg: Bumbu Areh, Opor Ayam & Tahu, Sambal Goreng Krecek
Bumbu Areh

gunakan kuah opor ayam tahu yang sedap dan yang jumlah santannya dilebihkan dan kental, karena areh tradisionalnya
hanya santan yang cuma dibubuhi garam dan daun salam aja.

OPOR AYAM TAHU

Bahan :
2 ekor ayam, potong 8, goreng setengah matang
4 buah tahu putih besar, potong 4, goreng
2250 cc santan dari 3 butir kelapa ( pisahkan kental dan encer )
4 sdt gula merah
3 btg serai, memarkan
6 lbr daun jeruk purut
minyak goreng untuk menumis

Haluskan :
18 btr bawang merah
18 siung bawang putih
15 btr kemiri sangrai
1 sdt ketumbar sangrai
1 ½ sdt jintan sangria
3 cm langkuas
5 sdt garam

Cara Membuat :

  1. Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum, tuangi santan cair.
  2. Masukkan gula, serai, daun jeruk purut, didihkan.
  3. Masukkan ayam dan tahu yang telah digoreng sampai kuah tinggal setengah.
  4. Masukkan santan kental, timba-timba agar santan tidak pecah.
  5. Masak terus sampai santan agak mengental

SAMBAL GORENG KRECEK

Bahan :
300 gr krupuk krecek khusus masakan (kalau yg untuk dimakan langsung sering hancur bila dimasak )
200 gr kacang tolo
50 gr cabe rawit besar warna merah, kuning dan hijau ( jumlah bisa disesuaikan dgn selera )
1 sdt asam
2 ltr santan dari 1 butir kelapa ( pisahkan yang kentalnya )
3 lbr daun salam
6 cm lengkuas, memarkan
100 gr cabe merah besar, rebus, blender halus
100 cc minyak goreng
garam secukupnya
gula merah secukupnya

Haluskan :
12 btr bawang merah
12 siung bawang putih

Cara Membuat :

  1. Cuci kacang tolo sampai bersih, tiriskan dan masukkan dalam air mendidih dipanci hingga terendam kurleb 5 cm diatasnya. Diamkan selama 2 jam, hingga kacang mengembang.
  2. Rebus kembali, didihkan selama kurang lebih 10 menit (tambahkan airnya hingga tetap terendam air 5 cm diatasnya).
  3. Tiriskan dan bilas dengan menyiramkan air sampai bilasannya jernih.
  4. Rendam krecek dgn air biasa hingga lunak, peras dengan kedua telapak tangan saling menggengam agar krecek tidak hancur. Bilas dan peras lagi beberapa kali dengan cara yang sama, sampai keluar semua minyak yang coklat kehitaman dan airnya jernih.
  5. Tumis cabe merah halus dengan 100 cc minyak goreng, hingga minyaknya keluar dan berwarna merah menyala, sisihkan.
  6. Tumis bumbu yang dihaluskan dengan sedikit sisa minyak tumisan cabe sampai harum, masukkan serai, daun jeruk purut.
  7. Tuangi santan cair, didihkan, bubuhi garam dan gula.
  8. Masukkan Kacang Tolo, masak sampai matang, kemudian masukkan kreceknya dan santan kental.
  9. Timba-timba agar santan tidak pecah , setelah agak mengental masukkan cabe rawit.
  10. Masak terus sampai kuah mengental, dan minyak berwarna merah cerah mengambang dipermukaan.

Catatan:

‘Ampas gudeg’ yang berupa salam, laos dan sedikit gosongan nangka berbumbu bisa dipakai untuk membuat telur pindang susulan. Tambahkan air/santan encer, garam dan gula secukupnya sampai telur rebus yg diretakkan kulitnya terendam. Masak lagi sampai kulit telur coklat, dan bumbu meresap.

About these ads

30 Responses so far »

  1. 1

    anin said,

    pengen bikin gudeg aja susah banget sih bikinnya, hheeeeeeeeee

  2. 2

    Fefe said,

    Apa ayam meti digoreng dulu ? bedanya apa sama yang tidak digoreng dulu ?

  3. 3

    mahfud said,

    matur nuhun mbah atas resepipun
    istriku iso masak

  4. 4

    Aay said,

    wah..gila lama amat sampai 7 jam…ngabisin gas ya…
    kayaknya mending beli ajah kali ya..ha..ha.tau beres…kecuali resep opor dan kereceknya…bisa bikin sendiri…
    thank’s alot

  5. 5

    thenien said,

    Halloooo.saya mau coba sambel kreceknya mks

  6. 6

    mariaalbatuul said,

    “duh,susah banget ya?! ada resep yg enaknya sama tp bikinx gak susah2 banget gitu’ TRIMS YA

  7. 7

    soegeng fitrijono said,

    “mow coba ah……,mbil takbiran asik kali ya…..”

  8. 8

    tutty ningsih said,

    kmrn diksh gudeg sm temen eh pgn jg bkn sdr mo nyoba ah

  9. 9

    Saya suka mencoba resep2 juga gudeg dari teman saya yg asli Yogya hanya saya kurangi gulanya agar tidak terlalu manis hasilnya Ok teman2 suka sekali, tapi saya akn coba resep anda ini (baru baca) semoga saya cocok juga, oh ya saya selalu pakai slom cooker yg automatice jadi bikin malam paginya bisa buat makan siang (branch) serasa di Yogya deh….

  10. 10

    achie said,

    ngidam gudeg..alhamdulilah swami rela plg mlm demi beliin gudeg yg susah dapetinx d balikpapan,tp blm puas krn porsix dikit n hrgx yg mahal bgt,heheee… bsk2 mw nyoba ah dgn resep ini..mdh2an sukses y :D

  11. 11

    Janeeta said,

    membuat gudeg lebih simpel, resep spt diatas, masukkan semua bahan, bumbu + telur rebus masak dengan rice cooker, biarkan beberapa jam hingga air tinggal sedikit, tdk repot, hemat gas, rasa tdk beda…… selamat mencoba

  12. 12

    wiwid rahma said,

    boleh di cobakan mbakyu… syukur2 dijadika usaha “gudeg jogja maknyusss”

  13. 13

    ibu'e acha said,

    Kayaknya maknyuss neehh, boleh..boleh..boleh..

  14. 14

    michelle said,

    bener bener mau kucoba favouritku ini,pakai rice cooker aja dech biar irit gasnya.trimsk n salam

  15. 15

    Ema said,

    Wuuiihh…lengkap ni resepx,lma gk mkan gudeg,pengen nyoba ahh..

  16. 16

    nani said,

    pengen nyoba bikin gudeg, tapi karena teman teman masaknya lama, jadi cari cara yang praktis dan lebih singkat…semoga bisa langsung aku praktekkan deh….

  17. 17

    Bunder Lazis said,

    Untuk resep gudeg jogja bila dibuat dan dijual banyak orang yang beli dan bilang ni makanan memang lazis sekali dan dijadikan resep kuliner banyak yang mengatakan, rasanya top markotop….ipin bilang:”betul,betul,betul…..enaknya macam mana pula ni…ipin ingin cobe ni masakan” n “OK lah kalau begitu

  18. 19

    keke said,

    assalammua’ikum wr. wb

    mbk….
    msak.y tu pke daun jati bs gax?

  19. 20

    ary said,

    wah..coba ah..minta resepnya yaa…tks banget..

  20. 21

    Anna said,

    bahan bumbu krecek tidak di sebutin serai dan daun jeruk purut tp ada di cara memasaknya. Dlm cara memasaknya, setelah cabe besar di blender dan di tumis hingga harum tidak sebutkan jelas kapan di masukan kembali ke dalam masakannya!!!!

  21. 22

    andreas guntoro said,

    kayanya kok cuma saya cowo yg ngisi komen nih. kebetulan lagi nun jauh dr indonesia jd mau ga mau kalau ingin masakan rumah ya bikin sendiri.
    terima kasih resepnya sdh saya coba kemarin, pas banget cuma warna yg belum sesuai keinginan ( biasa yg gelap banget sih waktu di jogja ). Hari ini mau coba opor ayamnya, kemarin lupa beli ayam utuh.
    sekali lagi terima kasih.

  22. 23

    johny said,

    wah jadi ingin ke Yogya lagi buat cicipi masakan ini.

  23. 24

    harus dicoba nih gudegnya

  24. 25

    Sue said,

    Hat sehr gut geschmeckt. Danke.

  25. 26

    Ridho said,

    . Thank’s resepnya ,,, karna aq memang ska Buudeg . . . . . . :D
    . GuDeG ….. . . . . M . . .

  26. 27

    afiah said,

    gudeg ini tahan berapa lama??

  27. 28

    anie said,

    so difficult ya…rempong banget….beli aja kali ya….biar praktis..toh gudeg ga mkanan yang sering dimakan sm my family…sewaktu2 aja mgkin karena kita di yogya…but..resepnya boleh dicoba juga tuh kapan2 kalo ada sesepuh yang lebih sabar tahapnya…hee….aye sih paling sabar sebatas masak ketupat yang 4 jam rebusnya apalagi malem g boleh tidur u persiapan lebaran esokannya…aq pengen tau resep bebe goreng empuk gurih dan lazziz bu…hobby sama sambel koreknya doyan banget yang super pedas…thax ya sis..creative :)

  28. 29

    Evie Tirajoh said,

    Makan Siang dengan Gudeg Yogya Martinah Wahidin II enaknya kan gratisan.

  29. 30

    eny said,

    pingin gudeg….kangen jogja noh ceritanya… di bogor blm nemu yg jualan… klo pake rice cooker biasanya sampai brp jam.?biar cepet gitu..mksh


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 101 other followers

%d bloggers like this: