ONDE-ONDE KACANG HIJAU

Sumber: Tabloid Nova

Bahan Kulit:
250 gr tepung ketan
25 gr tepung sagu
½ sdt garam
¼ sdt vanili
15 gr gula pasir
1 btr telur
150 ml air hangat
100 gr wijen
minyak goreng

Isi:
100 gr kacang hijau kupas
75 gr gula pasir
1 lembar daun pandan
¼ sdt garam
¼ sdt vanili
50 ml santan

Cara membuat:
1. Isi: kukus kacang hijau hingga matang dan empuk. Angkat, lalu haluskan selagi panas. Campur kacang hijau bersama gula pasir, daun pandan, garam, vanili dan santan, aduk hingga rata. Masak dengan api kecil sampai adonan isi bisa dipulung. Dinginkan. Ambil adonan isi 10 gr, lalu bulatkan. Sisihkan.
2. Kulit: campur tepung ketan, tepung sagu, garam, vanili, gula pasir dan telur aduk rata. Tuangi air hangat sedikit demi sedikit, sambil diuleni sampai kalis dan dapat dipulung, sisihkan.
3. Ambil 15 gr adonan kulit, pipihkan. Taruh adonan isi, bentuk bulat hingga kacang hijau tertutup.
4. Celupkan sebentar ke dalam air, lalu gulingkan dalam wijen.
5. Goreng onde-onde dengan api kecil. Setelah onde-onde mengapung, besarkan sedikit apinya, goreng hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Untuk 20 buah

About these ads

18 Responses so far »

  1. 1

    nuno said,

    Pak mau tanya nich, kalau onde-onde tu mau dibisniskan, kira-kira daya tahannya berapa hari yach?

  2. 3

    MULYATI said,

    Maaf saya mau tanyak, kenapa ya saya kalau goreng onde-onde selalu meletus langsung bentuknya berubah tidak bangus.

  3. 4

    arfan banyumas said,

    bisa ngga onde-di buat sebesar bola

  4. 5

    suwarni said,

    buat onde-onde itu dengan tepung ketan kering apa bisa ??

  5. 7

    flat said,

    gimana caranya agar kulit dan isi onde onde bisa misah… jadi bisa bunyi oklok2

  6. 8

    bone said,

    saya pernah buat onde onde kacang hijau tapi kenapa tepung ketan bagian dalamnya masih belum matang ya padahal luarnya dah gosong

  7. 10

    Norma said,

    Ditempat saya tdk ada kacang hijau kupas, gimana cara membuat kacang hijau kupas?

  8. 11

    Wiwien mougharber said,

    Thx ya for shering the recepi

  9. 12

    Inta Murtoyo said,

    kenapa ya, setelah beberapa jam onde-onde yg saya buat kulitnya keras?

    • 13

      Rian said,

      Rata2 gitu pak, keras dan alot klo didiamin lama gak dimakan mah. Ngomong2, ada yg tau gak resep tambahan supaya kulit onde2 lembut walaupun didiamin lama?

  10. 14

    hastuti said,

    sy pengin cari tambahan penghsln jual onde2 dititip di toko. bgmn caranya spy kulit onde tetap lembut walaupun udah dingin ? Berapa hrg jual sy spy dapat untung & hrg terjangkau?

  11. 15

    d'try said,

    mau tanya,,gmana caranya biar onde2 ga keras/alot dalam waktu yg lama?

  12. 16

    Dian ester said,

    Saya mau tanya kacang hijau kupas bisa di beli di pasar tradisional nggak ya?

  13. 17

    hatiyuni said,

    mau sharing nih…., supaya kulit onde onde ga keras sewaktu dingin, buat adonan kulitnya bisa di campur kentang rebus yg di haluskan, silahkan di coba deh…..


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 101 other followers

%d bloggers like this: