NASI BAKAR

Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan:
500 gr       beras, cuci, tiriskan
½ sdm      garam
3 lbr          daun salam
2 btg         sereh
600 ml      santan
50 gr         bawang merah iris
1 sdt         kaldu bubuk
6 sdm       minyak untuk menumis.
Daun pisang secukupnya, untuk membungkus

Bahan Tumisan:
150 gr       daging ayam, potong dadu
100 gr       teri medan, cuci, goreng
3 bh          bawang putih
2 bh          cabe hijau, iris serong
2 bh          cabe merah besar, iris serong
4 bh          cabe rawit merah, iris serong
1 btg         daun bawang, iris kasar
1  sdt        garam
1 sdt         gula pasir
100 ml      air
1 sdt         kaldu bubuk
4 sdm       minyak goreng untuk menumis

Cara membuatnya:
–          Tumisan: panaskan minyak, tumis bawang merah hingga layu, masukkan cabe hijau, cabe merah, dan cabe rawit merah hingga harum, masukkan daging ayam, aduk rata biarkan daging matang dan berubah warna, tuangi air, masak hingga air meresap dan kering, masukkan bahan lain, aduk rata sebentar. Angkat.
–          Nasi : panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum, tuangi santan, daun salam, sereh, garam dan kaldu bubuk, masak hingga mendidih, masukkan beras. Aduk rata, biarkan hingga santan terserap habis dan nasi menjadi aron. Kukus selama 20menit hingga matang. Angkat.
–          Ambil selembar daun pisang, beri nasi matang, dan tengah diberi tumisan lk. 2 sdm, bungkus seperti lontong besar, semat dengan lidi kedua ujungnya. Bakar diatas wajan atau panggangan panas, hingga harum. Sajikan.

About these ads

31 Responses so far »

  1. 1

    ferri said,

    boelh juga nih..

  2. 2

    Darma said,

    kira2 kalau diaplikasikan ke nasi jagung bisa ga ya???
    saya ingin mencoba…

  3. 3

    enggar said,

    Dah tak coba resepnya, waduh wuenaak tenan….layak dibisniskan…he…he..tiap sabtu pagi ,di lobby utama Mall Arta Gading mulai 6.30 – 10.00 sambil olah raga bersama gratis, ikutan bazaar deh…lumayan dapet tambahan penghasilan tak terduga….oh ya, yang mau ikutan senam dipersilahkan lho, bisa ramai-ramai ajak keluarga refreshing berolah raga sehat & sarapan sehat. Thanks ya pak Jatmiko….semoga meghilhami ibu-ibu rt yang lain dlm mengatasi resesi ekonomi kel.

  4. 4

    Arkzura said,

    makasih resepnya.. mau sy coba..

  5. 5

    asri said,

    Mauuuu..di makassar gak ada,kan gak mungkin tiap kali kepengen harus ke bogor…mauuuuuu

  6. 6

    Minta said,

    Kayaknya resep ini ampuh mengatasi swami saya yg suka pilih2 lauk makan,ha 3x.pasti akan saya coba

  7. 7

    undari said,

    berasinya sdh dikukus 1 jam tp kok tdk matang2.apa nanti waktu dibungkus dan dibakar baru jadi nasi

  8. 8

    endro said,

    hebat N uenaxxxxxxxxxxx’s

  9. 9

    Noer elbarbazie said,

    Menarik bwt dcoba
    klo udh ok hsil’y bgus jg djdiin pluang usaha kuliner?

  10. 10

    dexone_bali said,

    boleh jg tu gan..bsk ane coba..thanks

  11. 11

    sari ratna said,

    thx ya resepnya,kebetulan saya penasaran bnget,kmrn ada yg kasih nasi bakar syukuran kok uenak banget,makanya sy pengen coba resep ini.tqvm..

  12. 12

    Aldino Leoniv John said,

    Kayaknya enak nich…dilihat dari bumbu2nya pasti rasanya hmmmmmmm. makasih ya resepnya

  13. 13

    anita said,

    kya.y enak bgtz nich .
    jdi pgen bikin .

    sambal pelengkapy ap y ?
    ksi resep buad sambal pelengkapy donk .
    biar tambah maknyus .

  14. 14

    lani said,

    numpang copy resepnya ya pak.Soalnya aq lagi pengen coba makanan yg bakar2 an gitu.tks

  15. 15

    herry irianto said,

    enak benar nasi bakarnya ,aku pengin jualan nasi bakar gimana resepnya

  16. 16

    mamadon said,

    Praktek pertama kali mendapat acungan dua jempol dari teman2. Beberapa hari kemudian mendapat orderan untuk acara kumpul2. Tapi kelihatannya terlalu berminyak ya? Apakah memang begitu?

  17. 17

    fina said,

    ok bgt deh ky’a…

  18. 18

    juariah said,

    coba ah….

  19. 19

    Asha said,

    Wah kayanya enak tuch.

  20. 20

    heri bastati said,

    Waktu jualan pertama kali agak ragu, tapi setelah banyak peminatnya jadi ketagihan pengin ngembangin..

  21. 21

    sitisriulupi said,

    kayaknya asyik mau nyoba ah

  22. 22

    dian wardiana said,

    bagai mana kalo condimen nya di tambah daun kemangi?? dan di bumbunya di kasi kencur… lebih hangat dan lebih wangi…terima kasih

  23. 23

    prio bintoro said,

    matur suwun resepnya

  24. 24

    mulfib said,

    hatur tengkyu.. hhee

  25. 25

    mami syafaz said,

    tak coba dulu neh mudah2an enaak…thx

  26. 26

    TIN said,

    INI DIA RESEP YANG KUCARI.. MA KASIH

  27. 27

    hendrik said,

    TQ sak akeh2,e yuu

  28. 28

    Ehhmmmm….sepertinya enak nih…dan perlu dicoba…

  29. 29

    makasih resepnya…sangat bermanfaat…

  30. 30

    Endah Budiati said,

    Wajib ∂ï coa nih, makasih ya resepnya….

  31. 31

    yohanda said,

    Boleh…boleh… di coba jg nich…


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 101 other followers

%d bloggers like this: