Lontong Kikil Surabaya

Sumber: Femina

BAHAN:
3 sdm minyak untuk menumis
500 g kikil, rendam dalam air kapur sirih selama 2 jam, cuci bersih, tiriskan
3 L kaldu sapi
2 batang serai, ambil bagian
putihnya, memarkan
5 lembar daun jeruk
1 sdt kaldu bubuk rasa sapi
2 batang daun bawang, iris tipis

Bumbu, haluskan:
10 butir bawang merah
8 siung bawang putih
2 cm kunyit

Sambal Kemiri, aduk rata:
3 butir kemiri, goreng, haluskan
3 buah cabai merah, rebus, haluskan
5 buah cabai rawit, haluskan
50 ml air

Pelengkap:

6 buah lontong, siap saji, potong-potong
6 sdm air jeruk nipis
3 sdm bawang goreng

CARA MEMBUAT:
• Tumis bumbu halus hingga harum, angkat. Sisihkan.
• Rebus kikil bersama air, serai, daun jeruk, dan bumbu tumis, hingga kikil empuk dan kuah menyusut setengahnya, potong-potong kikil ukuran 1,5 x 1,5 cm. Campur kembali dengan air rebusan.
• Bubuhi kaldu bubuk dan irisan daun bawang, aduk-aduk. Angkat.
• Sajikan hangat bersama pelengkap dan sambal kemiri.

About these ads

8 Responses so far »

  1. 1

    eantie said,

    wah enaknya biikin aku pingin pulang kampung aja . ini adalah masakan faforitku

    • 2

      andhis suwono said,

      17 agustus 09 saya ke sby acara keluara disalah satu komplek rumah adik saya sedang ada bazaar ibu ibu dan salah satu stand ada soto kikil suami saya coba dan duh ueeeenaknya suami saya nambah 3 porsi dan bungkus 2 porsi, dari situ saya penasaran ingin mencoba resep tersebut dan saya dapatkan.

  2. 3

    Iis said,

    Bumbunya simpel bnget ya, q kira bumbu lgkp kayak bumbu2 laen’a

  3. 4

    Iis said,

    Alo bumbu utk tahu campur itu apa aja? soal’a mknan ni q jg suka n pingn bikin sdri. Tq

  4. 5

    Rudy said,

    Enak banget kikil sapi,aq cowok nggak pernah masak aneh, tapi mencoba masak ini kok yaa nggak mengecewakan,lontong kikil yg enak di sby adalah lontong kikil mas ndut,di daerah krukah ngagel

  5. 6

    fara said,

    ribet nggak ya… kalau bener-bener di praktekkan…

  6. 7

    carpet said,

    waaah pasti enak :)

  7. 8

    DWI said,

    uenak kali ya….


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 96 other followers

%d bloggers like this: