Pepes Ayam ala Keluarga Jatmiko

Bahan:
1 ekor ayam (sekitar 1 kg), potong-potong, bersihkan.
minyak untuk menumis
garam dan gula secukupnya
cabe rawit
sereh, ambil bagian putihnya, potong-potong serong
daun kemangi
daun pisang
lidi atau tusuk gigi

Bumbu, haluskan:
10 siung bawang merah
6 siung bawang putih
10 buah cabe merah (atau sesuai selera)
6 butir kemiri
2 cm jahe
2 cm kunyit atau 1 sdt kunyit bubuk

Cara Membuat:

  1. Jerang kukusan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
  3. Masukkan ayam, aduk rata. Bubuhi garam dan gula.
  4. Terus aduk hingga ayam berubah warna dan bumbu menyerap. Sisihkan.
  5. Siapkan daun pisang. Isi dengan beberapa potong ayam. Beri beberapa buah cabe rawit utuh, sebagian irisan sereh, dan daun kemangi. Bungkus.
  6. Masukkan ke dalam kukusan dan kukus kurang lebih selama 1 jam. Angkat
  7. Panggang di atas bara api beberapa saat.
  8. Siap dihidangkan.
About these ads

21 Responses so far »

  1. 1

    ovie said,

    neng, ari daun kemangi teh naon di dieu nya? kemangi jeung surawung teh sami?

    • 2

      ejatmiko said,

      basilikum, Phie. Tapi Basilikum teh macem-macem. Kalau di sini semuanya disebut basilikum, jadi wae kudu dicium-cium sendiri mana yang kemangi kayak di Indo mana yang bukan:-D

  2. 3

    bu ani said,

    waduh sepertinya eunaak tuh… kalau ayamnya daging dada aja boleh ga?

  3. 4

    Dany said,

    Boleh nih dicoba … abis makan ayam goreng mulu Bosen….

  4. 5

    leni said,

    aq suka banget ama pepes ayam aq harap aq akan masak untuk mamaku yang ada di kediri

  5. 6

    ludie said,

    mmmhhh…nanti mau coba ah

  6. 7

    Indri said,

    U/ semua bumbu pepes hrs ditumis dlu? Nyamii…suamiku doyan ngga ya

  7. 8

    ayahfaruq said,

    sedapnyoooooo

  8. 9

    Laila said,

    Ok bgt.q mau coba buat suamiku tercinta

  9. 10

    ovie said,

    Cha,baru dicoba lagi hari ini *da ga ada yg ngirim opor,keukeuhhayangopor.com* enak euy… ga pake daun kemanggi,diganti ama mint,tapi ga banyak banyak daunnya,bingung sih nyari kemangi.

  10. 11

    Dewi said,

    i like ur resipi,,,, sy sdh coba beberapa kali,,, its really nice,,, yummy

  11. 13

    olah2 said,

    [...] Pepes Ayam [...]

  12. 14

    adita bieliber said,

    uh………;.
    sedapnya pepes ayam …….
    aku na,,,,,aku na

  13. 15

    Wuihhhhhhhhhh……
    kayaknya mantap tuh…..
    perlu di coba biar ada variasai seni memasak^-^

  14. 16

    Rinrin said,

    Mau nyoba resep yang ini ah …
    @Ovie : apakah dirimu temanku di Bandung …? hehehe…

  15. 17

    Big B said,

    Wuih manappppppppppppp

  16. 18

    Erika Fentiyani said,

    waaaahhh enak nih. aku mw coba ah.

  17. 20

    Susan said,

    Mmmmh enak bgt udh di coba,makasih ya resep Nya… Suami saya American jg suka bgt sampe minta2 lg …. Klo di US,kemangi/ serawung itu Nama Nya lemon basil … Biji Nya bs di beli di lowes … Klo tanaman Nya jrg yg jual …

  18. 21

    Tati maryati said,

    Ok..aku jg mau coba deh biar variasi masaknya


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 95 other followers

%d bloggers like this: