Archive for masakan serba kukus

Pepes Ayam ala Keluarga Jatmiko

Bahan:
1 ekor ayam (sekitar 1 kg), potong-potong, bersihkan.
minyak untuk menumis
garam dan gula secukupnya
cabe rawit
sereh, ambil bagian putihnya, potong-potong serong
daun kemangi
daun pisang
lidi atau tusuk gigi

Bumbu, haluskan:
10 siung bawang merah
6 siung bawang putih
10 buah cabe merah (atau sesuai selera)
6 butir kemiri
2 cm jahe
2 cm kunyit atau 1 sdt kunyit bubuk

Cara Membuat:

  1. Jerang kukusan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
  3. Masukkan ayam, aduk rata. Bubuhi garam dan gula.
  4. Terus aduk hingga ayam berubah warna dan bumbu menyerap. Sisihkan.
  5. Siapkan daun pisang. Isi dengan beberapa potong ayam. Beri beberapa buah cabe rawit utuh, sebagian irisan sereh, dan daun kemangi. Bungkus.
  6. Masukkan ke dalam kukusan dan kukus kurang lebih selama 1 jam. Angkat
  7. Panggang di atas bara api beberapa saat.
  8. Siap dihidangkan.

Comments (21) »

Asam-Asam Pepes Ayam

Sumber: ?????

BAHAN:

1/2 ekor ayam, potong 10 bagian, goreng
3 sdm minyak goreng
5 cabai merah besar, iris
3 cabai hijau besar, iris
8 butir bawang merah, iris
16 cabai rawit merah
5 siung bawang putih, iris
8 buah belimbing sayur
1 buah tomat, iris
5 lembar daun salam, iris
6 lembar daun jeruk, iris
200 ml santan dari 1 butir kelapa
2 butir telur, kocok lepas
1 sdt garam dan 1/2 sdt merica bubuk
3 sdm kecap manis

Pelengkap: daun pisang dan lidi penyemat

CARA MEMBUAT:

1. Panaskan minyak, tumis cabai merah, cabai hijau, bawang merah, dan bawang putih sampai harum. Masukkan ayam goreng, aduk rata, masak sebentar, angkat.
2. Masukkan irisan belimbing sayur, tomat, daun salam, daun jeruk, santan, telur, garam, merica, dan kecap manis, aduk rata.
3. Ambil selembar daun, isi dengan 2 potong ayam dan bumbu lainnya. Tambahkan 2 cabai rawit merah, bungkus bentuk tum, semat dengan lidi.
4. Kukus selama 20 menit, angkat.

Untuk: 8 bungkus

Comments (1) »

Pais Tangkir

Sumber: Selera

Bahan :
250 g ikan tenggiri
1/2 sdt garam
1 sdm air jeruk nipis
100 g kenikir muda
daun pisang secukupnya secukupnya untuk membungkus

Bumbu Halus:

3 buah bawang merah
2 siung bawang putih
2 cabe merah
sekerat kencur
100 g kelapa yang muda, parut
1 sdt garam

Cara Membuat:

  1. Bersihkan dan cuci bahan-bahan yang memerlukan perlakuan demikian.
  2. Tenggiri dipotong 2, lumuri dengan garam dan air jeruk nipis.
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan kencur. Campur dengan kelapa parut muda dan garam, aduk rata. Bagi 2.
  4. Ambil selembar daun pisang, letakkan 50 g daun kenikir muda dan satu bagian tenggiri berbumbu. Bungkus dan kedua ujungnya disemat dengan biting. Kukus hingga matang.

Comments (2) »

Siomay

Versi I

Sumber:
Fatmah Bahalwan

Bahan:
500 gr daging ikan tengiri, haluskan
2 sdm bawang merah halus
1 sdm bawang putih halus
2 sdt lada halus
1 sdt chicken powder
3 sdm gula pasir
3 sdt garam
1 sdm minyak wijen
3 btr telur
400 gr labu siam, parut kasar, tiriskan
450 gr sagu tani

Cara membuatnya :
– aduk daging ikan halus dengan bumbu-bumbu halus, tuang telur, aduk rata.
– Tambahkan labu siam, aduk rata, lalu tuangkan tepung sagu, aduk rata lagi, sisihkan.
– Ambil satu lembar kulit siomay, isi dengan adonan ikan, lipat ketas, rapikan bentuk wiron. Taruh diatas loyang yg sudah dipoles minyak, kukus 20 menit.
– Rebus kentang ½ matang, kupas kulitnya, belah dua. Kerat-kerat bagian yg rata, beri adonan ikan. Kukus
– Potong pare, buang bijinya, isi dengan adonan ikan. Kukus 30 menit.
– Potong kotak tahu, goreng sebentar, kerat-kerat dengan gapru salah satu sisinya, tempelkan adonan ikan. Kukus 30 menit.
– Telur rebus belas dua, tempeli dengan adonan ikan. Kukus.

Pelengkap penyajian:
Sambal siomay
– Jeruk limau
– Kecap manis
– Saos tomat.

*****

Versi II

Sumber: Inong Haris

Bahan:
500 gr Daging ikan tengiri dihaluskan
100 gr Tepung sagu
1 sdt Air jahe
1/2 sdt Lada bubuk
1/2 sdt Gula halus
1 sdt Minyak wijen jika suka
1 sdm Ebi direndam (agar mudah lunak)
Garam secukupnya.

Cara Membuat:
Campur semua bahan, aduk hingga rata dan kalis, balutkan pada tahu dan telur rebus sisanya bulatkan sesuai selera.
Kukus siomay di dalam kukusan hingga matang, jika suka tambahkan kol yang digulung dan pare(dapat diisi dengan siomay)

Cara menghidangkan:
Ambil siomai yang telah matang dari dalam kukusan (kondisi masih panas), potong sesui selera.
Siram siomai dengan sambal kacang, beri kecap manis dan air jeruk limo (kulit jeruk dapat dimasukkan ke dalam siomay, agar aroma lebih harum).
Siomay pun siap dihidangkan.

*****

Versi III

Sumber:
Sedap Sekejap

Bahan :
10 lembar kulit pangsit
350 gram ikan tenggiri cincang
30 gram tepung kanji
1 butir putih telur
100 gram udang cincang
1 buah tahu cina, potong segitiga menjadi empat bagian
3 buah pare, potong bulat, buang isinya.
6 lembar kol, kukus hingga matang
1 batang daun seledri, rajang halus
6 buah kentang ukuran sedang, kupas, kukus hingga matang dan bagi 4 bagian.

Bumbu halus :

5 siung bawang putih
1 1/2 sdt merica
1/2 sdt gula pasir
2 1/2 sdt garam

Cara membuat :
1.Buat adonan siomay : campur ikan tenggiri, udang, tepung kanji, putih telur, bumbu halus, aduk hingga rata. ambil 1 lembar kulit pangsit isi dengan 1/2 sdm adonan siomay masukkan dalam cetakan kue mangkuk, biarkan bagian atasnya terbuka, sisihkan.
2.Siapkan pare, isi dengan adonan, sisihkan. Ambil 1 buah tahu, lubangi tengahnya lalu isi dengan adonan.
3.Siapkan panci pengukus, kukus semua siomay, tahu, pare hingga matang
4.Ambil 1 lembar kol, lipat kemudian gulung, sisihkan.
5. Hidangkan siomay dengan saus kacang.

*****

Versi IV

Sumber: Agnes Tri Harjaningrum

Bahan:
2 ons daging ayam dicincang
1 ons udang dicincang
2 ons ikan tuna/tenggiri dihaluskan
1 ons tepung tapioka/aci
2 sendok makan ebi digoreng dan diuleg lemes.

Bumbu halus :
4 bawang putih
4 bawang merah
1 sdt merica
1/2 sampai 1 sdtbumbu masak/vetsin/royco
1 sdt gula
1 sdt garam
5 sdm kecap ikan

Cara Membuat:
– Semua daging dan bumbu diuleg/blender/mixer, lalu diulet pake tangan.
– Tambahkan air biasa 150 cc boleh ditambah lagi max 50 cc, disesuaikan, pokoknya tidak terlalu cair, juga tidak terlalu keras.
– Setelah semua tercampur, harus langsung dibentuk.
– Kalo pake tahu jangan lupa tahunya rendam pake air garam dulu
– Setelah itu, kukuslah kurang lebih setengah jam…
– Hidangkan dengan sambalnya

*****

Versi V

SIOMAY plus SABU

Original Recipe : Ine <inedw@…>

Ini siomay hasil adaptasi dari sana sini, udah di coba saat liburan kemarin, hasilnya enak. Jangan dipikir karena di ganjal SaBu (SAwi putih dan laBU) maka akan mengurangi cita rasa, hohoho…ini justru membuat siomay tidak terlalu kenyal, malah bertektur unik dan lebih bergizi. Buat lauk di sajikan bersama lauk lain, oke juga. buat di makan gitu saja laksana dim sum, ya gak dilarang:-)

Kalau mau gaya lokal, siomay di sajikan dengan bumbu kacang. kalau mau gaya chinese, pakai sambal botolan.

Bahan :
200 gr daging ayam giling
50 gr udang kupas, haluskan
50 gr daging tengiri, haluskan
30 gr sagu tani (lebih kurang ya, tergantung suasana bahan :-)) masukkan yang terakhir saja, kalau berasa terlalu lembek, tambahkan sedikit sedikit lagi.
30 cc telur putih
3 lembar sawi putih, iris halus
1/4 buah labu siam, potong dadu halus 2X2 mm – kalau suka, bisa di ganti rebung – eh… ntar bukan sabu lagi namanya, tapi SARE :-)
2 sdm minyak wijen
1 sdm kecap asin
1 sdm kecap ikan
1 sdm angciu (optional)
2 sdm air jahe (dari 2 cm jahe di haluskan, tambah 1 sdm air, lalu di saring/peras)
1/4 sdt merica
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 buah wortel serut halus dengan parutan keju (kalau ada telur kepiting sih….enakan telur kepiting ya!)
lebih kurang 30 lembar kulit pangsit

Cara Membuat :
1.. Campur semua bahan, kecuali wortel serut dan kulit pangsit, aduk rata, isikan pada kulit pangsit, bentuk menjadi siomay. Atasnya di kasi sedikit wortel serut/telur kepiting. Tata di kukusan, beri jarak sekedarnya agar tidak saling lengket.
2.. Semprot dengan air sampai kulit siomay basah kuyup. Trick ini agar siomay lembab dan kulit nggak kuning kusam. jangan takut2 membasahi kulit siomay ya, hasilnya siomay akan cantik putih kayak pakai sabun Dove :-))
3.. Kukus selama 30 menit. Sajikan hangat.

*****

Versi VI

Siomay ikan wortel

Sumber : Koran Kompas

Bahan-Bahan :
200 gr daging ikan kakap
1 sdm tepung sagu
1/2 buah bawang bombay iris halus
75 gr wortel iris halus
2 buah cabai merah besar, buang bijinya, iris halus
2 sdm minyak makan
daun bawang secukupnya
garam dan lada secukupnya
kulit pangsit sebagai bungkus

Cara Mengolah :
1. Blender daging ikan, campur dengan telur, tepung sagu, wortel, bumbu-bumbu, minyak, garam dan lada, aduk hingga tercampur rata.
2. Ambil cetakan mangkuk kecil, masukkan kulit pangsit, isi dengan adonan ikan.
3. Kukus hingga matang, angkat.
4. Hidangkan dengan saus tomat.

Comments (50) »

Bapau/Bakpao/Bakpau

Versi I

Sumber: Sahak Pribadi

Bahan Kulit:

250 gr tepung hongkong*)
250 gr tepung terigu segitiga*)
50 gr gula halus
11 gr (1 bks) ragi instant (fermipan, gist, dsb)
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
250 ml air es
50 gr mentega putih

Bahan Isi Daging :
2 siung bawang putih
1/2 siung bawang bombay
100 gr daging giling (sapi atau ayam)
1 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
lada, garam, gula secukupnya

Bahan Isi Kacang Hijau :

100 gr kacang hijau kupas direndam 1 jam
75 gr gula pasir
100 ml santan kental
1 lembar daun pandan dirobek-robek
1 sdt garam

Cara membuat kulit:

  • Campur semua bahan kering
  • Masukan air es sambil diuleni
  • Masukkan mentega putih dan uleni terus sampai kalis (tidak lengket ditangan)
  • Ambil sejumput adonan, pipihkan dan isi dengan isi sesuai selera
  • Bentuk adonan, taruh dikertas roti yang sudah dipotong-potong
  • Kukus selama 10 menit

Cara membuat isi daging

  • Tumis bawang uptih dan bawang bombay sampai harum
  • Masukan daging giling, aduk rata
  • Masukan kecap manis + asin, gula, garam, lada
  • Aduk rata sampai daging empuk…angkat dan dinginkan

Cara membuat isi kacang hijau

  • Campur semua bahan dalam wajan anti lengket
  • Taruh diatas api, aduk terus sampai kalis
  • Angkat dan dinginkan

Note:
*) Tepung Hongkong bisa diganti tepung tan mien atau ganti tepung hongkong dan tepung terigunya dengan 500 tepung protein tinggi yg biasa digunakan utk roti/donut.

Comments (10) »

Pempek Kelesan

Sumber: Sedap Sekejap

BAHAN:
1/2 resep adonan dasar pempek
saus cuko

CARA MEMBUAT:
1. Saring adonan pempek hingga menyerupai krupuk dengan menggunakan piri’an (saringan) lalu kukus sampai matang.
2. Sajikan dengan cuko.

Untuk 15 buah

Leave a comment »

Lontong Ayam

Sumber : Majalah Sedap Sekejap

Bahan-Bahan :

300 gram beras
700 ml air
1 1/2 sendok teh garam
6 butir bawang merah, iris halus
Daun pisang untuk membungkus
Minyak goreng secukupnya

Bahan isi :
200 gram ayam giling
3 siung bawang putih, dicincang halus
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
1 batang daun bawang, diiris halus
2 pohon kemangi, siangi

Cara Mengolah :
Membuat isi :

1. Tumis bawang putih sampai layu.
2. Masukkan ayam.
3. Aduk sampai berubah warna.
4. Bumbui denagn garam, merica, daun bawang, dan daun kemangi.
5. Aduk sampai matang.

Membuat lontong :
1. Tumis bawang merah dengan menggunakan kurang lebih 4 sendok makan minyak goreng, hingga harum.
2. Rebus air sampai mendidih.
3. Masukkan beras ke dalam air mendidih, aduk hingga terserap.
4. Tambahkan bawang tumis dan 2 sendok makan minyak goreng, aduk rata.
5. Sendokkan aron pada daun pisang lalu tambahkan isi.
6. Gulung lalu semat kedua ujungnya.
7. Kukus selama 25 menit, hingga matang.

Comments (1) »

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 101 other followers