AGAR DONAT TERASA LEZAT

Sumber: ???

Jengkel karena donat yang Anda buat tidak pernah sebaik donat yang dibeli di toko? Tips ini mungkin bisa membantu Anda.

Donat adalah penganan yang disuka oleh hampir semua orang. Cara membuatnya pun, tidak terlalu sulit. Karena itu, banyak ibu rumah tangga yang mencoba membuatnya. Bahkan, kemudian, banyak juga orang yang membuat donat untuk dijual. Keuntungannya, memang lumayan. Banyak pengusaha kecil spesialis donat yang sukses (Lihat Wacana Mitra Edisi 13).

Meskipun pembuatan donat tidak terlalu rumit, tapi, belum tentu hasilnya maksimal. Misalnya, tidak lembut atau empuk, cepat keras, dan sebagainya. Jika donat seperti itu dijual, besar kemungkinan tidak akan laku. Kecuali, mungkin, kalau dijual murah dengan risiko rugi.

Donat yang baik, minimal mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
– Bila digigit tidak lengket dan tidak alot.
– Donat tidak menyerap minyak.
– Tekstur donat halus dan lembut.
– Keempukan donat terjaga.
– Harus ada ring donat setelah digoreng.

Untuk menghasilkan donat yang mempunyai ciri-ciri tersebut, tentu saja kita harus mengikuti resep yang baik. Namun, itu pun bukan jaminan hasilnya akan sesuai dengan harapan. Sebab, dalam prakteknya, ada hal-hal lain yang tidak tercantum dalam resep, tapi sangat berpengaruh pada kualitas donat yang dibuat. Karena itu, ikutilah beberapa tips di bawah ini.

– Bila ingin donat lembut dan empuk, telur yang digunakan adalah kuningnya saja.
– Tambahkan margarine lebih banyak, bila jumlah telurnya kurang/terlalu banyak putih telurnya.
– Bila ingin volume donat maksimal dan hasil maksimal, diusahakan dalam proses pengadukan harus benar-benar kalis. Cara pengadukannya pun harus benar, jumlah tenaga yang dikeluarkan harus seimbang dengan kandungan protein dalam tepung. Semakin tinggi protein yang terkandung dalam tepung, tenaga yang dikeluarkan juga harus semakin besar. Begitu juga sebaliknya.
– Bila donat banyak menyerap minyak, usahakan dalam proses menggorengnya tidak terlalu sering dibolak-balik. Jadi, dalam menggoreng donat usahakan membaliknya cukup satu kali saja.
– Bila donat dalamnya masih mentah dan luarnya sudah hangus, berarti minyak terlalu panas/gula dalam resep terlalu banyak.
– Usahakan dalam menggoreng donat ada ring donat (lingkaran putih pada luar donat) tandanya donat sudah siap digoreng. Tetapi bila ringnya terlalu lebar, berarti donat terlambat dalam menggorengnya. Lebar ring donat paling ideal adalah 1 sampai 2 mm.
– Donat setelah matang dan dingin bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama, asal ditutup plastik dan disimpan dalam freezer. Dengan cara itu, donat bisa tahan sampai 2 minggu. Bila donat akan dikonsumsi, keluarkan dari freezer dan diistirahatkan pada ruangan biasa selama 10 menit, maka donat akan kembali normal.
– Untuk memberikan toping cokelat pada donat, yang baik adalah simpan donat dalam lemari pendingin selama 30 menit, kemudian donat siap ditoping dengan cokelat. Hasilnya akan lebih sempurna.

26 Responses so far »

  1. 1

    martin sitepu said,

    wah terima kasih atas informasi nya!

  2. 2

    vian said,

    Mas Djatmiko,
    tolongin saya dong..
    please, saya kan senang belajar memasak,tapi…
    tiap kali bikin roti atau donat, saya ga pernah bisa buat adonan samapi kalis, semuanya tetep lengket, padahal setiap kali bikin saya menguleni sampai satu sampai 2 jam lebih lho, sampai 2 mixer saya terbakar juga,gimana ya caranya ? thanks
    Vian

    • 3

      iegus said,

      Mbak vian saya hanya membantu share aja, aku buat donat hanya 2x dan hasilnya hampir sempurna walaupun kasi topignya yg acakadut karna aku juga pake yg instan sih jadi tinggal uleni aja dan tambah telor margarin aja, dan gak perlu pake mixer coba mba…pake tangan aja dr awal sampe kalis..insyaAllah bisa.;)

  3. 4

    yati said,

    mas, saya mau minta tolong ne mas, sebelumnya makasih banyak. Gini, kakaku lagi coba usaha jual donat, tapi masih kecil-kecilan. nah gimana caranya biar donat itu awet tahan lama tapi tetep empuk. ..?baru 2 hari ja uda keras padahal pertamanya juga empuk banget, yah gak perlu lam-lama banget si, kalu bisa lebih dari 3 hari j…mas kalau tau resepnya tlng ya, plese, dan makasih banyak ya mas…
    yati

  4. 5

    fay said,

    Mksih mas tipsnya!moga x ni berhasil….

  5. 6

    vera said,

    salam kenal mas, makasih ya tuk tipsnya..berguna banget nih..tapi mau tanya nih Mas, maksud ring donat tuh apa ya? terbentuk ring donat itu setelah digoreng ato setelah difermentasi/dibulat2kan (sebelum digoreng) ? Kok saya kalo buat donat ga pernah terbentuk ringnya ya, jadinya rata semua warna kulit luar donatnya, ga ada garis putihnya..mohon bantuannya ya Mas…terima kasih banyak …

  6. 7

    vera said,

    Mas..maksud ring donat tuh apa toh Mas ? terbentuknya setelah digoreng ato sebelum digoreng ? Bagaimana caranya biar ada ring donat nya? Makasih sebelumnya Mas.

    • 8

      yanti said,

      salam kenal, saya baru praktek buat donut kentang sekali hasilnya ok, namun yang saya sayangkan teksturnya tidak halus. bagi tips donk supaya teksturnya lebih halus

  7. 10

    ly said,

    mas, lama menguleninya berapa menit?sy menguleni hampir 45 menit ko belum kalis elastis ya?kalo adonan tdk bisa dibentuk itu karena apa ya?thanks

  8. 11

    Fia said,

    nie pak jatmiko pati ya…

  9. 13

    Vera said,

    0ya, gmn caranya qta tau kalo ad0nan itu udah kalis.?

  10. 16

    vedra said,

    Mas Djatmiko

    Saya ingin membuat donat dengan rasa lembut, tahan lama tapi dengan biaya yang murah,…bagaimana ya caranya dan bisakah saya diberikan resep donat seperti yang saya inginkan ?Terima kasih sebelumnya

  11. 17

    dave evad said,

    Bagaimana ya caranya agar coklat yang di tavuri di atas donat itu tahan berjam2 ..
    biasanya saya bikin donat pagi harinya jam 6 untuk di jual, terus sekitar jam 9 udah mulai cair coklat nya. thx info nya

    • 18

      ejatmiko said,

      coklat memang sensitif terhadap temperatur. Jadi untuk menghindari cepat meleleh yang diperhatikan adalah temperaturnya, mulai dari sejak ditaburi hingga seterusnya.

  12. 19

    tanty said,

    Makasih infonxa mas, sy srg bgt bkn donat tp gagal mlulu. Klo boleh sy minute resepnya jga dunk mas. Makasiiih

  13. 20

    dewi said,

    Bila donat yg udah siap digoreng kita simpan dlm freezer, waktu dikeluarkan dari freezer(diistirahatkan), donatnya akan keluar air (berair dikulitnya). Proses selanjutnya cukupkah dgn mengelap saja untuk kemudian kita beri topping? Mksh tipsnya.

  14. 21

    agung said,

    Makasih mas atas informasinya, tapi saya mau tanya, ring donat itu maksudnya apa, apa muncul setelah adonan kalis atau kalau sudah didiamkan selama beberapa menit atau setelah dibentuk donat lalu didiamkan selama beberapa menit, terima kasih atas jawabannya.

  15. 22

    rio said,

    THIS IS VERY USEFUL!!

    GRACIAS!!

  16. 23

    pengen buat donat tp msh blon tau caranya sama sekali……
    ring donat apa ya????

  17. 24

    ridwan said,

    good info nya…tq yaa

  18. 25

    KARNO DARMAWARMAN said,

    Thanks atas tipsnya dan kalau blh minta resep donat utk dijual.Thanks mas.

  19. 26

    herlina said,

    .mas,mhon bantuannya,,
    .supaya donat tdk cpat mengeras bgaimana cranya ya..!!!???


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: