TAHU GEJROT

Versi I 

Sumber: Tabloid Nova

Bahan:
20 bh tahu pong/tahu sumedang
2 sdm bawang goreng

Haluskan:
4 bh bawang merah
3 siung bawang putih
7 bh cabai rawit
1 sdt garam

Kuah:
2 sdm air asam
100 gr gula merah
250 ml air
4 sdm kecap manis

Cara membuat:
1. Buat kuah: rebus gula merah dan air sampai gula larut, angkat, saring.
2. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam larutan gula merah bersama air asam dan kecap manis, masak sampai matang dan mendidih.
3. Potong-potong/gunting tahu dalam piring saji, siram kuahnya, taburi bawang goreng.

*****

Versi II

Sumber: cirebon-line.com

Bahan:
2 buah tahu putih
Minyak untuk menggoreng
5 buah cabai rawit
3 buah cabai merah
3 siung bawang merah
1 sdm gula merah
1/2 sdt garam
5 sdm kecap manis
1 gundu asam Jawa
1/2 gelas air matang

Cara membuat:
* Potong tahu berbentuk kotak-kotak ukuran 4 X 4 cm. Goreng hingga matang. Angkat, tiriskan.
* Larutkan asam Jawa dengan air matang. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, garam dan gula merah dalam cobek tanah liat. Tuang kecap, air asam, aduk rata.
* Masukkan tahu sambil ditekan-tekan dengan ulekan hingga pecah dan saus meresep. Sajikan.

*****

Versi III

Sumber: Kumpulan Resep Masakan Indonesia

Bahan-bahan:
* 16 buah tahu goreng, potong jadi 2
* 4 siung bawang putih
* 2 buah cabai merah
* 4 buah cabai rawit
* 5 buah bawang merah
* 2 buah cabai hijau
* 3 sendok makan air asam
* 1 sendok makan kecap manis
* 250 cc air
* 1 sendok makan gula merah
* 1/2 sendok teh garam
* 1 sendok makan bawang merah goreng

Cara membuat:
Haluskan bawang putih, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, cabai hijau, gula merah, dan garam, lalu masukkan air asam, air, dan kecap manis, aduk rata, masak hingga mendidih, angkat, sisihkan.
Letakkan tahu goreng di atas piring saji, tuangkan saus tadi, lalu taburi dengan bawang merah goreng di atasnya, sajikan.

About these ads

21 Responses so far »

  1. 1

    Kana said,

    Makasih! XD

  2. 3

    rizuki said,

    um yummy

  3. 4

    Eckania said,

    Aku suka bgt tahu gejrot! Makacih lo resepnya..

  4. 5

    popokbayi said,

    Kmrn sempet nungguin tukang tahu gejrot lewat.
    Tapi ga dateng2 juga.
    Trs misua minta dibuatin aja n walhasil disuruh googling.
    Btw, thx bgt info Tahu Gejrotnya :D

    Salam, Bunda Tasya
    http://www.softcluster.net

  5. 6

    ayangaiank said,

    Thankss banget buat resep tahu gejrotnya…..aiank sangat sukka nii…mauu dicobba…..tap bingung kuahnya ituu…
    I am tahu gejrot lover

  6. 7

    Bunda KRW said,

    Belum nyoba neh, dari resep cihuy banget, trims atas resepnya…. From Bunda KRW.

  7. 8

    usi said,

    mksh banget ya resepnya barusan bikin yuuuummmmmiii banget…. bentar oge bikinya.. pokoe manyuuuus…

  8. 9

    santi.. said,

    tx ya resep tahu gejrot’y..

    versi 1 mw aku pake buat aptezer uji kompetensiku nanti..

    doakan aku lulus ya..

    trimakasi..

  9. 10

    cute said,

    Pasti dcoba..jd pngn jualan tahu gejrot..bru sekali mencoba udh ketaghan..

  10. 11

    yuzza said,

    tahu gejrot khas cirebon ada gak resepnya bank??

  11. 12

    bang ucup said,

    Masakan yg murah meriah tapi uenak tenan.Tahu gejrot memang muantaps rasanya.Triims resepnya.Kapan2 akan aku coba…

  12. 13

    sindudndund said,

    wahaha [y] makasih bgt lho resepnya.. Pengen bgt tahu gejrot.. Uda lama ga ada yang jual.. Bkin sendiri aja deh akhirnya tanya om google.. Thanks a lot yah.. :)).. Bsok dcoba ah.. Good luck always..:)

  13. 14

    Firman said,

    wah makasi resepnya,berguna sekali buat kita yang ada di luar indonesia.. :)

  14. 15

    deti kurnia palembang/bandung said,

    kalau dpalembang itu makan nya pakai empek2.. beda kuah nya kalau dpalembang gak pakai kecap sm bawang goreng.. tp top d buat makanan sunda n palembang. walau sm aja tuh makananya/beda2 tipis

  15. 16

    wow ini yang di cari…ijin copas ya

  16. 17

    Ania said,

    Sy kuliah di Bogor, sekarang kerja di MDN. Ga ada yg jual tahu gejrot padahal lg ngidam… sy cari2, ketemu di sini. Thanx a lot

  17. 18

    Wini said,

    Adjjuh kya nya uenak tukh bwt bkin pRktek d sekolahan

  18. 20

    Riri said,

    Makasih buuuanyak,,
    Sekarang lagi kerja di Ternate,gak ada yang jualan tahu gejrot,,
    Alhamdulillah ketemu disini.
    Makasih banyak yaaaa,,

  19. 21

    ryan said,

    sya sedang di amerika disini mana ada tukang tahu gejrot tpi sya mau bikin wira usaha saha di negri org dagang tahu gejrot…….
    dan akhirnya aq dapet resepnya disini trims ya gan….


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 96 other followers

%d bloggers like this: