KRUPUK LEGENDAR

Sumber: Rahasia Ratu Dapur Femina 110 tahun 80-an

Bahan:
50 gr Bleng kering (dapat dibeli di pasar!)
air secukupnya
400 gr beras yang pulen
2 siung bawang putih di haluskan
garam secukupnya
bumbu penyedap secukupnya
minyak goreng

Cara:
1. Larutkan bleng dalam 50 cc air, diamkan selama 5 menit sampai hancur. Aduk aduk
2. Masak beras dalam 1 Lt air sampai jadi aronan, kemudian masukkan larutan bleng, bawang putih, garam dan bumbu penyedap. Aduk sampai air meresap semuanya, kemudian angkat dari atas api.
3. Kukus adonan dalam dandang sampai matang. Setelah itu masukkan nasi yang sudah matang ini ke dalam loyang selagi masih panas.
4. Tumbuk nasi cepat cepat sampai halus, kemudian padatkan denganmenekan nekannya. Supaya mudah dipotong, masukkan loyang dalam lemari es supaya adonan cepat mengeras
5. selanjutnya keluarkan adonan dari dalam loyang, potong potong tipis menurut selera. Kemudian jemur di panas matahari sampai kering betul.
6. Goreng kerupuk yang sudah kering ini dalam minyak panas yang banyak jumlahnya, sampai kerupuk mengembang. Hidangkan.

Untuk 500 gr.

4 Responses so far »

  1. 1

    Anna said,

    saya ibu rumah tangga, saya senang memasak apa lagi jajanan pasar sudah lama sekali saya ingin membuat kerupuk gendar dan kebetulan saya melihat resep keluarga Jatmiko tapi saya tidak tahu dimana saya harus membeli bleng kering apa ini bisa diganti dengan air garam biasa.
    terima kasih

  2. 2

    yanti said,

    selamat pagi
    saya tinggal di prancis, kangen banget sama gendar, saya kurang tau apa itu bleng seperti ada di resep Anda. Tolong dong beri info apa isi bleng itu supaya saya bisa buat disini, nanti boleh tukaran resep à la prancis,
    salam manis, salam kenal, ditunggu ya

  3. 3

    anneke said,

    salam kenal
    saya tinggl diblanda dan salah satu camilan fav kel adalah krupuk gendar. saya ingin belajar bikin sendiri,karena saya rasa lebih enak ada rasa bwng putihnya sedangkan klau beli rasanya biasa & terlalu asin.tapi kendalanya disini dak ada bleng apakh ada resep lain selain harus memakai bleng. mohon informasinya terimakasih atas bantuannya.

  4. 4

    Armilda said,

    Saya tinggal di pedesaan kota Surabaya.penasaran ingin buat,tp apa itu bleng?.saya belum pernah mendengarnya.daridulu saya ingin bisnis bwt krupuk.saat liat resep ni kayaknya harus coba.trims resepnya.do’ain ya…


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 96 other followers

