Royal Icing

Sumber Resep: Fatmah Bahalwan

Bahan:
60 cc putih telur [kira-kira dari 2 btr telur]
225 gr gula halus, ayak dulu ya.
1 sdt cuka
1 sdt air jeruk nipis

Cara Membuat:
– mikser putih telur & gula halus sampai kental
– masukkan cuka, kocok lagi
– masukkan air jeruk nipis, kocok lagi sampai rata.
– bagi beberapa bagian, beri pewarna, kemudian langsung masukkan dalam piping bag, ikat erat.
– icing siap digunakan.

15 Responses so far »

  1. 1

    […] terigu, namun hati2 ya, masukkan sedikit2 saja & ditimbang agar nggak kebablasan – hias dengan Royal Icing bila diperlukan. – setelah dihias, kukis dipanggang lagi ya, ini dilakukan untuk mematangkan […]

  2. 3

    nadine said,

    aku mo tanya dong..
    aku dah coba bikin cookisnya.. pas perrtama di pangang garing..
    tapi pas di hias pk icing (icingnya juga ko ga kental ya, jadi meleber.. hiks)
    trus cookisnya jadi lembek gitu .. knp ya?

  3. 4

    echa said,

    halo nadine,
    kalau RI nya kurang kental coba gula halusnya tambah lagi.

  4. 5

    rachmah said,

    aq dah buat cookiesnya. hm….yummi banget. sampe kedua anakq nambah2 terus. Mau buat lagi ah untuk dijual diskul anakq.

  5. 6

    shinta n susilo said,

    salam kenal mbak…mo tanya gimana ya caranya bikin RI yang mengkilat? Soalnya saya pernah makan cookies yang RI nya mengkilat…keliatannya lbh bagus..n boleh ga adonan RI nya di kasih tepunga maizena? Terima kasih y….

    • 7

      long shot said,

      o iya hanya sekedar saran. kalau bisa saat membuat RI jangan langsung campurkan semau bahan cair kedalam 1 wadah, karena kualitas putih telur (cair/kentalnya) sangat berpengaruh sehingga lebih baik mencampurkannya sedikit demi sedikit sehingga mencapai kekentalan yang di inginkan.. ^^

  6. 8

    tiwi said,

    ak mau tanya,kok adonan cookies jadinya lembek? jd sulit skl dicetak, terpaksa aku sendokin. semua takaran udah pas, knpadonan lembek ya? pdhl cm ak aduk rata aja, n pas mikser mentega n gula jg cm 2 menit.tlg dibantu…trims…

  7. 9

    long shot said,

    @shinta: setahu saya RI tidak bisa mengkilap jadi harus di beri lapisan lagi setelah RI untuk mengkilapkannya sebaikan RI jangan di tambahkan maizena karena akan membuat RI seperti karet dan susah kering @tiwi: adonan cookies akan menjadi lembek jika terlalu banyak di aduk karena adonan cookie mengandung cukup banyak minyak yang di hasilkan dari mentega. kalau tidak terlalu banyak telur atau mntega dan bisa juga kekurangan terigu. maaf kalau ada kesalahan dalam penjelasan

  8. 10

    ENDAH said,

    mba lam kenal, nanya donk..bahan tambahan apa ya yang harus ditambahkan untuk mengkilatkan RI? ayau bagaimana caranya membuat RI mengkilat? sebelumnya TQ ya🙂

  9. 11

    Makasih ya mbak infonya bermanfaat.

  10. 12

    leha said,

    icing masih perlu dimasakkan, maksudnya setelah adoana dicetak lalu diberi icing dan masukan ke oven, gitu ya? soalnya kalo ga dimasak lagikan icing pake telur…. takut kalo masih ada virus yang hidup..

  11. 14

    lia said,

    makasih ya.. cara nya…😀

  12. 15

    lia said,

    heheheh aku masih belajar masak jadinya cari disini dech… :)) (masih nak kanak)😥


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: