Aneka Sayur Asem

Sayur Asem

Sumber: Yasa Boga

Bahan:
250 gr tulang iga, rebus sampai empuk-ambil kaldunya sekitar 1ltr.
100 gr buah melinjo yang tua
200 gr nangka muda-potong 2.x2 cm
100 gr pepaya mentah-potong 2×2 cm
1 buah jagung muda-potong 2×2 cm melintang
50 gr kacang tanah
2 buah labu siam potong 2×2 cm
10 buah kacang panjang-potong 4 cm
50 gr daun melinjo yg muda
3 buah cabai hijau belah 2
1 lembah daun salam
sepotong lengkuas-memarkan
3 buah asam mentah, kupas dan memarkan

Bumbu dihaluskan:
2 buah cabai merah
3 buah kemiri sangrai/panggang
1 sdt terasi
5 buah bawang merah
1 siung bawang putih
2 sdt garam
1 sdm gula merah
1 sdt asam bila perlu

Cara membuat:

  • Rebus buah melinjo dan kacang tanah masing2 scr terpisah agar warna sayur asem tidak keruh – tiriskan.
  • Rebus buah melinjo, nangka muda, jagung, pepaya, dan kacang tanah sampai matang dg kaldu.
  • Masukkan bumbu yg dihaluskan, salam dan lengkuas.
  • Masukkan labu siam, stlh agak lunak, masukkan kacang panjang, cabai hijau.
  • Terakhir, masukkan daun melinjo, asam, garam dan gula. Tambahkan air asam bilamana kurang segar. Masak sampai seluruhnya matang, tetapi tidak terlampau lunak.

*****

Sayur Asem

Sumber: ?????

Bahan :
1 ikat kacang panjang
200 gr kacang tana
2 bh jagung
2 bh labu siam
1 mangkok daun melinjo
1 mangkok buah melinjo
500 gr daging tetelan

Bumbu:
10 btr bawang merah
5 siung bawang putih
7 btr kemiri
3 cabe merah
3 cm lengkuas
1/2 sdm asam jawa
2 sdt gula merah
1 sdt terasi
garam

Cara memasaknya:
· Daging tetelan direbus hingga empuk.
· Bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe, terasi dan garam dihaluskan
. Kemudian masukkan semua bumbu dalam rebusan tetelan.
· Setelah itu masukkan jagung, kacang tanah dan melinjo sampai empuk. Lalu masukkan labu siam,kacang panjang, dan daun melinjo.
· Terakhir masukkan asam jawa dan gula jawa, aduk sebentar. Angkat.

*****

Sayur Asem Jakarta

Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan :
Sayur aseman campur, beli sama tukang sayur. Siangi, cuci, tiriskan
100 gr kacang tanah, cuci rendam sebentar, tiriskan
100 gr daging tetelan
100 gr udang kecil kupas
2 ltr air

Bumbu :
5 bh bawang merah
1 sdm garam
3 bh cabe besar
1 potong tempe
5 bh belimbing sayur
1 sdt terasi
1 ruas lengkuas

Cara Membuat :
1.Didihkan air, masukkan daging dan udang, rebus hingga empuk
2.Masukkan tempe sepotong, belimbing sayur dan cabe besar, rebus sebentar hingga kira-kira tempe empuk dan cabe mateng.
3.Angkat tempe, cabe dan belimbing sayur. Masukkan sayuran campur, biarkan direbus.
4.Sementara itu, ulek bawang merah, garam, terasi hingga halus, masukkan cabe, ulek lagi, masukkan tempe ulek kasar, dan masukkan belimbing sayur mateng, ulek bareng.
5.Masukkan bumbu halus kedalam sayur yg sedang direbus, aduk rata, biarkan mendidih sekali lagi, cicip. Tambahkan gula dan garam sesuai selera.
6.Angkat, sajikan.

Tips :
Kalau suka pedas, cabe tak perlu direbus tapi diulek segar langsung.

*****

Sayur Asem Kacang Ruji

Sumber : Sedap Sekejap

Bahan-Bahan :
100 gram Kacang ruji, rebus sampai empuk
250 gram Tulang sapi, potong-potong rebus dalam 1 lt air
1 lembar Daun salam
1 sdm Air asem jawa
1 sdt Garam
100 gram Kol, iris halus
1 batang Daun seledri, iris halus
1 batang Daun bawang, iris 1 cm
5 butir Bawang merah (bumbu halus)
3 siung Bawang putih (bumbu halus)
4 buah Cabe merah (bumbu halus)
3 butir Kemiri (bumbu halus)
2 cm Lengkuas (bumbu halus)

Cara Mengolah :
1.Setelah kaldu rebusan tulang cukup gurih, masukan bumbu halus, salam, air asam, garam, kacang tolo, kol, daun seledri, dan daun bawang.
2.Angkat setelah semua matang.

*****

SAYUR ASEM SAWI (kalsel)

Sumber: ?????

BAHAN :
200 gram sawi putih, dipotong-potong
2 cm lengkuas, dimemarkan
2 batang serai, dimemarkan
5 sendok makan air asam jawa
2.250 ml air
1 ekor ikan gabus, dipotong-potong
15 lonjor kacang panjang, dipotong-potong
2 buah ketimun, buang biji lalu potong-potong

BUMBU HALUS :

8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri
4 cm kunyit
2 sendok makan garam

CARA MEMBUAT :
1. Rebus air, lengkuas, serai, dan bumbu halus hingga mendidih.
2. Masukkan ikan gabus, masak hingga berubah warna.
3. Tambahkan sayuran lalu masak hingga bumbu meresap.

Untuk 8 porsi

About these ads

22 Responses so far »

  1. 1

    Yayan said,

    Pernahkah anda ke Rumah Makan Lombok Idjo di Semarang? Sayur asemnya enak banget. agak kenatal (tidak encer), dan kesannya ‘rame’. kira-kira apa ya yang membedakannya dengan sayur asem lain? Benu Bule pernah mampir ke situ. saya baru saja menikah, dan Suami saya hobi banget makan sayur asem, so, saya yang gak ahli masak at all ini pengen juga sekali-kali dipuji Suami karena masak sayur asem yang lain daripada yang lain;p thanx;D

  2. 2

    ejatmiko said,

    wah, sayang saya belum pernah ke sana, Mbak. Resep di atas sudah dicoba, Mbak?. MUngkin ada yang cocok. Selamat masakk dan semoga suami senang ya:-)

  3. 3

    aditya said,

    hadohhhh…. hari ini mau masakkk haa… ga ada istri haa….

  4. 4

    rani said,

    buat bkn sayur asem sunda yang sger,, bawang merah ny g d ulek cma d peprek n g pke lengkuas tp pke honje,, tp sy blm tau nh cra buat sayur asem jakarta yg enak,, yang ada kpdesan trus,, kra2 rsep yg pas spt apa ya?? tp sy mau rsep yg simple2 ja,, trims tas bntuanny,,,

  5. 5

    ejatmiko said,

    terima kasih infonya, Mbak

    Sayur asam Jakarta ada di atas (resep ketiga), Mbak. Silahkan dicoba….:-)

  6. 6

    nha said,

    kirim resepnya ya …

  7. 7

    Wah.. makasih.., matur nuwun.., putriku cari tugas sekolah (kelas 5 SD) cara membuat sayur asem, akhirnya mendapatkannya disini.
    Ternyata internet banyak membantu ya… hehehe….

  8. 9

    byna said,

    aku ga begitu suka masak tapi aku pengen banget “cinta” masak. aku suka ngumpulin berbagai macam resep mulai gunting koran, majalah atau dari internet. sekarang aku mulai belajar untuk “cinta” masak cos suami aku bilang masakanku enak (kata suami aku loh) tapi anak aku yang biasanya ga mau makan lahap kalo makan masakanku. sekarang jadi keranjingan masak neeh…btw mas jatmiko pinter masak ya???

  9. 10

    Yanni said,

    Sayur asem…menu favorit andalan disaat bingung mo masak apa….mksh resepny..:)

  10. 11

    vera said,

    makasih banyak ya…. aq terbantu banget lho dengan resep2 nya…. masak jadi mudah sekarang…

  11. 12

    Nur Asni said,

    sayur asem…hmmm, jd inget pd wkt jaman kost2an dulu..senang beli sayur asem di warung ijo…thanks ya, bs bwt sendiri nih…:)

  12. 13

    bang ucup said,

    Hemm..seger banget nih kalo di nikmati siang hari.Terima kasih banyak info resepnya,langsung coba deh..

    salam
    http://o-begitu.blogspot.com/2010/07/bukti-saya-di-bayar-oleh-investamabiz.html

  13. 14

    lisa said,

    Trims banget. sayur Asem cocok banget untuk summer, segar.

  14. 15

    Karissa said,

    emang sayur asem harus pakai daging2an juga yah? kok Ibuku dulu ga pernah tuh… aku mo nyoba versi tanpa daging/tetelan/udang aaah..

  15. 17

    chaya said,

    perlu di coba niih bnyk fersinya
    kyknya seger ya

  16. 18

    malam minggu begini enaknya bikin sayur asem,,,,segerrr!!!

  17. 19

    stellah said,

    woooouuuwww….. seneng nya bisa tahu jenis masakan sayur asem.. saya pengantin baru dan lagi seneng2 nya masak2an yg blum prnah d coba,, sayur asem jadi pilihan saya kali ini. mdh2an suami ku doyan..

  18. 20

    mantap resepnya, terima kasih banyak :)

  19. 21

    Ayu said,

    kebetulan aku lag mau masak syur asem,,,, but… lupa resepnya. thanks

  20. 22

    bali tour said,

    Terima kasih atas resepnya


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 95 other followers

%d bloggers like this: