KANJI RUMBI (Bubur Ayam a la Aceh)

Sumber: Inong Haris

Bahan :
– 1/4 Kg beras (cuci dan rendam),
– 1/2 ekor ayam cuci bersih,
– 250 gr udang rebus,
– Bawang goreng,
– Garam secukupnya.

Bumbu, haluskan dan bungkus dengan kain tipis :
1 sdm ketumbar,
1 sdt merica,
1 sdt adas manis,
3 buah pekak,
seruas jari kayu manis,
8 bawang merah,
1/2 ruas jari jahe,
1/2 buah biji pala.

Cara membuat :
Beras disangrai sampai kuning dan ditumbuk kasar.
Rebus ayam dan beras, hingga ayamnya empuk dan berasnya menjadi bubur.
Ayam empuk potong-potong bentuk dadu.
Kedalam rebusan bubur masukan bumbu yang sudah dibungkus, garam.
Setelah matang hidangkan dengan menabur ayam potong dadu, udang rebus, dan bawang goreng.

7 Responses so far »

  1. 1

    Ririe Granita(tasbi1 medan) said,

    ini bubur enak banget loh..baru kali ini makan bubur ayam enak..bubur ayam ala bandung pake kaldu ayam emang enak tapi bubur kanji aceh ini lebih enak. karena ada kaldu ayam, kaldu udang ditambah rempah adas,pekak dan bum bu lainnya. efeknya hangat ke badan.nagih makannya. tetangga depan rumah saya orang aceh dia dagang ini sebagai breakfast menu di kalangan tetangga.wahhhhh maknyoss rasanya. kara bubur dari beras sangrai ini yang bikin uenak tuenannnnn

    gak rugi ngetes resep ini

  2. 2

    yati said,

    Saya lagi nyari resep bubur kanji rumbi. eh taunya nemu di bank resepnya kelg. jatmiko.
    penasaran, banyak yang bilang enak, jadi numpang baca dan mo nyoba resep ini.
    Trims banyak ya.

  3. 3

    ratih rianto said,

    saya lagi nyari2 resep bubur kanji karena permintaan anak saya, terus nemu resep ini dan mau mencoba..ada satu pertanyaan kalau bumbunya nggak dibungkus kain tipis efeknya apa ya? dan kenapa harus dibungkus. Terima kasih atas perhatiannya

    • 4

      fauziah said,

      gak dibungkus jg ga pa2 bu. Saya di rumah main masuk2in aja. Malah lbh enak krn terasa rempahnya. Makanan favorit brbuka puasa.

    • 5

      Novie said,

      Kalo ngga dibungkus kadang pas makannya suka ngga terlihat dan ikut tergigit, dan rasanya uhmm gmn gitu…kl saya lbh suka dibungkus jadi lbh aman pad makannya, ngga takut tergigit…:-)

  4. 7

    Novie said,

    Kalo di keluarga saya, berasnya diganti dgn beras ketan yg disangrai hingga kekuningan dan rasanta…uhmmmmm…menurut saya lbh enak dari pada menggunakan beras biasa…


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: