Keripik Singkong Pedas

Sumber: Tabloid Nova

Bahan:
500 gr keripik singkong mentah
minyak untuk menggoreng
5 sdm minyak untuk menumis
3 sdm gula pasir
1 sdt cuka masak

Haluskan:
100 gr cabai merah, buang bijinya
5 siung bawang putih
1 sdt garam

Cara membuat:
1. Goreng keripik singkong dalam minyak panas dan banyak hingga matang dan kecokelatan. Angkat, tiriskan.
2. Panaskan 3 sdm minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan agak kering. Tambahkan gula pasir dan cuka, aduk hingga gula larut dan agak kental
3. Masukkan singkong goreng, aduk hingga tercampur rata.
4. Dinginkan, simpan dalam wadah tertutup rapat.

Untuk 500 gr

About these ads

78 Responses so far »

  1. 1

    Lia said,

    Saya mau bertanya, apakah setelah singkong diiris tipis tidak perlu direndan air kapur sirih atau dijemur dahulu agar setelah digoreng hasil singkong lebih renyah karena beberapa resep kripik singkong yang saya baca memberikan resep seperti itu. Thanx………….

  2. 2

    yuli said,

    Bohong…
    aku udah coba salah satu resep yang katanya harus direndam kapur sirih dulu selama 12 jam (1 malam) ternyata hasil yang di dapat malah kueras dan rasa singkongnya udah gak ada alias hambar dan kita makan adalah ampas singkong.
    Terus lagi ada yang aku rendam selama 30 menit hasilnya sama aja gak ngefek dengan yang nggak di rendam
    itu percobaanku yang pengin punya usaha kripik singkong
    nggak tahu yang lain barangkali punya resep khusus
    So kalo ada yang punya resep kripik singkong rasa gadung, aku dikirimi ya..
    Thanx berat.

    • 3

      ria hestiana said,

      kalo aq bikin kripik singkong ga usah direndem pake kapur sirih, abis diiris masukin kedalam air sebentar trs digoreng. Bumbu pedesnya biasa aja kok cabe, bwag merah, bwng putih sedikit n gula merah, garem sedikit aj coz gula merahnya dah ada asinnya. kunci biar enak adalah singkongnya, kalo singkongnya bagus so kripiknya jg jadi bagus n enak. ok

    • 4

      Rachmatullah said,

      kalo yang aku tau, perendaman pake kapur siruh itu untuk mengurangi kandungan HCN yang bisa nyebabin singkong trasa pait… masalah renyah tidaknya kripik, tgantung jenis singkongnya. jenis singkong kan banyak…

    • 5

      selvia said,

      Kl aku nyoba 2 cara perendaman pake kapur sirih, pertama 2 jam, yg kedua 4 jam. Rasa kripik yg 4 jam direndam lebih keras dr yang 2 jam, jd kesimpulanku, semakin lama direndam kapur sirih, semakin keras.

    • 6

      criewelz said,

      jangan lama2 ngerendem di air kapurnya cukup 15 mnt ja ,tambah garam ea biar da rasa gurihnya..

  3. 7

    Q pernah nyoba : hbs singkong di iris tipis tu langsung di rendam 12 jam, tiap 2 jam airnya di ganti, setelah itu sebelum di goreng harus di buat bumbu dulu yaitu bawang + garam + penyedap makanan, bawangnya yang agak banyak biar gurih, baru bisa di goreng, setauku untuk masalah keras atau tidak hasil keripik itu di tentukan kwalitas singkongnya. tu sekedar pengalamanku,silahkan di coba,semoga berhasil. salam dapur – sreng sreng .he,,,he,,,

  4. 8

    agus said,

    saya mau tanya agar singkong bisa bertahan lama..

    • 9

      andry said,

      biar tambah awet, masukan sebentar dalam oven agar keripik singkong dan bumbunya tidak cepat lembek karena masih banyak kandungan airnya

  5. 10

    Bardot said,

    Mau nanya nih, udah dapet belum resep keripik singkong rasa gadung? Kalau udah, tolong donk kirim ke emai saya. terima kasih. Bardot91@yahoo.com

  6. 11

    lekma said,

    saya mo nanya bagaimana caranya membuat kripik singkong rasa gadung

  7. 12

    sundari said,

    saya sudah coba bikin kripik singkong pedas tapi kok bumbu cabenya jadi agak mengeras tapi nggak keluar minyak n tidak bercahaya atau bunbunya mengering ngga seperti orang lain bikin yang bumbunya kalo di pegang agak lengket n berminyak. Tolong donk kasih tahu caranya bagaimana???

  8. 13

    heru said,

    kasih gambarnya dunk!!!!!!!

  9. 14

    Bagus Sukirman said,

    saya juga pernah bikin usaha keripik singkong, tapi hasiilnya masih kurang memuaskan kalo ada rekan yang mempunyai resep bagaimana bikin kripik singkong yang lezat tlk bisa kirim ke saya. makasih

  10. 15

    bila said,

    Disini saya mau tanya dulu , yang anda maksut kripik singkong yang enak itu yang bagai mana.
    kalau saya hingga saat ini masi jualan kripik singkong , cara membuatnya biasa saja
    tapi lumayan banyak lo lakunya setiap hari….. saya jualan di kantor saya .
    Ini aku membuatnya secara alami saja …..ini saya bagi ilmu ya
    1. singkong di kupas , lalu di cuci sampai bersih kalau perlu di sikat supaya yang licin itu hilang
    2. serut pakai serutan singkong, soalnya saya pakai serutan itu karena saya mau yang alami
    3. panaskan minyak goreng hingga panas betul kalau perlu coba dulu masukkan serutan singkong sedikit dulu
    sembari nunggu minyak panas pisahkan singkong yang sudah di serut satu persatu di taruh di piring
    lalu masukkan ke dalam wajan yang minyaknya sdh panas betul, catatan jangan terlalu banyak memasukkan singkong nya ke dalam wajan
    dan seterusnya
    selamat mencoba
    kalau sudah di goreng silahkan mau di blado atau di asinin

    • 16

      puji astuti said,

      saya sudah bikin kripik singkong seperti cara anda sekarang saya mau tanya cara ngebumbuin agar setelah di bumbuin tidak mudah ulet apa sambelnya setelah matang dan dikasih gula pasir harus di tambahin air sedikit

  11. 17

    judika Hutauruk said,

    Q juga punya masalah yang sama dengan teman2 semua yaitu cara membuat singkong supaya rapuh tapi sampai saat ini Q belum dapat juga lho….
    Siapa sich…yang dapat membantu ya…? soalnya Q perlu untuk membuka hoomeindustri gitu…..enak kali ya..?daripada diam lebih baik berkarya.Thx semua.

    • 18

      sunaryo said,

      singkong dikupas trus dikerok sedikit lendir lapisan luar singkong yang sudah terkupas terus cuci bersih rajang setipis mungkis trus cuci lagi lalu tiriskan lalu nyalakan dua buah kompor masing masing dengan penggorenganya minyaknya masing masing 4 kilo penggorengan kiri 4 kilo penggorengan kanan penggorengan kiri apinya sedang cenderung kecil penggorengan kanan api sedang cenderung besar setelah singkong tiris masukan dulu ke penggorengan kiri kira kira agak kering masukan ke penggorengan kanan sampai kering angkat dan letakan dalam tampah lalu bumbui sesuai selera yang paling digemari yaitu masako tabur rasa sapi ditambah bumbu tabur tepung cabe lalu kemas di plastik titipkan ke warung warung sekitar anda untuk mencapai keuntungan 200 rb perlu menjual 200 bal

  12. 19

    MeAndBunda said,

    Kalo’ ada yang punya resep dahsyat membuat kripik singkong, mau dong e-mail ke icebreaker1979@yahoo.com soalnya mau coba2 usaha gitu

    • 20

      hasan said,

      aku juga bru experiment nie..
      rencana market aku menengah ke bwah
      ada singkong yg aku rebus dlu bru d potong2 itu menambah kerenyahan kripik,dan ada juga yg langsung d goreng tp itu kurng renyah..
      tp inget rebus 1/2 matang y ??

  13. 21

    rachmat pujianto said,

    mo tanya jg buat yg udh pernah coba bikin keripik singkong,untuk motong /iris singkong pake apa ya yg praktis tapi hasilnnya bagus.bagusnya lagi klo bentuknya panjang dan lebar kaya keripik padang…

    thanx’s

    • 22

      Rachmatullah said,

      pake slicer mirip yang di tipi2 itu tapi yang ini manual. cari saja di toko kelontong atau kaki lima (yang murahan)

  14. 23

    Rina said,

    q pemula,pngin buat kripik yang renyah,so rsep di atas tak coba dlu yaa…thx

  15. 24

    eka sovianingrum said,

    mo tanya ni, kalo mau bikin keripik dgn berbagai rasa tapi kita mau pake kripik yang sdh jadi, kira kira rasanya ngaruh ga ya , kan kripiknya ga press, dan satu pertanyaan lagi , apa resep bumbu tabur rasa keju, tolong sekali yang tahu resepnya bagi bagi ya Makasih

  16. 25

    adjie said,

    CARA MEMBUAT KRIPIK SINGKONG SUPAYA RENYAH

    Saya penjual bumbu tabur dan biasa menangani pengusaha gorengan termasuk kripik,kacang dll..Jika kita buat kripik supaya renyah banyak yang harus diperhatikan :
    1.jenis bahan ( suingkong )
    2.Proses dari pengupasan-pencucian-pengorengan

    tidak perlu direndam2 pakai zat kimia apapun.trims

  17. 27

    tini said,

    waduh bingung nih…….
    lagi cari cara untuk mengetahui berapa sih 1 kg singkong mentah kalo di jadikan kripik singkong jadi berapa kilo yaaaaa……………….

  18. 28

    diah setiawan said,

    gimana sih cara pilih singkong yg mutunya bagus? Tolong ya dkasih tau

  19. 29

    dante said,

    saya mau tanya jenis singkong apa sih yang paling enak dibuat kripik? n aq mo tanya dong resep yang paling maknyus n cara pembuatan kripik singkong. thx. dredbellion@yahoo.com

    • 30

      Putra Auto said,

      katanya sih jenis singkong “mangu” tapi tergantung yang tersedia di pasaran apa. kalo di ane sih singkong dari sukabumi tau jenisnya apaan, ya udah terima aja yg penting action, mikir untung rugi belakangan, itu baru mental dagang. insyaallah keripik singkong gak ada matinya..

  20. 31

    diah setiawan said,

    klo yg udah aku jlanin biasanya total gram kripik yg matang itu 1/2 nya dr singkong mentah.

  21. 32

    Atikah said,

    Cara yg paling mudah membuat kripik singkong rasa ikan. Setelah singkong di iris2 kita rendam dulu di air garam yg di campur trasi 2 sendok selama 13 menit lalu tiriskan dan untuk menggorengnya menggunakan minyak sisa menggoreng ikan asin..

  22. 33

    ayaka said,

    Jika yg dmaksud singkong pedas ala padang, singkong dpakai yg hanya tumbuh d sumbar (beda jenisnya dgn singkong djawa) dan mmg singkong tsb ttp garing bila dibumbui cabe yg agak basah.
    Dan untuk cabenya sendiri menggunakan bumbu khusus agar lengket pd singkong

  23. 35

    khotibin haji said,

    gimana caranya bikin kripik singkong agar renyah atau kriuk dan bila digoreng tidak melengkung. karena selama ini saya buat bisa renyah tapi hasilnya melengkung.

  24. 36

    Azis said,

    Saya mo berbagi resep.

    Pembuatan keripik singkong dipengaruhi olh jenis singkong. Namun yg paling vital adalah besarnya nyala api. Usahakan yg besar nyalanya dan stabil.

    Saya jg produsen keripik singkong plus bumbu tabur rasa soto koya. Jika ada yg mo kerjasama silakan hubungi 085726585785.

    Bumbu tabur/10 kg saya bandrol 350ribu. Sedangkan dipasaran mencapai 45ribu. Buktikan.

  25. 37

    Endang kristiani said,

    Saya udah pernah praktek kripik singkong tapi hasilnya – puas sangat keras, klw ada yg jual bumbu tabur rasa keju, bbq, jagung bakar pedas boleh dikirim ke email saya

  26. 38

    Refi said,

    Lebh bagus singkong kuning atau singkong putih ya untk buat kripik?

  27. 40

    rahmat said,

    lebih empuk..
    sebelum diangkat taburi bumbu campur air, terdengar nyooosss…. setelah hilang dan kering angkat… bumbu melekat kering kalo di sentuh bumbu tidak lengket di tangan

  28. 41

    qiqi said,

    mmmm tolong dunk berbagla i ilmuy apa ya bumbu kripik singkong yang dari padang

  29. 42

    tyas said,

    saya bikin kripik singkong….stelah di kupas…n di iris2 tipis…kemudian saya rendam pakek air garam selama 14 jam….hasilnya kripik gak begitu renyah…tp mlh agak keras…..?????ada tips agar singkong jd empuk n crispy

  30. 43

    tyas said,

    pakek baking soda juga tetep keras…apa karena di kasi garam ya????????

  31. 44

    1. Direbus singkongny smpai 1/2 mateng
    2. Msukan bumbu yg biasa anda pakai
    3. Goreng hingga mateng truz
    4. Setelah matang kirim krumah saya

  32. 45

    Cara membuat keripik singkong mantap
    Bahan
    1.singkong secukupnya
    2.daun mangkuk
    3.garam,penyedap
    4.1 gelas air
    5.bawang goreng
    6.minyak goreng
    Cara membuat
    1.goreng singkong sampai setengah matang,masukan(campuran air,garam dan penyedap secukupnya)lalu goreng hingga matang.
    2.setelah matang tiriskn.
    3.goreng daun mangkuk sampai hitam kehijau hijauan,tiriskan.
    4.campurkan singkong goreng,b awang goreng,dengan daun mangkuk
    5. sajikan
    SelamaT MENCOBA, KALO BRHASIL COMENT YAAAA!!!

  33. 46

    zee said,

    jdi,,, ksimpulan biar kripik singkong tu renyah n gax keras tu bagus’nya gmna…………?????? mending ga usah di rendam sm sekali yah,,,, jdi stlah di iris tipis lgsung di goreng,,,,, aku mnta rsep bmbu pdas / blado yg dhsyat donk… krm k e-mail q yah… jhie_sp@yahoo.com

  34. 47

    norsiah said,

    selma ini aq bikin kripik sinkong buat usaha sampingn singkongnya gk perlu d rendam, cukup dicuci bersih, di iris tipis n digoreng sampe kering betul, renyah ko..
    aq gk pernah perhatiin kualitas singkongnya, krna memng gk tau singkong gimana yg berkualitas..hehe..

  35. 48

    lili said,

    bagi2 ilmu dong bagi yg tau…aq pernah coba bkin kripik singkong pedas, sebelum di balado singkong sangat renyah tetapi kenapa setelah di balado singkong malah jadi alot ya pdhal bumbu di masak hingga kering, saya udh coba 2x tapi hasilnya msih alot..thanks..

  36. 49

    rosa said,

    Maaf ya ikutan,nenekku org padang,suka buat singkong balado,tp singkongnya gak sekgede yg dr padang ya? :) tp boleh ko di cb,rsnya renyah dan enak..
    Bahan,
    1kg singkong di rebus dg bawang putih dan garam sampai matang.
    Setelah matang iris tipis memanjang,jemur sampai kering betul.
    Setelah kering silahkan di goreng,rsnya mantabs.

    Bumbu balado,
    1ons cabe merah
    1bonggol bawang putih
    6siung bawang merah
    Saus sambal dan saus cabe secukupnya
    Gula merah dan gula pasir secukupnya
    Garam dan penyedap rasa

    Semua ditumis sampai matang dan lengket,masukan keripik singkongnya..

  37. 50

    dessy said,

    emg bener jgn d rendam kapur sirih apalagibawang putih, jd keras banget

  38. 51

    criewelz said,

    mu tanya dunk cara buat keripik dari buah pace???

  39. 52

    sahar said,

    sy br mau cb buka usaha gmn cr membuat kripik aneka macam yg renyah pisang ubi jalar bs g ya

  40. 53

    mustofa said,

    Wah…jadi ngiler…nih

  41. 54

    Aries Syaktiawan said,

    gimana cara bikin singkong jadi renyah mskipun singkongnya jenis keras…??? mohon pencerahannya syaktiawan@gmail.com

  42. 55

    balungbesi said,

    kenapa mesti repot bikin,, ditoko banyak koq keripik singkong…

  43. 56

    Nenny said,

    bagi2 resep kripik’y dunk….biasa kn kl d msukin k plastic tw wadah suka rada liat gmn tu cra’y byr kripik g liat n awet????

  44. 57

    Salam kenal ya dan trima kasih atas infonya

  45. 59

    nida said,

    untuk mendapatkan keripik singkong yang renyah dan gurih…pilih singkong yang masih muda atau setengah tua,iris tipis-tipis.sisihkan…yang paling penting waktu menggorengnya,harus menggunakan minyak yang banyak,minimal 1 kg.kalau lebih banyak lagi lebih bagus.setelah minyak dipanaskan dengan api yang agak besar,jangan api kecil,masukkan irisan singkong yang sudah ditaburi garam secukupnya,jangan terlalu banyak irisan singkongnya,itu yang PENTING tapi cukup satu genggam saja,biar keripiknya bisa mekar dan rapuh.dan waktu meggorengnya juga sebentar sudah garing…malahan bisa digoreng sambil diiris,mudah,praktis,dan hasilnya pasti guriiiiih….silahkan dicoba….

  46. 60

    zibul said,

    y asetahu saya seh klo resep yg dipke ama penjual kripik yg biasa dipinggir jalanm tuh ada obat supaya renyah, namanya Sodium Metabisulfit/ Natrium Metabisulfit , tuh biasabya beli di toko bahan kimia
    Lumayan perOns tuh Rp.5000 doank, tuh dah bisa bwt nggoreng sekarung singkong yo
    Masangnya jangan banyak2, 2gr bwt singkong 1kg, so nklo 100gr dah bisa bwt 50kg dah
    bvt masanghnya janagan banayaj2 cz bisa pahit ntar, sedikit aja ws empuk renyah semua dah
    cara pasangnbya tuh setelah singkong diiirdin tipis2 baru dikasih tuh bahan trus di aduk2 so langsung digoreng dah, sedikit2 aja waktu greng nya
    semoga bermanfaat
    untuk pertanyaan loebih lanjut hub: imron.207@gmail.com

  47. 62

    aQ baru nyoba usaha ini,tapi aq nggak tau bumbu2 spesialnya biar gurih dan renyah.
    mohon tips2nya y…thx.

  48. 63

    Lowo said,

    mau Nambahin ajja…
    kalo mau kriuk..kriuk Potong singkongnya secara Vertikal & pilih Kualitas Singkong yang Baik.

  49. 64

    Benny said,

    Apa bahan-bahan untuk bumbu tabur.

  50. 65

    inu said,

    q pemula,n’ ingin mencoba usaha kripik singkong.ea skedar ingin berkarya z,gmn ea baik nea untuk pembuatan kripik singkong yg enak renyah dan yg pastinya laku untuk di jual????

  51. 66

    daniww said,

    ikut nimbrung ni..jd setau saya :
    singkong tu mngandung sianida (racun),,fungsi prendaman sndiri itu buat ngilangin sianidanya soalny sifatnya larut d air
    trus ad yg nyebut metabisulfit yaa,,itu c klo g slah buat ngjaga doang biar warna kripikny tetep cerah alias g coklat
    bgitu sodara sodara

    dlu saya prnah coba buat kripik2an jg tp bkn dr singkong
    wktu tu stlh dikupas,dicuci,ma diiris,,bahanny direndem pake metabisulfit 15 menitan trus dikeringin d oven mpe kadar aerny skitar 5%,,abis gitu digoreng dehhh
    hasilny renyah plus wrnany tetep cerah

    baydewey wktu tu bahanny saya pake wortel

  52. 67

    Abah said,

    Kawan” gimana caranya supaya pas d goreng kripik nya ga mengecil…
    (supaya mekar)

  53. 68

    rehan hakimie said,

    mau dicoba ni resepnya semoga berhasil…..
    tengkiuuu……

  54. 69

    ferri said,

    sekedar bagi2 informasi, siapa tau berguna buat masbro2 semua.
    TIP AGAR KRIPIK UBI JADI GARING & RENYAH : masuk kan
    potongan ubi yg telah di iris tipis ke dlm campuran air panas yg sudah di taburi soda kue (4 sdt soda kue/ 6 ltr air), diam kan selama 5 menit an, lalu tiris kan, setelah itu kripik siap utk di goreng.

  55. 70

    Fhety Nouna indho said,

    Enak tuch yummy

  56. 71

    Fhety Nouna indho said,

    Semua resep perasaan q enak smua jd bingung milih yg mana

  57. 72

    Shofi said,

    Gmn ya cara membuat bumbu tabur pedas,cos kl beli balado tabur rasa pedasnya kurang?

  58. 73

    anne said,

    hallo metabilsufit itu bahaya ga bwt makanan….trs di toko bahan makanan ada ga y?

  59. 74

    KURANG NGERTI BUATNYA

  60. 75

    thanty said,

    Halooooo..plis ada yg tau cara buat bumbu tabur ga????

  61. 76

    judika hutauruk said,

    harlo…semua,,,muncul lagi saya,ya..untuk teman kita yang punya masalah soal mengiris singkong supaya tipis kayak kripik padang tuuuh…alatnya harus kita tempa khusus ketukang kursi atau tukang lemari tapi kita ambil dulu contoh bentuk yg kita butuhin semisal pengiris ubi yg dijual dipasar cuman ini kecil ukurannya dan ini biasannya ada satu set banyak macam-macamnya pilih aja yg irisannya (alatnya) yg miring,,nah itulah dicontoh alias ditempa dengan ukuran yg kita mau,,begitu punya saya.thx

  62. 77

    adi crepeng said,

    berapa kira2 keuntungan yg kt dapat dari bisnis kripik singkong jika singkong mentah 100kg,, tlong detailnya… makasih

  63. 78

    berlin said,

    saya memang masih baru di bisnis keripik ini, bisa dikatakan 1 minggu tapi lumayan lancar untuk pemasarannya. bukannya saya memuji diri sendiri tetapi dari sekian bayak pelanggan saya tidak ada yang mengeluh kalau keripiknya keras. tapi perlu saya tambahkan kekurangan usaha saya hanya keripiknya hanya dapat dijamin 2 x 28 jam renyah, karena yang keripik yang saya buat adalah keripik pedas. soal rasa rapuh atau bukanlah masalah jenis singkongnya tapi ketebalan parutan yang digunakan. dan jangan lupa sebelum dibuang dibuang dulu tepung dari singkong yang telah diparut tadi, selamat mencoba


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 96 other followers

%d bloggers like this: