Cuko

Versi I

Sumber: Sedap Sekejap

BAHAN:
250 gram gula merah, disisir
50 gram asam jawa
2 sendok teh cuka
750 ml air
5 siung bawang putih, cincang halus
2 sendok makan ebi dihaluskan
20 buah cabai rawit, dihaluskan
1 sendok makan tongcai, cincang halus
1 sendok teh garam

CARA MEMBUAT:
1. Didihkan gula merah, asam jawa, air, dan cuka lalu saring.
2. Masukkan bawang putih, ebi, cabai rawit, garam, dan tongcai. Didihkan kembali lalu angkat.

*****

Versi II (a la Echa)

Bahan:
250 gr gula aren (biasanya yang cap wayang, rapindo, dll)
1 buku bawang putih, kupas seadanya, biarkan sisa kulit arinya
Cabe rawit dan atau cabe merah sesuai selera, kalau tangkainya masih bagus, ikut sertakan juga
3 jempol Asam jawa (nah ini yang selalu lupa mengukurnya, jadi ukuran pastinya nggak tau)
1 sdt garam
250-300 cc air
cuka (optional)
perasan jeruk nipis (optional)

Cara Membuat:

  1. Rebus air, gula merah, dan asam jawa hingga semua gula larut, saring, tuang kembali ke dalam panci, jerang.
  2. Haluskan cabe dan bawang putih. Masukkan ke dalam panci. Beri garam. Jerang hingga mendidih.
  3. Cicip.  Kalau kurang asam, bisa ditambahkan cuka. Perasan jeruk nipis biasa saya tambahkan untuk memberi aroma khas dan tambahan rasa asam.
  4. Kalau semua rasa sudah pas, dinginkan cuko. Saring kalau akan dihidangkan.

Catatan:

Semakin lama cuko akan semakin enak rasanya. Biasanya saya membuat cuko dalam jumlah cukup banyak. Lalu saya simpan cuko yang belum disaring dalam botol. Bumbu akan mengendap. Kalau mau makan, tuang saja bagian cuko yang sudah terendap.

 

9 Responses so far »

  1. 1

    […] BAHAN : 600 gram daging ikan tenggiri 200 ml air es 3 butir kuning telur 8 butir bawang merah, iris halus 300 gram tepung kanji 1 sendok teh gula pasir 1 sendok teh garam CARA MEMBUAT : 1. Aduk ikan, kuning telur, bawang merah, gula, garam dan air. Uleni sambil dimasukkan tepung kanji sampai kalis. 2. Genggam adonan lalu tekan dan ambil adonan yang keluar dengan sendok. 3. Rebus dalam air mendidih lalu goreng sampai matang. 4. Sajikan dengan cuko. […]

  2. 2

    Lia Zaini said,

    Kalau pengalaman saya membuat cuko,kebetulan saya asli Palembang neh dan domisili di Palembang juga, resep cuko agak “sedikit” beda yaitu:
    Gula abang batok kira2 400g, gula pasir 100g, dimasak sampai kental saring
    sementara itu haluskan cabe rawit(kira-kira 20 biji+cabe merah 5 biji🙂 sorry ga pernah pake ukuran) bawang putih kira2 10biji setelah halus lalu ditempatkan dalam wadah dan dikasih cuka makan kira-kira 2 sdm, diam kan kira2 1/2 jam, setelah itu siramkan cairan gula yang masih panas sambil disaring(sehingga kotoran-kotoran gula tidak ikut) diamkan campuran cuko, dan semakin lama disimpan rasa cuko semakin lemak/enak

  3. 3

    Debby said,

    🙂 baru tau saya ada cuka pake tongcai, hmmm….. memang tiap org pny ciri khas masing2.
    saya asli dr Palembang, bikin cuko jg tidak prnah ditakar, hny sekira-kiranya saja.
    resep dr Lia Zaini sudah sgt benar.hanya penggunaan utk membuat cuko brasa asam saya menggunakan jeruk nipis (lemonade) atau jeruk lemon (lemon) krn mnurut saya lbh segar dan tidak setajam biang cuka (cuka makan) dan tidak bikin cepat basi sprt bila menggunakan asam jawa (tamarind).
    Bahan (sori ga pake ukuran) :
    gula abang/merah harus yg batok (krn rasa asli hrs gula batok, dijual ditempat2 tertentu di jkt).
    gula
    garam
    bawang putih dihaluskan
    cabai dihaluskan
    jeruk nipis/jeruk lemon ato cuka makan
    cara :
    gula diiris kecil (spy cpt larut) larutkan dlm air yg uda disiapkan ato boleh lsg dimasak. kemudian tuang saring dlm wadah (utk membuang kotorannya)
    stlh itu masak kembali, beri gula, beri garam, beri bawang putih dan cabai, cicip,
    beri jeruk nipis/lemon (ato cuka makan), cicip..
    tambahkan sesuai selera.

    untuk tambahan, bila ingin memakai ebi (udang kering), maka ebi direndam air dulu kemudian tumbuk halus dan di songseng (sangrai) sebentar.
    timun dipotong kecil2.
    mie ato mihun sudah direbus bntr.

    ebi, timun, mie/mihun ibaratnya topping-nya, menu utamanya pempek pake cuko. jd sesuai selera masing2

    semoga brguna

  4. 4

    nita said,

    tongcai apaan yah??? klo di bandung ada nya di mana??? di supermarket ada ngga yah ??? kebetulan banget aq doyan ama mpek2.. lagi nyoba bikin sendiri.. biar lebih puas ^^

    • 5

      ejatmiko said,

      tongcai itu sayuran kering gitu..sayur apa saya nggak tau juga hehehehe (kol atau wortel?). Biasanya Chinese food yang sering pakai tongcai. Di Bandung saya nggak tau belinya di mana. Tapi di Supermarket yang cukup lengkap mungkin ada. Selamat bikin pempek ya…

  5. 6

    ivansky said,

    Di jogja bxk yg jual tp cuko krg berasa

  6. 7

    linda said,

    Terima kasih resep nya…. klu gula batok di jakarta beli dimana ya ?

  7. 8

    Antoro said,

    aku mang bukan orang palembang tapi lahir n besar di sumatrah. Fans banget ma yang atu ni. makasih infonya. HIDUP MAKANAN INDONESIA. udah diregister lum yah?!

  8. 9

    […] CARA MEMBUAT : 1. Aduk ikan, kuning telur, bawang merah, gula, garam dan air. Uleni sambil dimasukkan tepung kanji sampai kalis. 2. Genggam adonan lalu tekan dan ambil adonan yang keluar dengan sendok. 3. Rebus dalam air mendidih lalu goreng sampai matang. 4. Sajikan dengan cuko. […]


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: