DONAT

Versi I

Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan:
1 kg Terigu protein tinggi
11 gr Ragi instant (satu sachet)
5 grm bread improver (klo gak punya gpp)
5 grm baking powder
100 gr gula pasir
30 gr susu bubuk
2 btr kuning telur
100 ml susu evaporated
300 ml air es
15 gr garam
100 gr margarine
minyak goreng padat secukupnya

Cara membuat:
1. aduk rata semua bahan kering
2. masukkan telur, susu evaporated, air es, aduk hingga menjadi gumpalan
3. masukkan garam dan margarine, uleni hingga kalis, diamkan 15 menit.
4. kempiskan adonan yg sudah mengembang, lalu bentuk bulat-bulat, taruh diatas nampan yg sudah dialas kain ato kertas yg ditaburi tepung, diamkan satu jam.
5. ambil satu bulatan adonan yg sudah mengembang, tekan tengahnya dengan telunjuk hingga berlubang, bentuk cin-cin, goreng dalam minyak padat yg sudah panas hingga kuning, angkat.
6. taburi gula donat, selesai.

*****

Versi II

Sumber: Saf Instan

Bahan :
1 kg tepung terigu (Cakra)
180 gr gula pasir
15 gr ragi
5 gr Baker’s Bonus
15 gr garam
70 gr margarine/butter
50 gr butter
40 gr susu bubuk
5 btr kuning telur
400 cc air

Cara Membuat :
1.. Aduk rata semua bahan kering. Kocok bersama kuning telur
2.. Masukkan mentega/butter. Teruskan mengocok/menguleni sampai kalis
3.. Bulatkan adonan, istirahatkan 15 menit sambil ditutup plastic
4.. Cetak donat, letakkan di loyang yang sudah di alas mentega. Istirahatkan kembali 1 jam sambikl ditutup plastik
5.. Goreng dalam minyak banyak dengan api sedang cenderung kecil
6.. Beri topping sesuai selera

NOTE :
– Untuk donat kentang, ganti 250 gr terigu dengan kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan. Atau, ganti 400 gr tepung terigu dengan tepung kentang.
– Pada saat mengocok, kentang kukus/tepung kentang dimasukkan terakhir

*****

Versi III

Sumber: Sahak Pribadi

Bahan A :
Tepung Cakra 500 gram
Tepung segitiga 500 gram
Ragi instant 22 gram
Bread improver 15 gram
Baking powder 15 gram
Gula pasir 150 gram
Susu bubuk 40 gram
Garam 10 gram

Bahan B :
Kuning telur 4 butir

Bahan C :
Air es 400 cc.

Bahan D :
Margarin 180 gram

Cara membuat :
1. Campur semua bahan kering ( kecuali garam ) menjadi satu lalu aduk sampai merata.
2. Masukan kuning telur satu mersatu sambil diuleni ( dimixer )
3. Tuangkan air sedikit – sedikit sampai habis
4. Masukan margarin aduk lagi ( dimixer )
5. Masukan garam lalu uleni ( dimixer ) sampai kalis kurang lebih selama 20 menit.
6. Diamkan selama 20 menit.
7. Timbang adonan 50 gram lalu bulatkan dal lubangi tengahnya.
8. Diamkan selama 20 menit.
9. Goreng dengan api kecil sampai warnanya kecoklatan atau sampai matang.

*****

Versi IV

Sumber: detikfood

Bahan:
560 g tepung terigu cakra kembar
240 g tepung terigu segi tiga biru
352 g air es
12 g yeast instan
12 g baking powder
12 g garam
96 g gula pasir
32 g susu bubuk
120 g margarin
80 g telur ayam
2,4 g bread improver
1,6 g (1/2 sdt) vanili bubuk

Cara membuat:
– Aduk semua bahan kering (tepung terigu, yeast, baking powder, garam, gula pasir, susu bubuk, bread improver) jadi satu hingga rata.
– Masukkan telur dan air aduk-aduk dengan tangan hingga tercampur rata dan kalis. Jika memakai pengaduk roti, gunakan speed 1 selama 2 menit.
– Tambahkan margarin, uleni dengan tangan hingga benar-benar kalis (sekitar 30 menit). Jika memakai mikser roti, aduk dengan speed 2 selama 13 menit.
– Bulatkan adonan, taruh dalam mangkuk, tutup dengan selembar plastik. Diamkan selama 15 menit.
– Gilas adonan dengan gilingan kue hingga setebal 15 mm. Cetak dengan catakan donat (ring donat). Atau timbang adonan @ 50 g, bulatkan lalu bulat lubang di tengahnya.
– Taruh donat di atas loyang, tutup dengan selembar plastik, biarkam selama 30-40 menit dalam suhu ruangan hingga mengembang.
– Goreng dalam minyak panas (180 C) dan banyak hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
– Hias dengan cokelat meisjes atau cokelat leleh, sesuai selera.

Untuk 20 buah

*****

Versi V

Sumber: Ena Lubis

Bahan Donat:
1 sachet fermipan
1/8 cup air anget
3/4 cup susu kental manis
1/4 cup gula kastor
1/2 sdt garam
1 butir telur
1/6 cup margarin
2 1/2 cup terigu segitiga

Isi:
1/4 cup margarin blok
1/4 cup butter
1/2 sdt vanili bubuk
2 cup gula halus
1 sdm susu kental manis

Cara:
– larutkan fermipan dengan air anget di mangkuk. Tambahkan susu, gula, telur, margarin, dan 1 cup terigu. Kocok dgn kecepatan rendah lk. 30 detik. lalu kocok dengan kecepatan sedang selama 2 menit.
– tambahkan sisa terigu, aduk hingga kalis. Tutup adonan dengan serbet dan simpan di tempat hangat selama 50 – 60 menit.
– kempiskan adonan. letakan di atas permukaan yg sdh ditaburi sedikit terigu. tipiskan adonan hingga tebalnya lk. 1/2 inci. cetak dengan cetakan kue kering bentuk bulat (bukan cetakan donat yaa..) letakan adonan yg sdh dicetak di dalam wadah yg sudah ditaburi sedikit terigu. diamkan 30 – 40 menit.
– panaskan minyak goreng padat. goreng donat hingga kuning keemasan. angkat dan taruh di atas wadah yg dapat menyerap minyak. dinginkan.
– stl dingin buat lubang di salah satu pinggirnya, lalu masukan pisau tajam ecil ke dalam gerakan shg donat berlubang di bagian tengahnya (tp jgn sampe terbelah).
– isi donat dengan adonan isi lalu taburi dgn gula halus.

cara buat isinya:
– kocok margarin dan butter. tambahkan gula sedikit2 sambil terus dikocok.
– tambahkan susu dan vanili, kocok terus sampai adonan kental dan halus.

Catatan: Isian ini bisa tahan selama 2 minggu jika disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas.

untuk 12 donat

*****

Versi VI

Sumber: Manfred Lange & Bogasari Baking Center

Bahan:

700 gr tepung terigu protein tinggi
300 gr tepung terigu serba guna
120 gr gula pasir
40 gr susu bubuk
15 gr ragi instant
15 gr garam
15 gr baking powder
1 gr vanili bubuk
100 gr telur
440 ml air
150 gr margarine


Cara Membuat:

  1. Campurkan tepung terigu, gula, susu, ragi, garam, baking powder dan vanili dalam mangkuk mixer, aduk hingga rata. Tambahkan telur, air dan margarine, aduk lagi hingga adonan kalis. Bulatkan adonan, diamkan hingga mengembang selama 10 menit.
  2. Kempiskan adonan dgn cara ditinju. Timbang masing2 adonan seberat 50 gr & bulatkan. Diamkan kembali selama 15 menit.
  3. Taruh adonan dalam loyang bertabur tepung, tekan masing2 adonan spy agak pipih. Lalu cetak masing2 adonan dgn cetakan donat. Diamkan lagi selama 30 menit di dalam lemari pengembang.
  4. panaskan minyak yg byk dlm wajan, goreng masing2 donat sampai matang, angkat, tiriskan. Setelah dingin hias dgn aneka icing atau sesuai selera.

*****

Versi VII

DONAT ALA J’Co

Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan A:
850 gr        tepung terigu “Cakra” / tepung terigu Jepang (Komachi)
11 gr          ragi instant
10 gr          garam
600 ml        air matang

Bahan B:
200 gr        tepung terigu “cakra” / tepung terigu Jepang
10 gr          garam
60 gr          susu bubuk FC
125 gr        gula pasir
100 gr        telur
125 gr        mentega putih / shortening

Cara membuat:

  1. aduk bahan A sampai rata, istirahatkan selama 90 menit diwadah tertutup, jadikan sebagai bahan biang.
  2. campur adonan A dengan bahan B, lalu uleni sampai kalis. Lk. 10 menit. Istirahatkan diwadah tertutup selama 15 menit.
  3. gilas tipis adonan setebal lk. 1 cm, diamkan 10 menit, cetak dengan cetakan bentuk donat, diamkan 10 menit lagi.
  4. goreng dalam minyak padat dengan api kcil saja hingga berwarna kuning kecoklatan.angkat.
  5. Dinginkan. Beri topping sesuai selera.

*****

Donat Strawberry

Sumber: ???

BAHAN:
200 gram tepung terigu protein tinggi (misal, Cakra)
50 gram tepung terigu protein sedang (misal, segitiga)
40 gram gula pasir
1 sendok teh ragi instan
1/2 sendok teh baking powder
1 butir telur
50 gram margarin
garam secukupnya
120 ml susu cair

ADONAN ISI:
100 gram selai stroberi
2 sendok makan maizena
50 ml airpewarna merah bila perlu
garam secukupnya
tepung gula untuk taburan

CARA MEMBUAT:
1.Campur semua bahan donat jadi satu lalu uleni sampai kalis. Biarkan 30 menit. Lalu bentuk bulat pipih. Biarkan 15 menit. Goreng sampai matang.
2.Sementara itu buat adonan isi. Masak selai, maizena, air, garam, dan pewarna merah. Aduk sampai meletup-letup. Dinginkan.
3.Masukkan selai pada kantung plastik segitiga. Taruh spuit di ujungnya. Lapisi plastik kembali. Tusuk spuit di ujung donat sambil menekan kantung hingga selai masuk ke dalam donat. Taburi tepung gula.

Untuk 12 buah

*****

Donat Coklat Kacang

BAHAN:
200 gram tepung terigu protein tinggi (misal, Cakra)
50 gram tepung terigu protein sedang (misal, segitiga)
40 gram gula pasir
1 sendok teh ragi instan
1/2 sendok teh baking powder
1 butir telur
50 gram margarin
garam secukupnya
120 ml susu cair

100 gram kacang sangrai, dicincang kasar
50 gram cokelat masak, dicairkan
50 gram cokelat putih, dicairkan

CARA MEMBUAT:
1.Campur semua bahan donat jadi satu lalu uleni sampai kalis. Biarkan 30 menit. Lalu bentuk bulat pipih. Biarkan 15 menit. Goreng sampai matang.
2.Setelah donat matang dan dingin, celupkan dalam cokelat cair. Taburi kacang sangrai. Semprotkan cokelat putih cair.

untuk 12 buah

*****

DUNKIN DONUTS VANILLA FILLED DOUGHNUTS

Source: Posted by Laurie April 27th 1999

Donuts
1 package regular or quick-acting yeast
1/8 cup warm water (105 to 115 degrees F)
3/4 cup lukewarm milk (scalded then cooled)
1/4 cup granulated sugar
1/2 teaspoon salt
1 egg
1/6 cup shortening
2 1/2 cups all-purpose flour

Vanilla Filling
1/4 cup solid vegetable shortening
1/4 cup butter or margarine
1/2 teaspoon clear vanilla extract
2 cups sifted confectioners’ sugar
1 tablespoon milk

Dissolve yeast in warm water in mixing bowl. Add milk, sugar, salt, egg,
shortening and 1 cup of flour. Beat on low speed scraping bowl constantly,
30 seconds. Beat on medium speed, scraping bowl occasionally, 2 minutes.

Stir in remaining flour until smooth. Cover and let rise in warm place until
double, approximately 50-60 minutes.

Turn dough onto floured surface. Roll dough 1/2-inch thick. Cut with round
cookie cutter. Cover and let rise on floured baking sheets until double,
30-40 minutes.

Heat vegetable oil in deep fryer or Dutch oven to 350 degrees F. Slide
doughnuts into hot oil. Turn doughnuts as they turn golden brown, about one
minute on each side. Remove carefully from oil (do not prick surfaces) and
drain.

When cool, make small hole to insert vanilla filling (recipe follows) . Take
a sharp narrow knife and carefully make a large cavity inside of the
doughnut to hold the filling. Fill the doughnuts generously and dust heavily
with confectioners’ sugar.

Vanilla Filling: Cream butter and shortening, gradually add sugar 1/2 cup at
a time. Add milk and vanilla, beat until light and fluffy. Will keep for 2
weeks in airtight, refrigerated container. Fills: 12 doughnuts

Servings: 12

*******************

Sumber: resep jerman

Bahan:
500 gr terigu
60 gr gula pasir
40 gr butter, temperatur ruang
1 sdt garam
2 kuning telur
125 cc susu cair
125 cc air panas
1 kubus ragi fresh
Minyak untuk menggoreng
Topping sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Campur terigu, gula pasir, butter, garam, dan kuning telur dalam satu wadah.
  2. Di tempat lain, campur susu cair dan air panas. Hancurkan ragi dan masukkan ke dalam campur susu air. Aduk rata
  3. Tuang bahan cair ke dalam bahan kering. Adoni dengan mikser roti atau dengan tangan hingga kalis
  4. Tutup dengan serbet dan diamkan di tempat hangat selama 30 menit (echa: dalam oven bertemperatur 50 derajat celcius misalnya)
  5. Tipiskan adonan sekitar 1,5 cm. Cetak lalu susun dengan jarak yang cukup. Diamkan lagi selama 20 menit
  6. Goreng atau panggang hingga kecoklatan
  7. Dinginkan, siap diberi topping

12 Responses so far »

  1. 1

    wulan said,

    aduh makasih banyak resepnya jadi ga usah beli donut lagi cukup denagan buat di rumah anak saya jadi betah di rumah.

  2. 2

    itho said,

    Thanks utk resepnya yang komplit, tp karena banyak versinya jd agak bingung ya mau praktekin yang mana dulu?🙂

  3. 3

    budhin said,

    Thanx ats kumpulan resep donut ny. Wow banyak be’eng. Cm mw tanya. Bread improver tuh kayak apa bentuknya ? Toko kue deket rumah koq ga kenal ya ?

  4. 4

    Mau tanya nih, susu evavorated tuh apaan dan bagaimana rupanya. Dipasaran biasanya dijual dengan merk dagang apaan? Mohon direply ke alamat email saya klikdadang@gmail.com

  5. 5

    aku said,

    Bread improver klo tidak salah gunanya sebagai pengempuk. pasangan dari ragi instant (pengembang), ada merk compact cocok dgn pengembang merk mauripan. ada beker bonus cocok dengan saft instant.
    Itu setahu sy wak tu membuat roti. bisa dicoba, dan klo ada salah, silahkan di koreksi.
    Trims

  6. 6

    lacky said,

    thanks.. ya atas resepnya nanti aku mo nyobain…mantap.

  7. 7

    rifa said,

    suwun banget

  8. 8

    mannixx said,

    donat….memang enak

  9. 9

    Agung P said,

    Bisa gk ya aku bikin?

  10. 10

    erika said,

    KLU NGAK PK Bread improver, HASILNYA BAGAIMANA YA

  11. 11

    imay said,

    kalo donatnya pengen wangi kayak jco ato dunkin gimana caranya ya? makasih

  12. 12

    susan said,

    resep donat dunkin-nya tlong di translate dong,aq g ngerti english nih.


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: