Lontong Balap

Sumber: Sedap Sekejap

BAHAN :
5 buah lontong, potong-potong
100 gram taoge
200 gram tahu digoreng, potong-potong
10 buah lentho atau perkedel singkong, potong-potong

BAHAN LENTHO:
250 gram singkong diparut
50 gram kacang tolo, rebus sampai empuk
1 batang daun bawang, iris halus
garam secukupnya
minyak untuk menggoreng

KUAH LONTONG:
750 ml air
3 siung bawang putih, iris halus
garam secukupnya
2 sendok makan minyak untuk menumis

CARA MEMBUAT:
1.     Buat lentho. Campur semua bahan kemudian bentuk bulat pipih. Goreng hingga kuning kecokelatan.
2.     Untuk kuah. Tumis bawang putih hingga harum kemudian tambahkan air dan garam. Sisihkan.
3.     Tata di atas piring atau mangkuk, lontong, lentho, taoge, dan tahu kemudian siram dengan kuahnya.

Untuk 4 porsi

5 Responses so far »

  1. 1

    reni said,

    udah lama aku ga ke sby jadinya kangen buanget makan lontong balap. Biasanya sih makan di warungnya Pak Gendut di daerah Kranggan…. ntar deh kalo ke pasar nyari bahannya…nyobain….

  2. 2

    Emen-C said,

    Lontong balap, kalo gak pake lontong sama lentho, jadinya ya cuman air bawang ya…?!! hehe..
    Kalo antum gini, ane pesen tambah aja dengan kecambah…!Insya-alloh oke
    Truss, pake petis.., biar tambah jozzzz!!

  3. 3

    ayla said,

    Lontong balap????
    hemmmmmm……….pengen……sudah 3 bulan tidak makan itu……
    lontong balap p.tua kemana z…????

  4. 4

    afilzah said,

    lontong balap rocks but not nice if buy in stall at home do more nicer

  5. 5

    ass.wr.wb semoga walau 5 huruf terangkai sehat seakan tiada bosan saya mengucapkan dan semoga bermakna dan itu juga saya ucapkan dengan hati yang tulus agar kalian semua bisa selalu mengingat akan pentingnya kesehatan karena kalau sudah terhampiri sakit juga makan fikiran biaya dan tenaga keluarga kalian semua ya kalau ada buat biaya ke dokter kalau ada tidak memakan sepeda motor untuk dijual buat biaya pengobatan dan kalau sepeda credit mungkin di sekolahkan mudah-mudah hal ini tidak terjadi itu cotoh saya sendiri dulu sewaktu jatuh dari plafon orang yang mau saya garap gak apa-apa ya cerita sedikit sebelum lontong balap dan juga saya pernah mendengar entah dari mana saya tidak tahu tapi pernah mendengar asal usul lontong balap memang penjualnya sering balapan sehabis jualan dan mungkin sama-sama habis jualannya denagan teman seprofesi dibuat balapan saking sering di buat balapan dinamakan lontong balap bukan lontong tahu dicampur taoge(camba) terus lentho dan memang enak bro sambel kecapnya tanpa sambal sepertinya kurang pas bila memakan lontong balap ini dan sate kerang biasanya yang jualan dekat lontong balap ini dan juga bila untuk meramaikan tujuhbelasan buat balapan kayak enjoy yang kalah menumpahkan atau ada barang yang jatuh tapi tidak mungkin bro juga saat ini berbarengan dengan romadhon disini di gresik karnaval di dahulukan sebelum puasa gak apa yang penting semangat kebersamaan dan juga untuk memperingati akan jasa pahlawan yang telah mendahului kita dan kita hanya bisa meneruskan atas pembangunan apa saja termasuk membangun diri sendiri membuat hal lebih baik antar sesama dan saling menghormati tentunya akan tercipta masyarakat yang damai dan sekian saja bro tidak pakai banyak ngomong terima kasih saja dan maaf saja yang dapat saya sampaikan sebatas manusia kekeliruan mesti ada dalam mengucap tentunya kalian memaafkan sekian wassallam.


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: