Batagor (Baso Tahu Goreng) Bandung

Versi I

Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan:

1 resep adonan siomay bandung.
10 buah tahu putih besar, potong dua bentuk segitiga.

Cara membuat:

- kerat sisi tahu dengan garpu, keluarkan sedikit isinya.
- Isikan adonan siomay, goreng hingga matang.

Pelengkap penyajian:

- Sambal siomay
- Jeruk limau
- Kecap manis
- Saos tomat.

*****

Versi II

Sumber: Primarasa

BAHAN
6 buah tahu putih ukuran 4 x 4 x 2 cm, potong diagonal
Minyak untuk menggoreng

Adonan isi
75 gr daging ikan tenggiri, haluskan
75 gr udang kupas, cincang halus
1 butir telur, kocok
3 sdm tepung kanji
1-2 batang daun bawang, iris tipis
2 batang seledri, cincang
1 siung bawang putih, cincang
½ sdt garam
¼ sdt merica

Pelengkap:
Sambal kacang, kecap manis, saus cabai, jeruk limau

CARA MEMBUAT
1. Adonan isi : Campur ikan, udang, telur dan tepung kanji. Aduk-aduk sampai adonan rata. Tambahkan daung bawang, seledri, bawang putih, garam dan merica, aduk rata. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Satu bagian untuk isi tahu dan satu bagian untuk bakso
2. Lubangi potongan tahu putih, sisihkan remahannya. Campur ½ bagian adonan isi dengan remahan tahu, lalu isikan kembali ke dalam tahu. Lakukan hingga semua tahu terisi. Panaskan minyak yang banyak dalam wajan, goreng tahu isi hingga kuning kecoklatan, angkat, sisihkan
3. Ambil ½ bagian adonan isi sisanya, bentuk dengan 2 sendok menjadi bulatan-bulatan bakso. Langsung masukkan ke dalam minyak panas, goreng hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat, sisihkan

*****

Versi III

Sumber: Tabloid Nova

Bahan:
2 buah tahu putih air, belah 8
125 gr udang kupas, cincang
175 gr ikan tenggiri, cincang
1 btr telur
50 gr tepung sagu
2 siung bawang putih, haluskan
1 btg daun bawang, iris halus
1 sdt garam

Adonan tepung:
150 gr tepung terigu
50 gr tepung beras
1 btr telur
350 ml air
1/2 sdt garam halus

Pelengkap:
Sambal kacang
Jeruk limau
Kecap manis

Cara membuat:
1. Aduk tahu, udang, ikan tenggiri, telur, tepung sagu, bawang putih, daun bawang dan garam hingga rata sisihkan.
2. Buat adonan tepung: Aduk telur, garam, tepung terigu dan tepung beras hingga rata, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
3. Ambil potongan tahu, beri adonan udang atasnya, ratakan. Celupkan tahu dalam adonan tepung, goreng hingga kuning kecokelatan, angkat, tiriskan.
4. Sajikan batagor dilengkapi sambal kacang, jeruk limau dan kecap.

Untuk 16 buah

About these ads

60 Responses so far »

  1. 1

    hm sis said,

    setelah aku baca resep ini aku jadi paham dech, biasanya aku gak pernah pake udang, and perbandingan antara ikan dan sagu biasanya aku 1 : 1. wah… selama ini aku keliru yaaa…. thanks lah akan aku coba. entar aku komentar lagi dech

  2. 3

    Chinmi said,

    Setelah mencoba resep anda, nafsu makan saya jadi tinggi, makasih yaa
    eh kalau udangnya di ganti cumi enak nga yaa

  3. 4

    ejatmiko said,

    diganti cumi belum pernah sih. coba aja, kali aja enak :-)

  4. 5

    LISTY said,

    wah gw penggila baso bangget…dr gw orok ampe skrng gw ga pernah bosen ma tu baso,,tp sejauh ini gw blm pernah bikin baso……mendingan beli dech dr pd bikin…..

  5. 6

    joni wijaya said,

    Cool

  6. 7

    agungndaru said,

    waktunya praktek! thanks.

  7. 8

    fauzan said,

    gimana caranya supaya batagor setelah d goreng mengembang alias gk jd lembek. thanks.

  8. 9

    putri said,

    hmmm….mm…. kelihatannya mudah y???. selama ini, aku cuma jadi pembeli batagor aja. he…he.. jadi pgn coba batagor buatan aku sendiri. saatnya praktek :)

  9. 10

    azmah said,

    wow, thanks ya, i’ll try that. from malaysia

  10. 11

    wawan said,

    thank’s ya buat resep batagornya. lengkap banget.terus terang saya udah klik sana klik sini, ternyata di bankresep pak jatmiko saya nemuin semua resep batagor dengan banyak versi.
    rencananya sih saya akan praktekin di rumah. nanti kalau udah jago, pengen jualan batagor.
    Bolehkan resep batagornya kita pakai buat bikin batagor yang dijual gitu. yang dikomersilin gitu. hehehehehe…..
    terima kasih sekali lagi!

  11. 12

    Fahri said,

    Tks. atas resepnya, mau dicoba dirumah. Ngomong ngomong kalau tidak ada ikan tengiri bisa diganti ikan apa saja ya ? Kalau musim angin besar ikan tengiri agak susah di pasar

  12. 13

    kangtatang said,

    Saya coba ya resepnya, kalau ada waktu mau saya coba jualan ach :)
    Trims untuk resepnya.
    Salam

  13. 14

    ieie said,

    saya mau coba jualan nich, ya mau saya coba resepnya…… boleh kan.. he.. he..
    o iya boleh nanya ga, supaya batagornya jadi ngembang pake apa ya?
    thanks…..

  14. 15

    Iwan said,

    Salam,,,,
    Thank’s buanget atas resep masakannya…… udah kebayang enaknya…apalagi dinkmatin….. wach……. ajib…ajib……ajib…..!…uneanaak tenann…… makyos….dech..

    Semoga menemukan karya – karya masakan yg terbaru dan tentunya…sehat..murah….asal jangan mencret….he…he…he… (3 M = murah…meriah….mencret)

  15. 16

    bagongsul said,

    Bung jatmiko saya pernah bikin batagor tapi knp ya? Basonya lepas dri tahunya ketika di goreng

  16. 17

    yongki said,

    wwwwwuuuuuuuiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhh eeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnnnnnnaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkkk ttttttttttttuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhhhhhh!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  17. 18

    lq said,

    enak jg nih….

  18. 19

    nenkz said,

    wahhhhhhhhhhhhhhh………..

    mudah2an aku bisa berhasil mempraktekinnya.

    rasanya g akan jauh beda yg seharusnya.hehe.

  19. 20

    huzaifah said,

    mudah-mudahan berhasil
    n hasilnya weanak……
    buangetttttttt?

  20. 21

    Leni said,

    tks banget resepnya, saya mo coba praktein ya…

  21. 22

    srimulyani said,

    bagi resepnya donk agar batagor (yang dibungkus dengan pangsit) bisa ngembang…
    thanks

  22. 23

    Andreas Roni said,

    Terima kasih banyak info resep batagor nya,mdh2an kalau sdh jago bikin batagor,saya mau jualan batagor…kira2 untungnya batagor dari modal berapa % ya? tks

  23. 24

    ananda said,

    Soal singkat menyingkat nama makanan ini, entah sejak kapan memang orang Sunda, khususnya orang Bandung selalu menyebut nama makanan dengan disingkat.
    Beberapa contohnya adalah jajanan-jajanan yang sudah ada sejak jaman dulu seperti Gehu = Toge Tahu, Comro = Oncom dijero, Misro = Amis dijero, Sukro = suuk dijero, Cilok = Aci dicolok, Cimol = Aci digemol-gemol, Cireng = Aci digoreng, pismol = pisang molen, dan tentunya Batagor = Baso Tahu Goreng, bahkan belakangan ini Brownies Kukus = Brokus dan Martabak Jepang = Bakpang yang sangat popuper sebagai oleh-oleh dari Bandung.

  24. 25

    Novi ira said,

    Ma acih ya aku jadi ngerti cara masaknya.jadi ga cuma mkn’nya doank yg bisa!

  25. 26

    S irawan said,

    Tepung kanji & tepung sagu itu apa? Thanks ya

  26. 27

    S irawan said,

    Kalau pake ikan tongkol juga enak ngak ya? Aku pengen coba.

  27. 28

    jaya terus said,

    weh weh enyak enyak tuh. terimakasih resepnya ya, mau tak coba ah

  28. 29

    mimi cutex said,

    wah asyik……!!!!!!!!!!!!!!
    nambah koleksi resep dech…
    coba ah……………..

  29. 30

    samsudin said,

    wah jadi pingin nyoba praktek bikin batagor

  30. 31

    wulan said,

    wah .. ikutan copas resep

    izin ngelink juga ya pak…
    salam kenal…. :)

  31. 32

    amir said,

    tks ea resepnya,q jd bsa nylesein tgs scol.

  32. 33

    byfhtri said,

    wah bNeR lho. . . .
    raSa Nya sNgat MudaH ea meNcba Na!!
    kPaN”bRi taO Resep lgi duNd biar taMbah PiNter msak Na…..hehehe
    salam mnis dry Fitri

  33. 34

    yumi said,

    thanks resepnya, ternyata campuran adonannya ditambah dgn udang ya?… aku pikir murni tenggiri…nanti coba dibikin deh!

  34. 35

    ujang begang said,

    ok, tak coba langsung praktek.tararengkyou

  35. 36

    wandi said,

    boleh dicopy kan?

  36. 37

    fey said,

    mas..
    klo si tahu di potong jadi dua ,adonannya harus berubah juga ga??
    terus kalo boleh taw si udang itu manfaatnya buat ap??
    maap mash newbie..biasanya setaw saya cuman pake ikan aj mas..

  37. 38

    farida indriyani said,

    mkasih buat resepnya ,besok langsung bikin,biasanya sih beli,suaamiku seneng banget makan batagor…

  38. 39

    neng harti said,

    makasih ya atas resepnya ,………??langsung tak cobain di rumah nanti ,buat kejutan….?

  39. 40

    Fujy said,

    Thank’s buangt atas infrmsinya,aQ M coba bkin d rmah.én mdah2an bs jd pluang USAHA…! ;-)

  40. 41

    abu zam said,

    tq buat resep2nya.. tp seneng sekali kl warna backgroundnya diganti yg adem buat mata :)

  41. 42

    Teddy said,

    Tq tuk resepnya ya, smoga menjadi pahala buat yg kasih resep krn udah kasih ilmu yg brmanfaat. amin..

  42. 43

    dewi said,

    memang ni resep yang saya cari. mau praktek ma teman2 hobbies batagor. tg yah :)

  43. 44

    Iermoe said,

    Ok usaha yuk

  44. 45

    ayha said,

    makasih infonya. Cobain ah

  45. 46

    Muhammad Ghazali said,

    pintar juga tuh yang buat resepnya rasa ingin mencicipi dia yang buat

  46. 47

    Agus Assoy said,

    klo ngak ada tenggiri ikan apa ya

  47. 48

    suharti said,

    wuiihh… ini dia resepny yg ku cari….
    thanks y

  48. 49

    Wahyu n,dut said,

    Wajib nyoba ieumah, biasana ngan tinggal am wungkul….nuhun ach

  49. 50

    totok said,

    hmmmmmmm…..lezat..

  50. 51

    puput said,

    Gw sih kalo bkin batagor drumah sempel ajah soalniya kalo pake ikan belinya jauh,
    1 tepung dangder
    2 tepung terigu
    3 bumbu adonan, garam penyedap rasa merica ketumbar bawang putih aduk tuwangin air mendidih bentuk adonan isi dengan tahu trus di goreng,
    bkin bumbu kacang,
    aku juga simpel
    pke bumbu sambel kacang saset tmbahin cabe 6btr cabe rawit 20btr, gula merah micin garam ,kecap scukupnya, selesei dech.
    Enak tau jadinya.

  51. 53

    ratih said,

    tepung dangder itu apa ya? mudah di beli di pasaran ngga ya?

    • 54

      keong emas tanjung lesung said,

      sahabat,,,, tepung dangder itu sama dengan tepung tapioka,,,atau tepung singkong,,,,, setiap warung ada kok,,, coba ya,,,

  52. 55

    eman said,

    mksh bnyk buat resepnya,kpn2 insya Allah dicoba.

  53. 56

    Uzo said,

    Asiiik…!!

  54. 57

    Juliniar Wulandari said,

    hhhmmmmm……, enak bnget keliatan’a

  55. 58

    keong emas tanjung lesung said,

    jawabane ko ga ada ya

  56. 59

    keong emas tanjung lesung said,

    lumayan ,,,,,resepna,,, enak juga,,,,

  57. 60

    emul said,

    saya coba deh


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 95 other followers

%d bloggers like this: