Aneka Lemper

LEMPER AYAM (Versi I)

Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan:
1 kg ketan
500 cc santan kental
2 lbr daun pandan
1 sdm garam

Cara membuat:

  • rendam ketan 4-5 jam, lalu tiriskan
  • kukus ketan sampai ½ matang, keluarkan dari dandang, lalu beri santan kental mendidih sambil diaduk rata dan kukus lagi sampai matang (± 1 jam)
  • Diaduk santan mendidihnya gak diatas api, spy tidak terjadi gosong atu berkerak. Itu kan ketan dan santan sama-sama panas, jadi no api no apa-apa

Bahan isi:
¼ kg daging ayam rebus disuwir-suwir
6 btr bawang merah
4 btr bawang putih
3 cm kencur (tumbuk halus bersama bawang merah dan putih)
1 sdm daun seledri dipotong halus
3 sdm gula, garam, lada, vetsin
200 cc santan kental

Cara membuat:

  • Tumis bumbu di atas dengan minyak hingga wangi
  • Masukkan daging ayam, aduk rata
  • Tambahkan santan, garam, vetsin, lada dan masak sampai matang dan kering

*****

LEMPER AYAM (Versi II)
Sumber: dapurbunda

Bahan :

250 gram ketan
250 santan kental dari 1 butir kelapa
2 lembar daun salam
1 batang serai memarkan
1/2 sdt garam

Isi :
1 dada ayam rebus matang suwir-suwir
1 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 sdm air asam jawa
2 sdm minyak goreng

Haluskan :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri, sangrai
1 sdm ketumbar, sangrai
1 sdt jintan sangrai
1 sdm gula pasir
Pembungkus : daun pisang secukupnya

Cara membuat :

  • Ketan rendam selama 2 jam, cuci bersih, tiriskan dan kukus selama 15 menit, angkat. Rebus santan bersama daun salam, serai dan garam, masukkan ketan yang telah dikukus dan aroni hingga seluruh santan dihisap oleh ketan, angkat. Kukus ketan hingga matang, angkat.
  • Isi : panaskan minyak tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukkan santan ayam, salam dan daun jeruk masak hingga matang dan santan habis, angkat.
  • Siapkan cetakan lemper olesi dengan minyak atau lapisi dengan selembar plastik bersih, tuangkan setengah bagian ketan, ratakan tuangkan isian, ratakan dan tutup dengan setengah sisa ketan ratakan dan padatkan. Angkat.
  • Ambil selembar daun dengan ukuran yang sesuai dengan potonga lemper, bungkus dan sajikan.

Untuk : 12 buah

*****

Lemper Ayam (Versi III)

Sumber: Mbak Atiek

Bahan:
500 gr beras ketan, rendam 3 jam, tiriskan.
350 cc santan kental
1/2 sdt garam
1 sdm gula pasir
1 lbr daun pandan

Bahan Isi :
1/4 kg daging dada ayam tanpa kulit, rebus, iris halus
1 lbr daun salam
1 btg sereh, memarkan
3 lbr daun jeruk
100 cc santan kental

Bumbu Halus :
3 siung bawang putih
2 butir kemiri, sangrai
1 sdt ketumbar, sangrai
1/2 sdt merica
1/4 sdt pala
1/4 sdt jintan (kalau suka)
gula pasir
garam

Cara Membuat:

  1. Beras ketan yang sudah ditiriskan dikukus selama 30 menit.
  2. Sementara itu, didihkan santan, garam, gula & daun pandan.
  3. Campur santan mendidih dan beras ketan sambil diaroni sampai tercampur rata. Tutup sebentar. Lalu kukus lagi sampai matang (30 menit).
  4. Isi: tumis bumbu halus, tambahkan daun salam, sereh & daun jeruk sampai harum. Masukkan santan. Aduk-aduk sebentar. Lalu masukkan ayam. Tambahkan garam & gula. Masak terus sambil diaduk sampai santan mengering.
  5. Penyelesaian :ambil daun pisang, letakkan sekepal ketan, ratakan, beri isinya, gulung, lalu sematkan dengan lidi.
  6. Kukus lagi kira-kira 30 menit.
  7. Untuk lemper bakar, olesi permukaannya dengan minyak. Lalu bakar.

(20 – 25 buah)

***** 

LEMPER ISI DAGING SAPI

Sumber: dapurbunda

Bahan :
250 gram ketan
500 ml santan kental dari 1 butir kelapa
2 lembar daun salam
1 batang serai memarkan
1/2 sdt garam

Isi :
250 gram daging sapi cincang
1 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 sdm air asam jawa
2 sdm minyak goreng

Haluskan :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir kemiri, sangrai
1 sdm ketumbar sangrai
1 sdt jintan sangrai
1 sdm gula pasir

Pembungkus : daun pisang secukupnya

Cara membuat :

  • Ketan rendam selama 2 jam, cuci bersih, tiriskan dan kukus selama 15 menit, angkat. Rebus santan bersama daun salam, serai dan garam, masukkan ketan yang telah dikukus dan aroni hingga seluruh santan dihisap oleh ketan, angkat. Kukus ketan hingga matang, angkat. Bagi menjadi 2 bagian.
  • Isi : panaskan minyak tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum masukkan daging sapi cincang, salam dan daun jeruk masak hingga matang dan santan habis, angkat.
  • Siapkan cetakan lemper olesi dengan minyak atau lapisi dengan selembar plastik bersih. Tuangkan setengah bagian ketan, ratakan tuangkan isian ratakan dan tutup dengan setengah sisa ketan, ratakan dan padatkan, ambil selembar daun pisang dengan ukuran yang sesuai dengan potongan lemper, bungkus, kukus sebentar, angkat dan sajikan.

Untuk : 12 buah

*****

LEMPER ISI TUNA SUWIR

Sumber: dapurbunda

Bahan :
250 gram ketan
250 ml santan kental dari 1 butir kelapa
2 lembar daun salam
1 batang serai memarkan
1/2 sdt garam

Isi :
250 gram ikan tuna kukus, suwir-suwir
1 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 lembar daun pandan, sobek-sobek
1 batang serai memarkan
30 lembar daun kemangi
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 sdt garam dan 1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
2 sdm minyak goreng

Haluskan :
3 cabai merah besar
8 cabai rawit merah
5 butir bawang merah
4 siung bawang putih
5 butir kemiri sangrai
1 sdt garam

Pembungkus : daun pisang secukupnya

Cara membuat :

  • Ketan rendam selama 2 jam, cuci bersih, tiriskan dan kukus selama 15 menit, angkat. Rebus santan bersama daun salam, serai dan garam, masukkan ketan yang telah dikukus dan aroni hingga seluruh santan dihisap oleh ketan, angkat. Kukus ketan hingga matang, angkat.
  • Isi : panaskan minyak tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukkan tuna, salam, daun jeruk, pandan, serai, tuangkan santan dan masak hingga matang dan santan habis, tambahkan daun kemangi, aduk rata, angkat.
  • Siapkan cetakan lemper, olesi dengan minyak atau lapisi dengan selembar plastik bersih, tuangkan setengah bagian ketan, ratakan, tuangkan isian, ratakan dan tutup dengan setengah sisa ketan, ratakan dan padatkan. Ambil selembar daun dengan ukuran yang sesuai dan bungkus bentuk lontong semat dengan lidi kedua ujungnya, olesi lemper dengan minyak dan panggang hingga daun hangus, angkat dan sajikan.

Untuk : 12 buah

About these ads

10 Responses so far »

  1. 1

    HAMBA 4JJ1 said,

    Spt ny resep diatas enak bgt.tp kl g pk santan gmn y!

    • 2

      Nana Soekarto said,

      Kalau gak pake santan ya gak enak, meski diganti susu sekalipun, apalaagi gak pake santan gak pake susu cuma pake air doang.Pasti gak enak !

  2. 3

    fina dina said,

    thankz ya!

  3. 4

    ahmad said,

    mantap lah euuyy

  4. 5

    ari soedijono said,

    thanks a lot ya resepnya.kbnran lg pengen bkn lemper

  5. 6

    mamy azra said,

    wah, ketan nya jd lbh legit dr pd d rebus bareng ma santen. mkc y…

  6. 7

    Ita said,

    kalau pakai santan kalengan, gimana takarannya yah?

  7. 9

    mama naca said,

    jd pengen nyoba nih bikin lemper :)
    makasih resepnya “….

  8. 10

    sinar said,

    makasih resepnya


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 95 other followers

%d bloggers like this: