Putu Ayu

Sumber: Ibu Mimi Tanyadji

Bahan:
3 butir telur ayam
275 gr gula kasar
100 cc santan kental + air daun pandan
275 gr tepung terigu
Campur kelapa muda parut secukupnya + sedikit garam
halus + 1 sendok makan tepung maezena

Cara membuat:
• Kocok telur dan gula dengan mixer sampai kental, masukkan terigu, aduk pelan dan rata. Setelah itu masukkan campuran santan kental dan air daun pandan.
• Siapkan ± 15 buah cetakan putu ayu, olesi dengan sedikit minyak dan masukkan campuran kelapa muda parut ke dalam cetakan, ratakan di dasar cetakan. Lalu tuang adonan putu ayu secukupnya dalam cetakan. Kalau semua
cetakan sudah terisi. Kukus ± 15 menit atau hingga matang.

3 Responses so far »

  1. 1

    shanti said,

    Hai…salam kenal…mau tanya apakah membuat putu ayu tanpa emulsifier bisa berhasil?soalnya dulu saya pernah coba ternyata bantat jdnya….mohon info tips dan trikx.thx

  2. 2

    ejatmiko said,

    hai shanti, salam kenal juga ya….
    saya pribadi tidak pernah memakai emulsifier (di sini tidak ada jualannya). Kuncinya menurut saya ngocok telurnya sampai mengembang dan mengaduknya sampai rata. Jangan ada cairan yang ketinggalan, nanti mengendap dan bikin bantat.
    Moga next time sukses ya…

  3. 3

    hana said,

    ini resep yg aku cari , masalahnya sejak dl aku buat kue putu ayu gak pake emulsifer bisa berhasil, tp resepnya dimana lupa….oh ya dari tadi aku searching resep semua pake emulsifier…..jd gak sreg..soalnya dl aku selalu buat dan gak pake itu taraaaaa jadi indah….tp mungkin 10 th yll, resepnya ilang….xixixiix…thanks ya…


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a comment