Gandus

Di Palembang disebutnya Gandus: Tapi kalau menilik resepnya, kudapan satu ini mirip dengan Talam Ebi. Berikut ini modifikasi saya dari resep keluarga kami di Palembang. Nyai (Nenek) tak pernah menggunakan tepung beras, beliau selalu mengisar sendiri beras.  Karena itu di resep ini ukuran tepung beras dan santannya saya kira-kira sendiri dengan mengingat rasa Gandus bikinan Nyai.

Bahan:
200 gr tepung beras
700 cc santan kental
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan

Taburan:
– Ebi, rendam, tiriskan, haluskan
– Seledri iris halus
– Bawang goreng

Cara Membuat:

  1. Rebus santan dengan garam dan daun pandan lalu dinginkan. Buang daun pandannya.
  2. Tuang santan ke dalam tepung beras sedikit demi sedikit hingga terbentuk larutan yang licin.
  3. Tuang larutan ke dalam loyang 22×22 yang telah diolesi minyak goreng tipis-tipis
  4. Kukus hingga matang.
  5. Beri bahan taburan dan kukus lagi sebentar saja agar taburan menempel.
  6. Angkat dan potong-potong bentuk belah ketupat.
  7. Lebih sedap dihidangkan hangat.

Catatan:

Jumlah tepung beras dan santannya tergantung jenis tepung berasnya. Seperti juga beras, jumlah air untuk menanaknya berbeda-beda antara satu jenis beras dengan lainnya. Sebaiknya dicoba dulu mengukusnya dalam porsi kecil. Kalau kurang keras bisa ditambahkan tepung sedikit demi sedikit. Bila terlalu keras, bisa ditambahkan santan.

5 Responses so far »

  1. 1

    makasih yah resepnya….inget mamah mertua neh…suka bikin gandus….pokoknya Nyai-nya my kids suka banged bikin gadus ini….

  2. 2

    Dhilla said,

    Inget gandul jadi inget ombay ku, udah lama gak makan gandus bikinan ombay
    I LOVE u Ombay

  3. 3

    Milawati said,

    Gandusnya enak kalu buat cemilan arisan

  4. 4

    ma ksih ya resepnya…soalnya zmn msih sekolah aku cman tw mknnya doank..ga tw cara bikinnya…skrg udah tw…ternyata buatnya mudah dan enak…hehehhe..berhub sya tgal diyogya disini pd twnyaa kue gandus terbuat dr tepung ketan dibalurin gula merah…ma ksih…resepnya kupakai buat cemilan arisan dirumah…

  5. 5

    muhareni amrullah said,

    kok ga pake taburan irisan cabe?


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: