Aneka Zebra Cake

Zebra Cake (Versi I)

Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan :
680 ml putih telur
375 gr gula pasir
1 sdt CTT (Cream of Tartar)
1 sdt Baking Powder
200 ml santan kental / 200ml mentega leleh
1 sdt garam
200 gr tepung terigu
20 gr tepung maizena
1 sdm pasta mocca super

Cara Membuat :

  1. Kocok putih telur hingga naik, masukkan gula sedikit demi sedikit sambil dikocok terus hingga kental, masukkan CTT, kocok lagi sebentar. Matikan mixer.
  2. Tuang campuran terigu, maizena, dan BP sambil diayak dan diaduk hingga rata, tuang pula santan, aduk rata.
  3. Bagi adonan menjadi 2 warna, satu biarkan putih dan satu lagi beri pasta mocca .
  4. Tuang adonan secara bergantian di loyang bulat, di satu titik, untuk mendapatkan motif zebra.
  5. Oven hingga matang. (bisa juga dikukus.)

*****

Zebra Cake (Versi II)

Sumber : RESEP CAKE PUTIH TELUR – Primamedia

Bahan :
300 gram putih telur
200 gram mentega – cairkan –
200 gr gula (echa: 170 gr)
200 gr tepung serbaguna (echa: 190 gr terigu+10 gr maizena (Speisestaerke)+1/2 sdt baking powder)
1sdt cream of tartar – optional – kalo nggak pake ini kualitas putih telurnya kudu yang bagus yaa…(echa: nggak pakai)
1 sdm pasta coklat –

Cara Membuat:

  1. kocok putih telur + cream of tartar sampai mengembang, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit, kocok putih telur sampai kaku
  2. masukkan tepung, aduk rata
  3. masukkan mentega cair, aduk rata
  4. bagi dua adonan, satu adonan campur dengan pasta coklat.
  5. masukkan ke loyang 20/ 22cm, selang seling, putih dulu terus coklat. sampai habis.
  6. masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan 180 derajat C, kira-kira 20-25 menit.

*****

Zebra Cake Kukus

Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan A:
8 btr telor
250 gr gula pasir
1 sdm emulsifier
½ sdt garam

Bahan B:
250 gr tepung terigu
50 gr susu bubuk

Bahan C:
50 gr mentega, lelehkan
50 gr susu segar

Bahan D:
75 gr margarine, lelehkan
2 sdm kopi instan, cairkan
1 sdm mocca pasta

Cara membuatnya:
– kocok bahan A hingga mengembang dan kental, masukkan bahan B sambil diayak. Aduk rata. Timbang, bagi 2 sama rata.
– Satu bagian, diberi bahan C, aduk rata, sisihkan.
– Satu bagian lagi, diberi bahan D, aduk rata, sisihkan.
– Penyelesaian : ambil loyang bulat garis tengah 24cm, taruh satu centhong adonan putih dibagian tengah, tuang diatasnya satu centhong lagi adonan mocca diatasnya, tuang lagi adonan putih, bergantian dengan adonan mocca disatu titik, hingga adonan habis. Kukus selama 1 jam. Angkat, potong-potong. Sajikan.

6 Responses so far »

  1. 1

    ninis said,

    kok resepnya gak ada gambanya???

  2. 2

    resepnya cukup membantu, thanks y…

  3. 3

    Coet imah said,

    Thanks resep2nya…lain kali taro gmbr ya biar smangat.

  4. 4

    bob said,

    mau ditanya, ‘pasta mocca super’? dalam English apa? saya dari malaysia, kurang arif bahasa indonesia.
    Makaseh

  5. 5

    lisa said,

    makasih banget nich resepnya, ntar kucoba. kebetulan banyak putih telur sisa membuat cake kemarin.

  6. 6

    wah makasinya atas resepnya bisa aku coba dirumah nih kemarin aku coba buat eh malah gak jadi


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: