Puff Pastry

This is a lesson in making puff pastry from the Niagara Culinary Institute.

Adonan Dasar Flakky Pastry (Puff Pastry)

Sumber : Fatmah Bahalwan

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
1 sdt garam
50 gr mentega tawar
300 ml air es
400 gr korsvet
1 ½ sdm gula pasir (khusus untuk pastry manis)

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan, kecuali korsvet, hingga menjadi butiran, lalu uleni hingga kalis.
2. Tipiskan adonan dengan cara menggilasnya, lalu bagi menjadi tiga bagian tanpa dipotong.
3. Dua sisi pertama oleskan korsvet, lalu lipat sedemikian rupa, tipiskan lagi, bagi tiga lagi, tipiskan lagi, begitu seterusnya hingga 6 sampai tujuh kali.
4. Setelah puff pastry siap, istirahatkan sebentar di lemari pendingin selama lk. 15 menit. Siap untuk dibentuk.

About these ads

13 Responses so far »

  1. 1

    [...] Membuat (mirip membuat puff pastry): – Rol adonan B jadi 20 X 30 cm – Pipihkan adonan A ukuran 20 X 20 cm. Taruh A di atas B – Lipat [...]

  2. 2

    Esther said,

    Korsvet yang digunakan, jenis yang dipakai (margarine sheet) sebaiknya
    tidak mengandung gugus – trans, yang bilamana dibakar akar mengurai,
    dan meninggalkan gugus trans pada lapisan kulitnya. Korsvet itu istilah
    untuk margarine sheet tapi yang kualitasnya di bawah standar, jadi orang
    lebih suka mengatakan margarine sheet buatan German, bukan buatan
    Indonesia.

  3. 3

    Esther said,

    Banyaknya lipatan double dan single sampai 4 dan 6 kali menentukan
    jumlah lapisan yang akan ada, lebih dari 100 lapisan akan terjadi bagian yang
    bersatu, teksturnya lapisannya menjadi kurang terpisah dengan baik, empuk
    sih empuk tapi hampir seperti roti.

  4. 4

    rostanti said,

    trim’s resepnya, kebetulan bgt ana2ku pengen bikin soup zupa tapi gak bisa bikin kulit pastrynya, ketemu deh disini

  5. 5

    hida said,

    bu, gimana cara nyimpennya? bisa awet u/ berapa lama?
    trmksh..

  6. 6

    Reta said,

    mau tanya, sebenarnya dalam pastry bahan yang paling penting itu korsvetnya ya? apakah takaran harus sebanyak itu, apabila korsvet diberi dalam jumlah sedikit apakah membuat pastry menjadi keras?

  7. 8

    yasmien said,

    selama ini udah mencoba beberapa kali tp sll gagal,krn proses meletakkan korsvet di tengah,shg sulit utk menggilasnya…
    lbh mudah dg cara ,korsvet yg dioleskan di 2 sisis pertama.
    terima kasih

  8. 9

    sungkarna said,

    Sy masih tanya dgn korsvet. Saat melapisan korsvet, apa korsvet dengan cara di parut, atau mengolesi korsvet dengan cara di cairkan. Mohon utuk di jelaskan trimakasih.

  9. 10

    ayu said,

    susah g y bikinnya??/

  10. 11

    ade said,

    @sungkarna. saya biasanya menggunakan pisau tipis,dioles seperti mengoles mentega. tipis2 saja dan diulang beberapa kali.

  11. 12

    natalie said,

    mo tanya dmn saya bs beli kulit pastry yg udah jadi ??? thanks infonya…

  12. 13

    pipit said,

    knp ya pastry bikinan aku gak bisa renyah malah keras? apa kelamaan bakarnya ya??? padahal lapisannya udah bagus lho… udah berlapis lapis gitu…
    tp bagian luarnya keras N dlmnya ga’ matang? nah lo??? apanya ya yg salah ya??? kasih solusinya ya… mkch….


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 96 other followers

%d bloggers like this: