Sponge Cake Tanpa Telur

Sumber: Irma

Bahan :
200 gram susu kental manis
140 gram terigu self raising
1 sdt peres baking powder
1/2 sdt soda kue
60 ml. mentega cair
1 sdt vanilla essence

Cara Membuat :

  1. Ayak bersama: terigu, baking powder dan soda kue.
  2. Campur dengan SKM, mentega cair, vanilla dan 75 ml. air, kocok sampai rata.
  3. Tuang adonan ke loyang 15 cm yang telah diolesi mentega dan ditaburi terigu.
  4. Bakar 10 menit dgn suhu 200°C, kemudian turunkan ke 150°C, bakar lagi selama 10 menit.
  5. Kue telah matang bila sisi-sisinya lepas dari loyang dan springy (apa ya bhs indonya?) ketika disentuh.
  6. Keluarkan dari oven dan diamkan 1 menit sebelum dikeluarkan dari loyang. Dinginkan.

Preparation Time : 30 min.

15 Responses so far »

  1. 1

    xin-xin said,

    Hi,

    Saya tertarik dengan cake tanpa telur karena saya sudah vegetarian total dan kepengin bisa juga tetap makan cake tapi tidak dengan bahan telur.

    Katanya untuk membuat cake tanpa telur harus menggunakan tepung special apakah dapat dibeli disini , ada tidak resep yang lain karena saya berminat untuk membuka usaha ini yang kelihatannya cukup ada prospek buat yg bervegetarian .

    Ditunggu ya kabar baiknya.

    Terima kasih.

    xin-xin

  2. 2

    ejatmiko said,

    Hai Xin-xin,

    sayangnya saya tidak banyak pengetahuan dan pengalaman tentang cake tanpa telur. Resep cake tanpa telurnya baru ada yang sudah saya simpan di sini saja. Kalau nanti saya ‘nemu’ lagi, akan saya tambahkan juga di sini.

    Semoga usahanya segera terwujud dan sukses nantinya ya…

  3. 3

    gauralila said,

    waaahhh thanks ya pak jatmiko…..

    saya senang sekali akhirnya saya bisa dapatkan resep vegetarian tanpa telur, soalnya susah banget nyarinya yang tanpa telur,
    saya sudah vegetarian total sejak lahir… dan seperti juga mba xin xin, saya berminat membuka usaha di bidang ini khusus vegetarian…

    saya coba dulu ya resepnya…. sekali lagi thanks thanks before. perbanyak lagi ya yang tanpatelurnya =)

  4. 4

    Harmanto said,

    Wahhh……, P. Jatmiko akan lebih baik kalau disajikan juga resep2 makanan lain yang vegetarian, soalnya ini kok “kebetulan” saya juga vegetarian yang lagi dapat pesan dari teman2 nyari resep roti dan makanan yang vegetarian.

    untuk teman xin-xin dan gauralila salam kenal, kalau ada info resep roti dan makanan vegetarian tolong dibantu infonya, thank’s

    Salam sejahtera,
    Harmanto

  5. 5

    Susi said,

    Thanks bauanget resep tanpa telurnya. Ntar saya cobain deh. Kalo bisa resep bolu tanpa telur tapi yang dikukus juga karena saya ndak punya oven….kasian deh saya! Maklumlah lagi merantau ke belitung jadi males kalo rumah harus penuh dengan barang, takut pindah lagi!
    Saya minta dikirimkan resep-resep bolu atau kue kukus tanpa telur ya…. karena saya tidak boleh makan telur dan ayam yang negeri, sementara di sini yang berbau kampung muahaaaaalllll buanget dan rada langka di pasar!
    OK Terimakasih sebelumnya, saya tunggu resepnya!

  6. 6

    amiek said,

    hii.,
    saya mau tanyaa,,tepung self raising itu tepung apa…????
    apa memang ada yg jual tepung self raising…?????
    mohon informasinyaa….
    terima kasih.

    • 7

      ejatmiko said,

      tepung self raising itu tepung terigu yang sudah ditambah dengan pengembang. Jualannya ada. Kalau nggak, bisa bikin sendiri dengan menambahkan 1 sdt backing powder ke 200 gr terigu.

      • 8

        putri said,

        bukankah di resepnya tersendiri juga sudah ada backing powder?
        apakah berarti backing powdernya jadi doubel?

  7. 9

    nurcepz said,

    Wahh, kya’y bguz tuh resep keluarga anda,
    KaLau boLeh, saya mau tanya,
    kalau Susu Kental Manisnya diganti sama Susu Kedelai, bisa atau enggak?Ada pengaruh’y gak?
    Terima kasih..

  8. 10

    ejatmiko said,

    Saya sendiri belum pernah coba. Tapi tekstur SKM beda sih dengan Suku Kedelai. Kalau jumlahnya banyak begini harusnya pengaruh ya.

  9. 11

    theresia said,

    apa bedanya baking powder sm soda kue ??
    kegunaannya apa??

  10. 12

    elly said,

    iya ini saya juga pengen coba buat cake ato kue yang tanpa menggunakan telur karena sekarang ini saya juga lagi belajar untuk vegetarian, tapi apa benar kalau buat cake atau kue vegetarian harus menggunakan tepung special ? apa tidak bisa menggunakan tepung contohnya segi tiga biru atau yang lain ?

  11. 14

    Durrah said,

    Buat yg vegetarian ada jg tu resep brownies tanpa telur,,buka aja mas gugel ketik cake tanpa telur lgsg dueh keluar tu milis’na,krn dgn resep itu jadi byk yg order brownies non egg ma aqyu hehehe…. ^^v

  12. 15

    Noviari said,

    Klo susu kental manis diganti dengan soya milk,bisa ga? secara SKM khan dari hewani juga. Klo bisa perbandingannya berapa?Trims


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a comment