Rawon

Sumber: Fatmah Bahalwan

Bahan:
1 kg     daging sandung lamur
7 sdm   minyak goreng
2 lt       air

Bumbu rempah daun:
1 potong      lengkuas, memarkan
2 batang   serai, memarkan
3 buah     jeruk purut ambil kulit wanginya saja
3 lembar     daun jeruk
1 sdt      gula
1 sdt     asam jawa

Bumbu halus:
12 bh   keluwak, ambil isinya
17 bh   bawang merah
8 bh     bawang putih
2 sdm   ketumbar
1 sdm   garam
1 ruas   kunyit
terasi secukupnya

Pelengkap:
Tauge pendek, seduh, tiriskan
Telur asin, belah dua
Kerupuk udang
Kemangi dan timun cincang
Sambal terasi

Cara membuat:

  1. Didihkan air, lalu masukkan daging, rebus hingga matang, potong dadu.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan kedalam rebusan daging, masukkan rempah daun, tutup panci biarkan hingga daging empuk dan bumbu meresap.
  3. Tempatkan tauge dalam mangkuk, siram dengan kuah daging dan dagingnya, beri kemangi, timun, hidangkan bersama kerupuk, telur asin dan sambel terasi.
  4. Rawon, biasa disantap bersama nasi putih.
About these ads

41 Responses so far »

  1. 1

    endahdewe said,

    salam kenal, alhamdulillah resep rasa yg spt ini yg saya cari2 sejak lama. uenak tenan.thx

  2. 2

    Tetty said,

    Apa sih keluwak? Dimana mencarinya?

  3. 3

    ejatmiko said,

    keluwak itu semacam buah, kulitnya kras seperti kemiri. biasanya dijual di pasar dalam bentuk buah, atau ada juga yang sudah berupa pasta dalam kemasan.

  4. 4

    senly said,

    ditempat saya tidak ada keluwak tapi setelah d jawa baru tau,
    resepnya dah pasti enak. sukses buat situs resep ini.

  5. 5

    rista said,

    kbtln anak-anak sy suka bgt mkn rawon. selama ini sih sy sering beli aj, tp stlh baca resep ini jd pengen masak sendiri. tp mas apa maksudnya jeruk purut ambil kulit wanginya aj?

  6. 6

    nurhadi said,

    krimi resep rawonnya dong……….. my favorit food

  7. 7

    Krisna said,

    Rawon yang ini bumbunya lengkap, saya udah coba lho!, hasilnya enak banget!
    Tapi apa iya pake kulit jeruk purut?, soalnya agak berasa n beda ma yang saya sering beli!

  8. 8

    Gita said,

    Bumbunya kok g ada jahenya?Khan kurang sip!

  9. 9

    Nia said,

    iya nih, kok ga ada jinten-nya juga ya?

    • 10

      ejatmiko said,

      Mbak-mbak, boleh kok bumbunya ditambah atau dikurangi. Tergantung selera masing-masing aja. Ukuran sedap nggak ada absolutnya kan heheheehe

  10. 11

    kimmie said,

    sambel yang cocok untuk rawon apa ya? tolong dibantu … :)

  11. 12

    agung said,

    saya arek suroboyo pasti seneng rawon

  12. 13

    dani said,

    kalau saya bikin rawon bumbunya komplit,cuma kadang lupa pakai asam.anak-anak dan suami jadi lahap makannya.saya merasa puas.

  13. 14

    singgih ganteng jackson said,

    wuuiiihhh mantaaaapp caakkk……iki rawon sing ditunggu ttunggu karo keluargaku……..terima kasih….

  14. 15

    neny said,

    apa sih temanya rawon biar tambah maknyus?

  15. 16

    Andy said,

    Thanks resepnya tak cb dl.

  16. 17

    Mbare said,

    Ini Baru Rawon Benerannn….,kaya resep Emak dikampung,Mantapp..

  17. 18

    evi said,

    nama lain keluwak klo di jakarta yaitu “PUCUNG”

  18. 19

    Anna said,

    Resepnya maknyuss tenan…udah sy coba,rasanya mantap…suami sy smp nambah…makasih resepnya…

  19. 20

    masagenga said,

    mmmm….mantaps…biar istriku yang buat pasti mantapsssss……thanks ya…

  20. 21

    webmaster said,

    hmmmm…udah ngiler nih

  21. 22

    raini ismoyo said,

    Pak Jatmiko……,apa sih bedanya (hasil rasa pastinya) antara daging yg direbus dahulu (spt cara diatas) dgn daging yg lgs dimasukkan ke dlm bumbu (yg telah ditumis harum) dan direbus dg air hingga matang…..?

  22. 23

    Ade Chris said,

    Wah..pas nyari pas nemu. Baru liat resepnya udah kebayang nikmatnya :)
    Saya contek ya…terima kasih sebelumnya :)

  23. 24

    aditya said,

    jadi kangen masakan ibu dirumah ni…

  24. 25

    putrihermz said,

    thx banget…. biasanya kalo di sby saya pake bumbu jadi machmudah-putat-sda, tapi kalo dibalikpapan cari dimana kalo enggak ngeracik sendiri? akhirnya pilihan saya untuk browsing menemukan hasil…. thx thx thx……………….. mulai mencoba, doakan smoga sukses yaaaaaa…………

  25. 26

    robertus lakka said,

    mari kita mencobax pasti enak, ini masakan kesukaan keluargaku.

  26. 27

    robertus lakka said,

    thanks bangettt resepx

  27. 28

    siska said,

    salam kenal o’ya apa sih rawon setan itu ?

  28. 29

    siska said,

    kira kira kalou daging kambing bisa ngga di buat rawon?

  29. 30

    Marsudijono said,

    Menurut saya ini adalah rawon asli Jawa Timur. Saya tinggal di Jakarta dan sering mencari rawon. Setelah ketemu biasanya mereka biasanya pakai tauge panjang.
    Terima kasih.

  30. 31

    nana said,

    @sisca: rawon setan tuh awalnya di sby resto rawon yg bukanya malam bgt,jam 1 gt,deket tunjungan plaza mall,dpn hotel jw marriot (dulu sheraton),nah makanya dikenalnya namanya rawon setan,yg ini yg asli mpe akhirnya byk tiruannya rawon setan mba endang,dll

  31. 32

    Robertus Lakka said,

    terima kasih resep rawonx bu Fatmah, Saya akan coba bersama keluargaku ,ok.

  32. 33

    Ida said,

    Kangen masakane ibuk ndek kampung,beli bumbu jadi gak ada ¥g enak,makan d vvarung ora ono seng pas..nah,ketemu resep ne jdi pengen coba masak sendiri..thks ea resepn¥a..

  33. 34

    Agus Setya said,

    banyak variasi rawon di jawa timur, cara menyajikannya ada yang pakai kecap dan ada yang gak pakai kecap, tapi rawon tetep masakan yang tidak membosankan untuk di makan.
    salam

  34. 35

    Maria Butarbutar said,

    Siiip, tks buat yang sudah nulis resep rawonnya untuk dibagikan kepada yang mau belajar buat (xi..xi….xi…). Pasti uenak tenan. Masakan Indonesia gitu lho………………….sekali lagi, tks.

  35. 36

    carpet said,

    enak nih enak enak

  36. 37

    nina amin said,

    bagi yang kumplit tuk masakan nusantra lainya dong…ditunggu y…

  37. 38

    puput said,

    Saya sampai hampir putus asa bikin rawon,depotku sudah 5 thn tapi masih sulit mematenkan rasa rawon,pusing benar,sy sempet mikir mungkin tanganku yg bikinnya nggak enak,tak suruhlah mbak2 yg ngulek eee…rasanya malah jauh bgt pusinggggggggggggggggg…mg dgn resep ini aku bs berhasil.

  38. 39

    gulamerahmb said,

    Reblogged this on UD Gula Merah MB and commented:
    resep dari bankresep.wordpress.com yang sudah saya coba dan memang enaaaakkkkk……

  39. 40

    kalo anakku bilang rawon tu soto item..he..he

  40. 41

    fauzi said,

    Tauge pendek
    daging sandung lamur, maksud apa…??


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 101 other followers

%d bloggers like this: