Adonan Dasar Kulit Lumpia Dan Lumpia Basah

Sumber: Sedap Sekejap

Adonan Dasar Kulit Lumpia 1

TIP:
1. Untuk hasil kulit yang lebih putih, adonan bisa dibuat tanpa minyak.
2. Bila tanpa minyak, wajan harus dioles minyak saat pertama kali digunakan. Caranya, celupkan gumpalan kain pada minyak lalu lapkan pada wajan. Selanjutnya wajan tak perlu lagi diolesi minyak.
3. Karena tanpa minyak, kulit akan lebih sulit mengelupas, tetapi hasil lumpia lebih renyah.
4. Untuk hasil yang lebih baik, telur ayam bisa diganti telur bebek. Buang bagian mata yang ada di kuning telur agar tidak anyir.

BAHAN :
1.000 gram tepung terigu protein sedang
30 gram minyak goreng
1 butir telur, kocok lepas
1 sendok teh garam
2 sendok teh air abu atau air ki
950 ml air

CARA MEMBUAT :
1.Ayak tepung, masukkan minyak goreng, air abu, garam, dan telur.
2.Tuang air sambil diuleni. Sesekali dibanting agar kalis.
3.Diamkan selama 12 jam.
4.Panaskan wajan lalu angkat dari api. Ambil segumpal besar adonan lalu tempelkan adonan sambil diputar secara cepat di atas wajan.
5.Letakkan kembali wajan di atas api dan biarkan hingga bagian tepi terkelupas dari wajan lalu lepaskan kulit perlahan.

Untuk 60 lembar

*****

Adonan Dasar Kulit Lumpia 2

TIP:

1. Bila ingin kulit yang tipis, cukup oleskan adonan sekali saja pada wajan.
2. Bila ingin kulit yang agak tebal, oleskan kuas berkali-kali di dalam wajan.
3. Hasil yang tipis akan liat setelah dingin. Kulit yang agak tebal, lebih bertahan kerenyahannya.
4. Bila Anda tak punya kuas, gunakan gumpalan kaos. Celupkan gumpalan kaos dalam adonan lalu sapukan di wajan. Wajan hanya perlu sekali diberi minyak.

BAHAN :

200 ml air
1 1/2 sendok teh garam
200 gram tepung terigu Cakra
150 ml putih telur
minyak goreng secukupnya

CARA MEMBUAT :
1. Campur air dengan garam sampai rata dan larut.
2. Dalam wadah lain, campur tepung bersama putih telur sambil sesekali ditambahkan air supaya tidak menggumpal. Penambahan air tidak boleh sekaligus (cukup 75 ml). Uleni sampai kalis dan elastis. Waktu pengulenan kira-kira 20 menit.
3. Tuangkan semua air lalu kocok dengan tangan selama 20 menit.
4. Diamkan adonan 30 menit.
5. Siapkan wajan teflon. Olesi minyak goreng tipis-tipis. Celupkan kuas yang agak lebar pada adonan lalu olesi pada wajan. Biarkan hingga bagian pinggir terkelupas, lepaskan kulitnya.

Untuk 30 lembar

*****

Adonan Dasar Kulit Lumpia Basah

TIP PENYIMPANAN KULIT LUMPIA :
1.Kulit lumpia sebaiknya ditaruh di atas daun pisang dan selalu ditutupi daun pisang.
2.Bila Anda akan menyimpannya dalam waktu lama, bungkus kulit lumpia yang sudah dibungkus daun dalam kantung plastik lalu simpan dalam lemari pendingin. Saat akan digunakan sebaiknya suhu kulit lumpia sama dengan suhu kamar.

BAHAN :
50 gram tepung tangmien
25 gram tepung terigu
150 ml air
1/4 sendok teh garam

CARA MEMBUAT :
1.Campur semua bahan lalu diamkan 15 menit.
2.Didihkan air. Letakkan kukusan dimsum yang sudah ditutup dengan kain putih tipis (kain untuk membungkus tahu) di atasnya.
3.Setelah panas, tuangkan adonan sambil diputar agar bentuknya bulat. Biarkan sampai bagian pinggir terangkat. Lepaskan kulit pelan-pelan agar tidak robek.
4.Tiap lembar kulit sebaiknya dialasi plastik.

Untuk 25 lembar

About these ads

48 Responses so far »

  1. 1

    [...] April 24, 2007 · Filed under kudapan tradisional gurih Sumber: Sedap Sekejap BAHAN: 1 resep kulit lumpia basah [...]

  2. 2

    yoshi reumann said,

    salam kenal

    ibu, air ki itu apa ya bu? saya tinggal di Miami, Florida nah kalau ngga ada air ki, bisa diganti pakai apa ya bu?

    trima kasih banyak

    salam

    yoshi reumann

  3. 3

    ejatmiko said,

    halo mbak yoshi, salam kenal kembali

    air ki diganti air biasa saja. atau pakai resep yang tidak pakai air ki

    happy cooking

  4. 4

    ina said,

    sep …ntar aku coba bikin lumpia so suami doyan banget makan tu lumpia hampir tiap hari …thanks ya

  5. 5

    ina said,

    e ya lupa ni mo tanya klo bikin pempek bisa pake ikan yang lain ga ( ga harus ikan tengeri ato ikan gabus ) makasih…salam kenal ya

  6. 6

    ejatmiko said,

    salam kenal kembali:-)
    kalau di palembang dsk, ikan apa saja bisa dibikin pempek. kalau musim ikan, daripada busuk, atau ikan lagi murah banget, biasanya dibuat pempek, kemplang, atau tekwan. Tapi tiap ikan akan menghasilkan rasa dan kekenyalan yang beda. Met bikin pempek ya…

  7. 7

    Fatwa Dalimoenthe said,

    Hallo salam kenal dari saya. Saya mau tanya, dari apa air abu itu terbuat? Apakah yang beli jadi dalam botol itu mempunyai kadaluarsa? Apakah kita bisa bikin sendiri misalnya dari soda atau apa gitu (maaf saya ngga tau) ? Apa kegunaan dari air abu ? Karena saya pernah diajarin bikin mi kuning juga pakai air abu. Diantara 2 resep ( satu pakai air abu dan satu lagi pakai putih telur ), yang manakah lebih garing kalau sudah digoreng. Dan yang mana lebih bertahan garingnya. Maksudnya tidak cepat melempem kalau sudah dingin. Maaf ya banyak bener nanyanya. Saya pengen bisa bikin sendiri. Soalnya kalau beli udahlah jauh, kalau telat udah kehabisan. Udah gitu ukurannya pada besar. Saya pengen bikin yang ukurannya ngga terlalu besar. Diameter 14 cm aja. Trims berat ya. Saya tunggu jawabannya ASAP.

  8. 8

    eniik said,

    penasaran nich air ki itu apa sich? dan yg dimaksud air abu itu pake abu apa…abu bekas pembakaran apa maksud sy,TQ

  9. 9

    Tito said,

    Air Abu = Air Ki = Garam Alkali, biasanya dipakai dalam pembuatan mie untuk memberi efek kenyal saja, dijual pasar-pasar tradisional di tukang tahu atau tukang kembang (untuk sesajen) atau biasa juga dijual di toko bahan kimia, fungsinya utk pengenyal mie dan membantu melenturkan mie hingga tidak mudah putus.

    -Tito-
    http://www.klubsukses.co

  10. 10

    haryanto said,

    Sausnya bisa dikasi saus mayonaise, enak sekali. Saya pernah lihat lumpia saus mayonaise di Quali resto rice and noodle

  11. 11

    Ray said,

    Trima kasih atas resep kulit lumpianya. Saya sudah coba dan berkat tipsnya kulit lumpia saya kali ini ga jelek lagi hasilnya… Tims ya… ^_^ v

  12. 12

    twiko said,

    huhui bikin achhh

  13. 13

    Mama Ayla said,

    Bahan & cara bikinya sm persis kyk pnya ibu saya, cuma kalo pake wajan teflon masih perlu diolesi pake minyak lagi g ? Makasih

  14. 14

    noer said,

    Kulit lumpia sama dengan kulit pisang aroma nggak sih?
    bikin kulit lumpia koq kayane sulit banget ya. harusnya ada ide untuk membuat mesin pembuat kulit lumpia. kaya dulu mau bikin roti kan harus susah ‘ngublek’ telur mpe putih. setelah ada mixer kan bikin roti lebih mudah…. sukses selalu …..

  15. 15

    erly indarto said,

    haduuuh…bikin penasaran. makasih ya bu. kebetulan saya lagi coba jual lumpia di lingkungan tempat tinggal saya. main coba aja. eh kok laris. pasti dong, pengen hasil yang lebih ok. muter2 di gramed,cari buku resep,kok kurang lengkap. suami nyarankan browsing aja. hahaha gaptek juga nih. makasih.

  16. 16

    sukmawaty said,

    saya sudah nyobak tapi kok kulitnya sealu robek dan kalau di goreng cepat gosong karena saya tinggala jauh dan tepung nya beda saya pakai tepung ain bukan cakra saya tinggaldi negara ghana jadi barang tidak sama
    terima kasik

  17. 17

    selvi said,

    tanya ya bu, air abu itu termasuk bahan kimia semacam pengawet atau apa gitu?? berbahaya ga ya….

  18. 18

    Putri said,

    Ibk makasi informasinya, sy mau cb ,mdah2an brhsil

  19. 19

    fongs said,

    mau tanya gimana caranya bikin kulit lumpia basah yang sering dijual dibandung.kog ikinnya susah bgt.

  20. 20

    galuhpakuan said,

    Pak Jatmiko terimakasih sekali atas resepnya, walau saya bukan ahli dlm masak memasak, tapi akan saya coba ……resep anda sangat membantu

  21. 21

    naila said,

    ass,chef bisa kasih resep lumpia untuk dijual yang murah dan praktis.thanx

  22. 22

    Ayush said,

    Boss, Kulit LUMPIA dgn SUMPIA bahannya sama ga ya?

  23. 23

    dadik zamhariro said,

    makasih banget

  24. 24

    danni said,

    Bu mo nanya… Bagian telur yg dipake itu putih telur aja? Air putihnya air panas ya? Terus stelah adonannya jd harus dikocok sperti bikin kue bolu?

  25. 25

    yanavi triyanto said,

    dari bhn2 trsbt pa c yg buat renyah…

  26. 26

    Teti said,

    Bu,mau nanya jual kulit lumpia di palembang dimana ya bu ? Thks

  27. 27

    zahra said,

    Salam kenal,
    Resep kulit lumpia, komposisi bahan2nya sama persis dgn yg ada di fransdenara.blogspot
    bedanya…klo di blog fransdenara, disana ditulis klo dari SEDAP

    Thanks

  28. 28

    yuni said,

    mbak tangmien tu apa ? :(

  29. 30

    melvi said,

    isi lumpia yg enak apa ya?yg penting bahannya gampang dicari&ga ribet buatnya tp yahudd rasanya )

  30. 31

    pulzzahut said,

    wah udah lezat, menyehatkan pula..

  31. 32

    toto sugito said,

    makasih bu resepnya. kebetulan istri sedang mencari2 resep buat membikin lumpia buat masakan keluarga. makasih resepnya :)

  32. 33

    sinthya said,

    koq nie bhnx pakai telur y!!!.!!!mama q bikin koq bhnx cma tepung trigu,mentega,garam,air.tu aja dah jd,enak bngt lg????

  33. 35

    tia said,

    hmmmm….jajanan favoriet krn aman dan sehat, mo nyoba bikin ahh….trims ya resepnya

  34. 37

    maryam amir said,

    makasih ya bu resepnya

  35. 38

    susan said,

    mbak , supaya adoanan lebih kenyal bagusnya pake tepung apa ya?
    trus kenapa ya waktu saya masukkan adonan ke wajan kog ga bisa tipis2 ya ?

  36. 39

    zainal said,

    wah,,, mau coba juga aaah

  37. 40

    uttie said,

    ass.
    Aq uda c0ba,diamin tepung 12 jam??jadi asem rasa a. .tu resep a slh ya?

  38. 41

    Feddy said,

    Trimakasih ya..kebetulan istri saya sedang mau usaha lumpia kayak y disemarang..tapi sy disuruh cari air abu/air ki…ga nemu..seperti apa bahan tsb..apa ada nama lain..??atau buatsendiri

  39. 42

    ada ngak air ki di apotek?

  40. 43

    warenda said,

    Sekedar sharing saja…. udah hampir satu bulan ini saya suplai lumpia untuk temen2 di kantor dan responnya sangan baik.

    Untuk kulit lumpianya biasanya saya pakai dengan komposisi:

    - tepeung terigu 700 gram (cakra/segi tiga biru)
    - tepung beras 100 gram
    - tepung kanji 200 gram
    - telur 2 butir
    - garam 2 sendok teh
    - santan/karak 150 cc
    - margarin 1 sendok makan (cairkan)
    - Air 1600 cc

    Tahap pembuatannya:

    1. campurkan semua bahan ( tepung terigu, tepung beras, tepung kanji dan garam) aduk-aduk sampai menyatu.

    2. campurkan santan dengan air aduk-aduk sampai menyatu.

    3. tuangkan air sedikit demi seddikit kedalam tepung sambil diaduk-aduk sampai tidak ada gumpalan-gumpalan.
    4. masukan telur ke dalam adonan sambil diaduk-aduk sampai menyatu.

    5. panaskan margarin sampai cair, kemudian dinginkan. setelah dingin masukan ke dalam adonan tepung sambil diaduk-aduk hingga menyatu.

    6. Diamkan adonan kurang lebih 30 menit.

    Komposisi diatas bisa menghasilkan 50-65 lembar kulit lumpia, untuk mencetak kulit lumpia biasanya saya menggunakan teplon kebalik (sekarang sudah banyak dijual).

    semoga bermanfaat …..

  41. 45

    eko said,

    bentuk adonan cair apa seperti bahan kulit martabak ?

  42. 46

    nila said,

    sip banget resepnya,nti q coba tuk ank n suami.solanya aq blm prnh coba cemilan sendiri suka bli :(

  43. 47

    laras said,

    bu kalo kulit lumpia dengan inovasi baru seperti kulit lumpia rasa daging bagaimana? bisa gak ya adonan lumpia ditambah halusan daging kira kira?? biar kata juga bisa ngemil kulitnya hehe

  44. 48

    Bagaimana caranya jika kita menyimpan lumpia basah yang sudah jadi,maksudnya yang sudah diberi isi lalu baru dimakan esok(siang)harinya


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 96 other followers

%d bloggers like this: